LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING
PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K
DI
BENGKEL NIKI
MOTOR
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri Nusawungu
Tahun Pelajaran 2018/2019
Disusun Oleh:
Nama : TUNJUNG
PRASETIO
Kelas : XII TKR-3
NIS : 3362
Program Studi Keahlian : TEKNIK OTOMOTIF
Kompetensi Keahlian :
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI NUSAWUNGU
Jl.
Perintis, Klumprit, Nusawungu, Cilacap Kode Pos 53283
Telepon
085l01500450 Surat Elektronik smkn_nswg@yahoo.co.id
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI
|
|
Hari : .....................................................
Tanggal : .....................................................
KROYA,……………….2018
Mengetahui,
Kepala Bengkel Motor
NIKI
MOTOR Pembimbing
Industri
.
ZAENAL MUSTOFA ZAENAL MUSTOFA
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan PKL ini telah disetujui oleh
pembimbing sekolah dan disahkan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada:
Hari :
........................................
Tanggal :
........................................
Nusawungu, .................... 2018
Disetujui
Ketua Program Keahlian
Teknik Mekanik Otomotif Pembimbing
Sekolah
NANO SETIANA, S.Pd. SULASDI, S.Pd
NIP. 19611122 200701 1 002 NIP. 19710817 200604 1 024
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri Nusawungu
NAVY HARDIATI DIAN MITARSIH,M.Pd
NIP.
19671212 199003 2 006
LEMBAR PENGUJIAN
Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini telah diuji dan
dipertahankan di hadapan Penguji Sekolah
pada :
Hari,
Tanggal : Selasa,Rabu
18-19 September 2018
Tempat : SMK
Negeri Nusawungu
Nusawungu, ……………. 2018
Penguji 1 Penguji
2
DESI DWI LESTARI, S.Pd SULASDI,
S.Pd
NIP. - NIP.19710817 200604 1 024
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.
Berjuang
demi apa yang diinginkan
2.
Jujur adalah
suatu proses awal dari kesuksesan
3.
Mengikuti
jalan terang untuk membuat orang lain bangga
4.
Menjalani
hidup dengan penuh kesabaran dan kesenangan
5.
Kebahagiaan
hati akan lebih sempurna bila di dalam hati terdapat cinta sejati
PERSEMBAHAN
Laporan PKL
dipersembahkan kepada:
1.
Kedua orang
tua kami yang telah meberikan do`a dan dukungan semangat serta membiayai kami
dalam menuntut ilmu.
2.
Ibu Kepala
SMK Negeri Nusawungu yang telah memberi izin untuk melaksanakan PKL.
3.
Bapak Kepala
Bengkel NIKI MOTOR Kroya yang telah memberi kesempatan kepada penyusun untuk
melaksanakan PKL.
4.
Para pembimbing
dari bengkel NIKI MOTOR yang telah membimbing dan mendidik penyusun selama
melaksanakan PKL.
5.
Bapak ketua
program keahlian teknik Otomotif yang telah member izin untuk melaksanakan
PKL.
6.
Bapak
Pembimbing sekolah yang telah membimbing penyusun dalam menyusun laporan PKL.
7.
Bapak, Ibu guru dan Karyawan SMK N Nusawungu
8.
Pembaca yang budiman
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat
serta karunia-Nya sehingga dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL )
dan menyelesaikan penyusunan laporan hasil PKL dapat berajalan sesuai dengan
program yang telah direncanakan. Penyusunan laporan ini disusun setelah
melaksanakan PKL selama tiga bulan.
Penyajian laporan ini ditekankan kearah pendekatan ketrampilan Perawatan dan
Perbaikan Sistem Kopling.
Pada kesempatan ini penyusun
menyampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanan PKL maupun
membantu dalam penyusunan Laporan ini, kepada :
1.
Ibu Navy Hardiati Dian Mitarsih SPd,M.Pd, selaku Kepala
SMK Negeri Nusawungu
2.
Bapak Sulasdi, selaku Waka. Humas DU/DI
SMK Negeri Nusawungu
3.
Bapak Zaenal Mustofa, selaku Pimpinan Bengkel NIKI
MOTOR KROYA
4.
Bapak Nano Setiana, S.Pd, selaku Ketua
Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif
SMK Negeri Nusawungu
5.
Bapak Sulasdi,S.Pd, selaku guru Pembimbing PKL.
6.
Bapak dan Ibu guru SMK Negeri Nusawungu
7.
Semua pihak yang telah membantu baik
secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan PKL.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini
jauh dari sempurna,oleh karena itu kritik dan saran yang membangun demi
kesempurnaan laporan ini sangat
diharapkan. Akhirnya semoga laporan ini dapat berguna bagi para
pembaca,dalam memperluas wawasan serta khasanah tentang ” Perawatan Dan Perbaikan Sistem Kopling pada kendaran TOYOTA Kijang 5K’’
Nusawungu, .....................
2018
Penyusun
TUNJUNG
PRASETIO
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN
INDUSTRI.................................................... ii
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH.................................................... iii
LEMBAR PENGUJI....................................................................................... iv
HALAMAN MOTTO
DAN PERSEMBAHAN............................................ v
KATA PENGANTAR..................................................................................... vi
DAFTAR ISI..................................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... viii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ix
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang................................................................................... 1
B.
Tujuan Penyusunan Laporan.............................................................. 2
C.
Alasan Pemilihan Judul...................................................................... 2
D.
Faktor Pendukung dan Penghambat.................................................. 3
E.
Perumusan Permasalah....................................................................... 3
BAB II PELAKSANAAN
PEKERJAAN
A.
Sejarah
Bengkel..………………………………………………………... 4
B.
Dasar Teori....................................................................................... 4
C.
Persiapan Kerja................................................................................ 13
D.
Keselamatan Kerja .......................................................................... 13
E.
Peralatan dan Bahan........................................................................ 14
F.
Langkah Kerja.................................................................................. 14
G.
Pemeriksaan dan Pengujian.............................................................. 19
H.
Hasil Kerja....................................................................................... 25
BAB III ............................................................................................... PENUTUP
A.
Kesimpulan...................................................................................... 26
B.
Pengembangan Produk.................................................................... 27
C.
Saran-Saran...................................................................................... 28
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 30
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1..... Sistem Kopling Mobil Dengan Sistem
Hidrolis............................. 4
Gambar 2..... Garpu Pembebas ........................................................................... 5
Gambar 3..... Cover Cluth................................................................................... 6
Gambar 4..... Kampas Kopling............................................................................ 7
Gambar 5..... Kopling Mekanik .......................................................................... 8
Gambar 6..... Prinsip Kerja Kopling Mekanik .................................................... 9
Gambar 7..... Bagian-bagian Kopling ................................................................. 10
Gambar 8..... Kopling Hidrolik ........................................................................... 11
Gambar 9..... Komponen-komponen Kopling Diafragma
.................................. 12
Gambar 10... Kopling Ganda Dengan Bagian-bagiannya
.................................. 13
Gambar 11. . Pembongkaran Unit Kopling........................................................ 15
Gambar 12. . Penekan Cluth Cover Unit Kopling............................................... 16
Gambar 13. . MelepasCluthCover Unit Kopling................................................. 16
Gambar 14. . Melepas Cluth Cover Unit Kopling .............................................. 16
Gambar 15. . Pemasangan Unit Kopling............................................................. 18
Gambar 16... Pemasangancenter Clutch.............................................................. 18
Gambar 17... Pemasangan Unit Kopling............................................................. 19
Gambar 18... Pengujian
Release Bearing............................................................. 19
Gambar 19... Pemeriksaan
Keausan Pegas......................................................... 20
Gambar 20. . Pengukuran Keausan Pegas.......................................................... 21
Gambar 21... Pemeriksaan Kerataan Tinggi Pegas.............................................. 21
Gambar 22... Pengukuran Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan....................... 22
Gambar 23... Pengukuran Kerataan Plat Penekan............................................... 22
Gambar 24... Pengukuran Kedalaman Paku Keling........................................... 23
Gambar 25... Penggantian Kampas Kopling....................................................... 24
Gambar 26... Pemeriksaan Pilot Bearing............................................................. 24
Gambar 27... Melepas Dan Memasang Pilot Bearing.......................................... 24
Gambar 28. Hasil Kerja dari Pemasangan Kampas Kopling............................. 25
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Tabel Alat ............................................................................................. 13
Tabel 2. Tabel Bahan .......................................................................................... 13
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
PKL adalah suatu bentuk penyelenggaran pendidikan
keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron program
pendidikan sekolah dengan tuntutan keahlian profesional tertentu dilapangan
kerja melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja.Sesuai dengan
tujuan praktik kerja lapangan yaitu memahami persyaratan untuk mengikuti Ujian
Akhir Sekolah (UAS) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu tahun
pelajaran 2018/2019.Oleh karena itu penyusun melaksanakan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) yang merupakan praktek kerja langsung siswa di dunia usaha atau
dunia industri (DU/DI) selama 3 bulan dan menyusun laporan setelahnya sebagai
proses penyempurnaan praktik kerja industri.
Dalam
pelaksanaan PKL di BENGKEL MOBIL NIKI MOTOR penyusun sering melaksanakan pekerjaan yang
berhubungan dengan kopling, maka dari itu penyusun mengangkat judul “PERAWATAN
DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING DIBENGKEL MOBIL NIKI MOTOR”.
Seluruh kendaraan dituntut bisa dioperasikan atau dijalankan
pada berbagai kondisi jalan. Namun demikian, mesin yang berfungsi sebagai
penggerak utama pada suatu kendaraan tidak bisa melakukan dengan baik apa yang
menjadi kebutuhan atau tuntutan kondisi jalan tersebut. Misalnya, pada saat
jalan mendaki, kendaraan membutuhkan momen punter (torsi) yang besar, namun
kecepatan atau laju kendaraan yang dibutuhkan rendah.
Laporan ini adalah suatu bentuk penyempurnaan hasil
dari sebuah pekerjaan yang telah dilakukan untuk mengetahui secara menyeluruh
mengenai aspek - aspek pekerjaan tersebut.Laporan yang baik memuat secara rinci
mengenai proses suatu pekerjaan dan di sertai data-data yang lengkap,sehingga
pembaca bisa memahami isi dari laporan ini.Namun,karena keterbatasan waktu,ilmu
dan pengetahuan yang dimiliki penyusun,maka penyusun menyajikan laporan ini
berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang penyusun peroleh saat penyusun PKL.
Sistem kopling merupakan
sistem pemindah tenaga yang terletak di antara mesin dan transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan putaran
dari mesin ke transmisi. Kopling dalam pemakaian di kendaraan harus dapat
memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi
dengan lembut, harus dapat memindahkan tenaga mesin tanpa slip, harus dapat
memutuskan hubungan dengan cepat dan sempurna.
Di dalam judul laporan tersebut berisi tentang
cara kerja sistem kopling ,mponen-komponen sistem kopling, cara membongkar
kopling pada kendaraan, cara pengecekan komponen sistem kopling, dan cara
pemasangan kopling di kendaraan.
B.
Tujuan
Penyusunan Laporan
1.
Tujuan bagi
sekolah
a.
Merupakan salah
satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah maupun Ujian Akhir Nasional.
b.
Untuk memenuhi
kurikulum yang telah ditetapkan oleh sekolah.
2.
Tujuan bagi
siswa
a.
Menambah ilmu
pengetahuan dan pengalaman yang belum pernah di dapat di sekolah.
b.
Memahami,
memantapkan dan mengembangkan ilmu yang didapat dari dunia usaha.
c.
Untuk
meningkatkan ketrampilan dan kecakapan siswa dalam menghadapi dunia kerja yang
semakin selektif.
C.
Alasan Pemilihan
Judul
Alasan
penyusun memilih prosedur pembongkaran kampas kopling diBENGKEL MOBIL NIKI MOTOR antara lain :
1.
Sesuai dengan
kompetensi keahlian Teknik Kendaraan
Ringan.
2.
Penyusun ingin
lebih mendalami tentang cara mengganti kanfas kopling yang benar.
3.
Ingin menambah
pengetahuan tentang sisem kopling.
D.
Faktor Pendukung
dan Penghambat
Dalam
membuat laporan PKL ini, penyusun mengalami berbagai macam faktor diantaranya :
1.
Faktor
Pendukung
a.
Pelayanan yang
prima kepada pelanggan.
b.
Suasana yang
mendukung dan kondusif.
c.
Lingkungan yang
ramah dan nyaman.
d.
Adanya
pembelajaran tentang sisem kopling.
2.
Faktor
penghambat
a.
Masih kurangnya
pengetahuan tentang sistem kopling.
b.
Waktu
pelaksanaan PKL yang singkat.
c.
Pembimbing kurang
maksimal dalam memberikan wawasan dan Pembelajaran.
d.
Kurangnya
komunikasi dengan pihak industri.
e.
Adanya rasa
kurang percaya diri dan takut.
E.
Rumusan Masalah
1.
Apakah pengertian Kopling ?
2.
Bagaimana cara
kerja Kopling ?
3.
Komponen apa
saja yang terdapat pada Kopling ?
4.
Bagaimana
prosedur pembongkaran dan pemasangan sistem kopling pada kendaraan ?
5.
Bagimana pemeriksaan dan pengukuran kopling
?
6.
Bagaimana cara mengganti kampas Kopling ?
BAB
II
PELAKSANAAN KERJA
A.
Sejarah
Bengkel
Bengkel Niki
Motor berdiri pada tahun 1994, yang ber alamat di jl.Raya Buntu - sampang
Cilacap. Bengkel Niki
Motor dulunya bernama Eko
Motor, namun setelah bergabung dengan Niki Grup pada tahun 2015
namanya berubah menjadi Niki
Motor yang
kemudian beralamat di jl.Raya Mujur- Kroya (depan pku muhamadiyah) sampai
sekarang kepala bengkel NIKI MOTOR adalah Bapak ZAENAL MUSTOFA.
B.
Dasar
Teori
Pengertian kopling mobil atau fungsi kopling pada mobil
adalah sparepart atau komponen untuk menghubungkan tenaga mesin atau putaran
mesin ke transmisi dan mengurangi putaran mesin saat akan dilakukan perpindahan
gigi transmisi, agar gigi transmisi bisa masuk dengan mudahFungsi komponen-komponen dari sistem kopling mobil
Hidrolis
Berikut
adalah komponen sistem kopling mobil dengan sistem hidrolis atau kopling dengan
minyak kopling
Gambar 1. Sistem
Kopling Mobil Dengan Sistem Hidrolis
1.
Pedal
kopling
Fungsi pedal kopling
adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki pengemudi untuk diteruskan kedalam
master kopling, pedal
kopling biasa terletak
di paling kiri dan diinjak menggunakan kaki kiri
2.
Master
kopling Atas
Master kopling fungsi
utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling, dalam
master kopling ini terdapat seal atau perapat karet yang mencegah minyak
kopling tidak bocor, serta reservoir atau penampung minyak kopling, reservoir
untuk minyak kopling ada yang menjadi satu dengan master kopling dan ada yang
terpisah
3.
Release
silinder kopling atau master kopling bawah
Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan
meneruskan kedalam garbu pembebas (fork kopling) melalui push rod untuk
mendorong maju dan membebaskan plat kopling dari himpitan antara matahari
kopling dengan roda gila. Sama hal nya dengan master kopling didalam release
kopling ini juga terdapat perapat atau seal untuk mencegah kebocoran minyak
kopling.
4.
Garpu
pembebas atau fork kopling
Menerima gaya tekan dari release kopling, garpu pembebas ini
dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover
clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak
Gambar 2. Garpu Pembebas
5.
Release
bearing Kopling
Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang
fungsinya untuk menekan pelat pegas (matahari kopling) atau diafragma spring
pada tutup kopling (cover clutch).
6.
Cover
cluth (tutup kopling)
Cover Clutch juga disebut dekrup atau matahari kopling, Fungsi
clutch cover adalah sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling
ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin
Gambar 3. Cover Cluth
7.
Plat
Kopling atau Kampas kopling
Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate adalah komponen
kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi,
berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling atau plat
kopling mobil harus diganti jika keausan sudah terasa.
Gambar 4. Kampas Kopling
Pada plat kopling terdiri dari facing yang berfungsi sebagai
bidang gesek yang dikeling pada cushion plate dan berfungsi untuk memperlembut
saat kopling berhubungan dan cushion plate dikeling pada disc plate.
Pada plat kopling juga terdapat torsion damper atau pegas
plat kopling yang berfungsi untuk meredam kejutan ketika
kopling berhubungan
8.
Fly
wheel atau Roda Gila
Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan
tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui
kampas kopling.
Jenis-jenis Kopling
a)
Kopling Gesek
Dinamakan kopling gesek karena untuk melakukan
pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan gaya gesek yang terjadi pada bidang
gesek. Ditinjau dari bentuk bidang geseknya kopling dibedakan menjadi 2 yaitu
(1) Kopling
piringan (disc clutch)
Kopling piringan adalah unit kopling dengan
bidang gesek berbentuk piringan atau disc.
(2) Kopling
konis (cone clutch)
Kopling konis adalah unit kopling dengan bidang
gesek berbentuk konis.
Cara kerja
kopling gesek
Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga
secara halus dari mesin ke transmisi melalui adanya gesekan antara plat kopling
dengan flywheel dan plat penekan. Kekuatan gesekan diatur oleh pegas
penekan yang dikontrol oleh pengemudi melalui mekanisme penggerak kopling
Jika
pedal kopling ditekan penuh, tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh
mekanisme penggerak sehingga akan mendorong plat penekan melawan tekanan pegas
penekan sehingga plat kopling tidak mendapat tekanan. Gesekan antara plat
kopling dengan fly wheel dan plat penekan tidak
terjadi sehingga putaran mesin tidak diteruskan.
Jika
pedal kopling ditekan sebagian/ setengah, tekanan pedal tersebut akan
diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong plat penekan
melawan sebagain/ setengah tekanan pegas penekan sehingga tekanan plat penekan
ke fly wheel berkurang, sehingga
plat kopling akan slip. Gesekan antara plat kopling dengan fly
wheel dan plat penekan kecil sehingga putaran dan daya mesin
diteruskan sebagian
Apabila
pedal dilepaskan maka gaya pegas akan kembali mendorong dengan penuh plat
penekan. Plat penekan menghimpit plat kopling ke fly wheel dengan kuat sehingga
terjadi gesekan kuat dan berputar bersamaan. Dengan demikian putaran dan daya
mesin diteruskan sepenuhnya (100%) tanpa slip
b)
Kopling Mekanik
Kopling mekanik yang biasa dan terbanyak digunakan adalah kopling pelat
tunggal kering, prinsipnya adalah sebagaimana gambar berikut ini :
Gambar 5. Kopling Mekanik
a.
Bila pedal kopling
dalam headaan bebas maka pelat kopling akan merapat atau terhubung diantara
roda penerus dan pelat penekan. Sedangkan pegas penekan kopling memberikan
tekanan dimana hal ini sangat diperlukan untuk mencegah kopling tidak
tergelincir (slip), tenaga mesin dipindahkan dari poros engkol terus ke roda
penerus dan pelat kopling langsung ke “input shaft” dari “gear box”.
b.
Bila pedal kopling
ditekan maka pelat penekan cenderung untuk menjauh karena jari-jari penekan
yang menggerakkan oleh tekanan dari bantalan pelepas kopling sehingga dengan
cara ini pelat kopling terangkat bebas, pelat kopling itu dapat berputar bebas
diantara pelat penekan dengan roda penerus, dengan demikian hubungan antara
poros engkol dengan input shaft jadi purus.
Gambar 6. Prinsip kerja kopling mekanik
Tenaga mesin dapat sangat berhasil baik bila mulai menjalankan kendaraan
dengan menslipkan kopling, komponen dari roda penerus dan kopling adalah
direncanakan untuk melawan panas yang ditimbulkan oleh adanya hubungan kopling
karena tergelincir (slip). Sekitar mendekati 50% penggunaan energi mekanik
digunakan untuk memindahkan ke sejumlah energi panas pada setiap waktu/saat.
Roda penerus, pelat kopling dan pelat penekan adalah merupakan bagian bagian
yang sangat utama.
Ada dua faktor yang menentukan dalam memindahkan tenaga pada sistem maknit,
yakni ;
1.
Tenaga gesek di antara
pelat kopling, roda penerus dan pelatpenekan, tenaga kopling itu tergantung
kepada permukaan dan derajad tekanan pegas yang menekan pelat bersama.
2.
Jari-jari itu adalah
dari titik pusat ke titik rengah sebelah luar dari sisi piringan, diduga tenaga
gesek adalah 2000 N dan radiusnya 120 mm maka kopling itu dapat memindahkan
tenaga sebesar 2000 N . 0,12 m = 240 NM.
Gambar 7. Bagian-bagian kopling
c)
Kopling Hidrolik
Bentuk dan bagian-bagian dari pesawat kopling ini sama dengan pesawat
kopling kering tunggal, pesawat kopling ini berputar di dalam bak yang berisi
minyak. Perbedaannya hanya pada lapisan-lapisannya. Pada pesawat kopling yang
kering lapisannya terbuat dari ferodo sedang kopling basah terbuat dari gabus.
Gabus itu diletakkan pada pelat baja, sifat dari gabus tidak menjadi licin
dalam minyak, pegas-pegas yang dilengkapi untuk menekan cincin penekan harus
mempunyai tekanan yang lebih besar dari pegas yang terdapat pada pesawat
kopling yang kering. Kerjanya lebih lembut dan baik serta tidak mudah aus.
Kopling model ini hanya pada kendaraan tertentu karena sulit perawatannya.
Dalam kopling hidrolik tenaga penggeraknya terdiri dari oli dimana
tenaganya ditimbulkan oleh gaya sentrifugal, kopling dapat memberikan suatu
gerakan yang lembut dan tenaga penggerakan tidak mengejut dan tidak pula
memerlukan pedal. Kopling terdiri dari dua buah tabung dimana bagian-bagiannya
mempunyai kipas-kipas atau rusuk-rusuk yang mempunyai sudut puncak. Sebagian
dari impeller menggerakkan impeller yang lain. Impeller yang satu dihubungkan
dengan poros engkol dan yang satu lagi dengan poros transmisi. Tenaga penggerak
diberikan dari pompa penggerak kepada turbine penggerak. Impeller dan turbin
adalah tertutup rapat satu dengan yang lainnya tanpa ada mekanik penghubungnya.
Mereka dihubungkan dengan tutup atau rumah dan bagian itu didalamnya diisi oleh
oli, bila bagian impeller sedang berputar, olinya dialirkan maju yang merupakan
gaya sentrifugal dan digerakkan oleh bentuk bola (bowl shape) dan rusuk rusuk
diatas bagian turbin. Melalui oli tersebut gerakan dipindahkan dari impeller ke
turbin dan langsung menggerakkan peti gigi.
Gambar 8. Kopling hidrolik
Oli mengalir di dalam suatu bundaran jalan kecil diantara impeller dan
turbin, rel penghantar dalam bagian kopling adalah untuk mencegah keributan
dalam arus oli. Hasil guna dari kopling (putaran diantara gaya input dan
output) adalah selalu dihasilkan rendah bila perbedaan diantara bagian kopling
kecepatanya besar dan kopling dalam keadaan tergelincir. Daya gunanya
(efisiensi) b’ertambah besar, bila perbedaan kecepatannya kecil sebagai contoh
seperti kecepatan kendaraan yang diperbesar, kopling bisa juga’dipakai untuk
rem mesin dimana arus oli diarahkan mundur. Bagian kopling yang terdapat pada
poros engkol bergerak sebagai turbin dan bagian yang lain sebagai pompa.
Kopling hidrolik digunakan dalam hubungannya dengan transmisi otomatik.
d)
Kopling Diafragma
Kopling diafragma juga termasuk kopling tunggal kering. Kopling ini tidak
mempunyai komponen seperti kopling tipe pegas spiral, dimana mempunyai mekanik
pemindah seperti tuas pembebas, pen pemutar, baut mata dan sebagainya tetapi
cukup dengan pegas diafragma. Jadi, pegas diafragma dapat menggerakkan pelat
penekaq untuk menghubungkan dan rnemutuskan kopling dengan mesinnya. Ditinjau
dari konstruksinya tipe ini sangat sederhana dan tekanannya lebih merata dan
kuat, meskipun kopling sudah tipis (aus), hanya karena pegas diafragmanya
dipasang sedemikian rupa terhadap covernya maka dalampenggantian komponen
dilakukan sekaligus.
Gambar 9. Komponen-komponen kopling diafragma
e)
Kopling Ganda
Kopling ganda mempunyai dua buah pelat kopling dan empat bidang gesek yang dapat
memungkinkan tenaganya menjadi lebih kuat (besar). Diantara dua pelat kopling
terdapat pelat penekan intermediate. Model kopling ganda ini adalah untuk
kendaraan yang berkapasitas volume “cc” (centimeter cubic) tinggi, kendaraan
sport dan kendaraan berat.
Gambar 10. Kopling ganda dengan bagian-bagiannya
Dari uraian tentang “Jenis Kopling Pada Mobil” diatas kita dapat mengetahui
kelebihan dan peruntukan setiap jenis kopling tersebut.
C.
Persiapan Kerja
Sebelum melaksanakan pekerjaan,
peserta PKL harus mempersiapkan diri dengan matang.Agar dapat melaksanakan
praktek di dunia kerja tidak merasa canggung, takut dan kurang percaya diri,
dan adanya persiapan kerja dapat menghindari hal-hal yang kurang
diinginkan.Adapun persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakn pekerjaan
antara lain :
1.
Berdo’a kepada
Tuhan YME sebelum memulai pekerjaan.
2.
Tenangkan diri
untuk mempersiapkan dengan sungguh-sungguh , teliti, tekun, dan serius.
3.
Berpakaian yang
rapih.
4.
Mempersiapkan
peralatan kerja yang dibutuhkan.
D.
Keselamatan Kerja
Dalam menjaga keselamatan siswa dalam bekerja siswa PKL harus mengikuti
pembi,bing selama bekerja untu menhindari semua hal yang mengakibatkan
kecelakaan dalam bekerja.
Siswa PKL diharapkan bertanya dalam melakukan suatu pekerjaan, dan siswa
diwajibkan untuk bersedia mangikuti instruksi dari pembimbing dalam melakukan
suatu pekerjaan.Selain itu dalam melakukan suatu pekerjaan membutuhkan
kedisiplinan.
E.
Peralatan
dan Bahan
1.
Alat
|
No
|
Nama
Alat
|
Jumlah
|
|
1
2
3
4
|
Kunci
ring
Kunci
sok
Obeng
plus minus
Dongkrak
putar
|
1
set
1set
1
1
|
Tabel 1. Tabel Alat
2.
Bahan
|
No
|
Nama
Bahan
|
Jumlah
|
|
1
|
Mobil
kijang 5k
|
1 unit
|
Tabel 2. Tabel Bahan
F.
Langkah
Kerja
1.
Langkah kerja
dalam mengganti kampas kopling yang baik dan benar di BENGKEL MOBIL NIKI MOTORadalah :
a.
Pembongkaran
Pada
kendaraan, sebelum dapat membongkar unit kopling haruslah terlebih dahulu
melepas komponen-komponen lain yang terkait/ menghalangi, antara lain:
1.
Release cylinder unit
(dengan pipa tetap terpasang)
2.
Propeller unit (kendaraan tipe RWD atau 4WD)
3.
Unit transmisi dan sistem pemindahnya
Pada
umumnya jika unit transmisi sudah dilepas, maka unit release
bearing dan release fork akan terbawa pada
rumah transmisi, sehingga secara mudah dapat dilepaskan dengan melepas pengunci
release
fork terhadap porosnya, kemudian tarik keluar porosnya dari
rumah transmisi. Release fork dan release
bearingakan terlepas
Unit
kopling segera dapat dilepas/ dibongkar setelah unit transmisi dilepas.
Langkah-langkahnya adalah:
1)
Buatlah tanda pada rumah kopling dan flywheel
2)
Pasangkan centerclutch atau alat bantu
yang lain untuk menahan plat kopling pada tempatnya.
3)
Kendorkan baut-baut pengikat rumah kopling ke flywheel
dengan urutan menyilang secara bertahap dan merata, sampai tekanan tidak ada
tekanan pegas.
4)
Lepaskan baut
pengikat satu persatu dan kemudian lepaskan clutch cover dan clutch
disc.
Gambar 11.
Pembongkaran Unit Kopling
Hal-hal yang
perlu diperhatikan antara lain adalah :
1)
Lepaskan clutch cover dengan hati-hati
jangan sampai clutch disc terjatuh.
2)
Jagalah kebersihan permukaan clutch disc,
pressure plate dan fly wheel. Jangan sampai terkena minyak atau
gemuk.
3)
Bersihkanlah kotoran, debu dan beram-beram yang
dapat mengganggu kinerja kopling.
Pada kopling dengan pegas spiral
unit rumah kopling dan plat penekan dapat dengan mudah dibongkar, dengan
langkah-langkah sebagai berikut
1)
Gunakan alat penekan/ press untuk menekan
clutch cover menahan tekanan pegas kopling.
Gambar 12. Penekanan Clutch
Cover Unit Kopling
2)
Lepaskan baut-baut pengikat rumah kopling ke
fly wheel maupun baut penahan penyetel tinggi tuas pembebas
3)
Buatlah tanda pada fly wheel dan clutch cover
4)
Lepaskan secara pelan-pelan penekanan alat
penekan.
5)
Lepaskan clutch cover
6)
Lepaskan pegas-pegas penekan
Gambar 13. Melepas Clutch Cover Unit Kopling
7)
Lepaskan pin
dan release lever
Gambar 14.
Melepas Clutch Cover Unit Kopling
b.
Cara Mengganti dan Pemasangan Kopling
Karena
seringnya bergesekan maka bila kendaraan sering dugunakan maka kampas kopling
akan aus. Hal ini berdampak pada hilangnya tenaga atau lost power. Karenakan
putaran dari mesin tidak sepenuhnya diteruskan ke transmisi karena selip akibat
keausan pada kampas kopling.
Jika
kampas kopling sudah tipis maka segeralah diganti. Untuk menggantii
caranya, ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Sebelum semua
komponen di pasang lumasilah bantalan pembebas dan poros transmisi terlebih
dahulu dengan menggunakan gresse.
2.
Kemudian pasang
kampas kopling dan rumah kopling pada roda gila dengan mengunakan center clutch
supaya memudahkan nantinya saat memasang poros transmisi.
3.
Setelah rumah
kopling terpasang, lalu pasang baut pengikat rumah kopling yang berjumlah 8
dengan menggunakan kunci sok 12 mm secara merata dan bergantian.
4.
Setelah semua baut terpasang lalu kencangkan
dengan menggunakan kunci momen.
diawali
dengan merakit unit plat penekan dan rumah kopling. Pemasangan adalah dengan
urutan sebagai berikut :
1.
Letakkan pressure plate pada dudukan
alat penekan.
2.
Pasangkan pegas penekan pada dudukannya di plat
penekan.
3.
Pasangkan clutch cover dibelakang pegas
penekan dengan posisi yang tepat.
4.
Pasangkan pressure lever pada dudukannya
di clutch cover
5.
Lakukan penekanan clutch cover dengan
alat penekan sehingga pegas penekan tertekan sehingga baut pemegang/ penyetel pressure
lever dapat dipasangkan.
Gambar
15. Pemasangan Unit Kopling
6.
Lepaskan tekanan mesin penekan, dan lakukan
penyetelan tinggi pressure lever.
Setelah
unit clutch cover terpasang, pemasangan kampas kopling dan unit kopling
dapat dilakukan. Prosedur pemasangannya adalah sebagai berikut :
(a)
Berilah sedikit gemuk khusus pada alur
plat kopling (clutch hub).
(b) Masukkan center clutch pada clutch
hub dan atur posisi plat kopling.
Gambar 16. Pemasangancenter Clutch
(c) Pasangkan plat kopling pada fly wheel dengan
panduan center clutch dan atur posisinya supaya tepat di tengah.
(d) Pasangkan clutch cover unit dengan
memperhatikan tanda yang telah kita buat pada saat pembongkaran dan ketepatan knock
pin
(e)
Pasangkan baut-baut pengikat clutch
cover
(f) Lakukan pengerasan baut-baut pengikat secara
bertahap. Mulailahpengerasan dari baut yang paling dekat dengan knock pin
secara menyilang. Sebelum baut dikeraskan, pastikan lagi posisi plat kopling
dengan mengatur posisi center clutch.
(g) Keraskan baut pengikat sesuai momen
spesifikasi pengencangan yaitu berkisar 195 kg cm atau 19 N-m.
Gambar 17. Pemasangan Unit Kopling
Setelah
unit kopling terpasang dengan baik, pasangkan release lever shaft, release
lever dan release bearing pada dudukannya dengan sebelumnya
diberikan sedikit gemuk/ grease khusus pada beberapa bagian yang bergesekan.
Pastikan bahwa pengunci release fork terhadap porosnya dan release
bearing terhadap release fork terpasang dengan baik.
Setelah semua komponen unit kopling terpasang, rakitlah/ pasang unit
transmisi, unit pemindah transmisi, propeller (kendaraan tipe FR dan FWD) dan release
cylinder
G.
Pemeriksaan
dan Pengujian
1.
Release bearing
Release
bearing umumnya merupakan unit bearing tertutup dengan tipe pelumasan permanen,
sehingga tidak memerlukan pembersihan pada pelumasannya.Pemeriksaan pertama
yang dapat dilakukan adalah secara fisual, adalah dengan melihat apakah ada
kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau retak.Jika ada
kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat
dibersihkan dengan kertas amplas yang halus.Jika kerusakannya parah, ganti
dengan unit yang baru.
Gambar 18.
Pengujian Release Bearing
Pemeriksaan
release bearing dengan cara pengujian kerja sebagai berikut :
a)
Putar bearing dengan tangan dan berilah tenaga
pada arah axial. Jika putaran kasar dan atau terasa ada tahanan sebaiknya
ganti.
b)
Tahan hub dan
case dengan tangan kemudian gerakkan pada semua arah untuk memastikan self-centering
system agar tidak tersangkut. Hub dab casae harus bergerak
kira-kira 1 mm. Jika kekocakan berlebihan atau macet sebaiknya diganti dengan
yang baru.
Hasil
pemeriksaan : Terdapat kotoran pada release bearing
Kesimpulan : Kotoran pada release bearing dibersihkan dengan kertas amplas yang halus
2.
Pegas
Penekan dan Tuas Pembebas
Pemeriksaan
pegas penekan dan tuas pembebas dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu :
a.
Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan
melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau
retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya
sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya
parah, sebainya diganti
Gambar 19. Pemeriksaan Keausan Pegas
b.
Lakukan
pengukuran kedalaman dan lebar keausan bekas gesekan release bearing. Kedalaman
maksimal adalah 0.6 mm dan lebar maksimal 5.0 mm. Jika keausan melebihi
spesifikasi ganti dengan yang baru
Gambar
20. Pengukuran Keausan Pegas
Kedalaman maksimal : 0.6 mm
Lebar maksimal :
5.0 mm
Hasil pemeriksaan :
Kedalaman 0.55 mm
Lebar : 4.55 mm
Kesimpulan : Kedalaman dan lebar keausan pegas masih dalam spesifikasi
c.
Pemeriksaan dengan SST dan filler gauge (thickness
gauge).
Dengan bantuan
SST dan Filler gauge, periksa kerataan permukaanujung pegas diphragm atau ujung
tuas pembebas. Selisih pengukuran atau ketidakrataan maximal 0.5 mm.
Gambar
21. Pemeriksaan Kerataan Tinggi Pegas
Hasil pemeriksaan : Ketidak rataan tinggi
pegas 0.45 mm
Kesimpulan : Tinggi pegas masih rata
d.
Pemeriksaan panjang dan kesikuan pegas penekan
Panjang bebas
pegas penekan mempunyai limit yang bervariasi tergantung ukuran kopling unit.
Demikian juga dengan ketidaksikuan pegas penekan (lihat buku manual).Semakin
besar unit kopling biasanya limit/ tolerensi semakin besar.
Gambar
22. Pengukuran Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan
3.
Plat Penekan
Pemeriksaan
plat penekan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu :
a.
Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan
melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau
retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya
sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya parah,
perbaiki dengan menggunakan mesin bubut atau jika tidak memungkinkan, ganti
dengan plat penekan baru.
b.
Lakukan
pengukuran kerataan plat kopling dengan straigh edge dan filler gauge.
Ketidakrataan max. adalah 0.5 mm.
Gambar
23. Pengukuran Kerataan Plat Penekan
Hasil pemeriksaan : 0.5 mm
Kesimpulan : Plat penekan masih rata
c.
Jika
ketidakrataannya melebihi spesifikasi, ratakan dengan menggunakan mesin bubut
atau ganti dengan plat penekan yang baru.
4.
Plat Kopling
Pemeriksaan
plat kopling dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu
a.
Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan
melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau
retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya
sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya
parah, ganti kampas kopling atau ganti dengan plat kopling baru.
b.
Pemeriksaan dan pengukuran kedalaman paku
keling dengan jangka sorong. Batas kedalaman paku keling, minimal 0.3 mm. Jika
kedalaman sudah melebihi spesifikasi, ganti kampas kopling atau ganti dengan
plat kopling baru.
Gambar
24. Pengukuran Kedalaman Paku Keling
Hasil pemeriksaan : 0.35 mm
Kesimpulan :
plat penekan tidak perlu diganti
Penggantian
kampas kopling dilakukan dengan cara melepas kampas kopling lama dengan merusak
paku kelingnya dengan bor, memasang kampas kopling baru dengan paku keling baru
dengan urutan menyilang. Lakukan pengetesan kerataan dan keolengan plat kopling
dengan bantuan roller instrumen dan dial indikator.
Gambar
25. Penggantian Kampas Kopling
c.
Pemeriksaan Pilot Bearing. Putarkan bearing dan
beri tenaga pada arah axial. Jika putaran kasar dan terdapat kekocakan yang
berlebihan, ganti dengan pilot bearing yang baru.
Gambar
26. Pemeriksaan Pilot Bearing
Hasil pemeriksaan : putaran cukup halus
Kesimpulan :
pilot bearing tidak perlu diganti
Penggantian pilot bearing dilakukan dengan
melepas pilot
bearing lama
dengan SSt sliding hamer dankemudian
memasangkan
pilot bearing baru.
Gambar
27. Melepas Dan Memasang Pilot Bearing
H.
Hasil Kerja
Gambar 28. Hasil kerja dari pemasangan kampas kopling
Setelah selesai pembongkaran dan
penyetelan semua komponen.
Periksa apakah hasil pekerjaan yang telah di lakukan sesuai
dengan keinginan.
Selain perbaikan dan penyetelan
pengapian ,penyusun juga melakukan pekerjaan lain ,antara lain yaitu
1.
Pemasangan
komponen sistem kopling dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur .
2.
Penyetelan dan
membersihkan sistem kopling dengan baik dan benar.
3.
Pengujian
system kopling dengan cara yang benar.
BAB
III
PENUTUPAN
A.
Kesimpulan
Melalui pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penyusun dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan PKL merupakan program nasional yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) guna menyelaraskan pendidikan di lembaga sekolah dan
dunia kerja sehingga terdapat tenaga kerja yang kompeten dan profesional. Adapun manfaat yang dapat penyusun simpulkan antara lain :
1.
Sebagai
pengenalan awal terhadap dunia kerja.
2.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan praktek yang nyata
siswa dalam dunia kerja sehingga bermanfaat bagi siswa untuk bersosialisasi
dengan masyarakat dan dunia kerja pada umumnya.
3.
Setelah tiga
bulan dalam menyelesaikan PKL, penyusun telah menemukan pengalaman yang belum
di dapat di sekolah.
Setelah
penyusun melaksanakan PKL di Bengkel Mobil NIKI Motor, penyusun mendapat
tambahan pengalaman tentang prosedur mengganti kampas kopling pada mobil
kijang.
v Kopling adalah alat yang digunakan untuk
menghubungkan dua poros pada kedua
ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis.
v Cara kerja kopling
Ø Posisi Terhubung
a.
Pegas penekan diafragma menekan plat
penekan sehingga plat penekan terhubung/ tertekan.
Kanvas kopling terjepit diantara fly
wheel dan plat
b.
penekan , putaran mesin dapat diteruskan
ke poros input transmisi.
Ø
Kopling Posisi Terlepas
a.
Plat penekan diafragma mengungkit plat
penekan sehingga
plat kopling bebas dari penekanan.
b.
kanvas kopling bebas dari
penekanan/jepitan sehingga putaran mesin tidak dapat diteruskan ke poros input
transmisi, hanya sampai pada kanvas kopling.
v
Komponen utama kopling dan fungsinya
|
Clutch
release mechanism
Mekanisme
Pembebas kopling
(Kabel,
hubungan atau hidrolik)
|
Memungkinkan
pengendara mengkopling dengan pedal kaki.
|
|
Clutch
fork
Tuas/garpu
kopling
|
Adalah
tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
|
|
Pressure
Plate
Plat
penekan
|
Plat
yang ditekan dengan spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila
(flywheel)
|
|
Clutch
disc
Pelat
kopling
|
Piringan
gesek yang dipasangkan ke poros input transmisi. Memuat permukaan
gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan.
|
|
Flywheel
Roda
gila
|
Memberikan
suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling
|
|
Pilot
bearing
(ring
atau bearing)
|
Mendukung/menyangga
bagian ujung depan dari poros input transmisi
|
v
Setelah mobil diturunkan dan dilakukan langkah pengujian. Langkah pengujian
dilakukan di jalam umum.Setelah pengujian, hasilnya adalah baik dengan bukti, saat terjadi penambahan gas,
kecepatan mobil juga bertambah dan pemindahan presnel dapat berjalan mulus dan
tidak menimbulkan bunyi
B.
Pengembangan
Produk
Pengembangan
produk ataupun jasa sangatlah mutlak di perlukan demi kemajuan dan
berkembangnya sebuah instasi.Seiring dengan berkembangnya jaman yang sangat
modern seperti sekarang ini banyak munculnya produk ataupun jasa yamg semakin
berkembang maka para calon nasabah semakin banyak dan luas.
Di bawah ini di
sebutkan pengembangan produk:
1.
Tersediamya tempat
tunggu yang aman, nyaman dan bersih.
2.
Lingkungan yang
bersih.
3.
Tersedianya
halaman yang luas dan aman.
4.
Meningkatkan
kedisiplinan dalam melakukan suatu pekerjaan agar menghasilkan hasil yang baik.
5.
Pegawai yang
ramah, sopan, dan santun.
6.
Penerapan 3S
yaitu, Salam, Senyum, dan Sapa.
C.
Saran-saran
1.
Saran-saran
untuk pembimbing PKL
a.
Hendaknya
Pembimbing lebih membimbing dan mengawasi siswa,sehingga siswa bisa menambah
Ilmu pengetahuan tentang perbankan.
b.
Antara Karyawan
dan Pegawai perusahaan hendaknya lebih meningkatkan komunikasi dengan siswa PKL.
c.
Pembimbing/Pegawai
harus selalu menegur apabila siswa melakukan kesalahan dalam bekerja dan
hendaknya mengarahkan agar lebih baik.
2.
Saran untuk
sekolah
a.
Hendaknya
pelaksanaan PKL dilaksanakan lebih lama lagi.
b.
Hendaknya
sekolah memberikan kesempatan lebih banyak kepada pembimbing untuk memonitoring
siswanya, agar mereka merasa diperhatikan sekolah.
c.
Hendaknya
Sekolah dan Industri meningkatkan kerjasama dengan lebih baik.
3.
Saran untuk
Siswa
a.
Siswa hendaknya
mempersiapkan mental dan materi,yang telah
diberikan di
sekolah terutama dalam bidang teknik kendaraan ringan.
b.
Siswa hendaknya
menjaga kesopanan dan nama baik diri sendiri, orangtua, dan sekolah.
c.
Siswa harus
memenuhi tata tertib yang ada di dalam industri.
d.
Siswa harus
lebih semangat dalam belajar,disiplin ,dan lain-lain.
DAFTAR PUSTAKA
Wakid, Muhkamad.
2016. Sistem Kopling Kendaraan Ringan.
Skripta
Kk boleh minta soft filenya gk kk, terimakaih
BalasHapus