LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K



LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING
PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K
DI  BENGKEL NIKI MOTOR

Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu
Tahun Pelajaran 2018/2019









Disusun Oleh:
Nama                                 : TUNJUNG PRASETIO
Kelas                                 : XII TKR-3
NIS                                   : 3362
Program Studi Keahlian    : TEKNIK OTOMOTIF
Kompetensi  Keahlian       : TEKNIK KENDARAAN RINGAN

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Jl. Perintis, Klumprit, Nusawungu, Cilacap Kode Pos 53283
Telepon 085l01500450 Surat Elektronik smkn_nswg@yahoo.co.id


HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI


Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing  Industri/Bengkel NIKI MOTOR KROYA pada:


Hari            : .....................................................
Tanggal      :  .....................................................
                                                                            

    KROYA,……………….2018

Mengetahui,                                                         
Kepala Bengkel Motor
NIKI MOTOR                                                             Pembimbing Industri
.


ZAENAL MUSTOFA                                                    ZAENAL MUSTOFA
                                                           











LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan PKL ini telah disetujui oleh pembimbing sekolah dan disahkan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada:


Hari                    : ........................................
Tanggal              : ........................................


Nusawungu,  .................... 2018
Disetujui
Ketua Program Keahlian        
Teknik Mekanik Otomotif                                      Pembimbing Sekolah                                                     

NANO SETIANA, S.Pd.                                      SULASDI, S.Pd
NIP. 19611122 200701 1 002                                 NIP.  19710817 200604 1 024




Mengetahui,
Kepala SMK Negeri Nusawungu


NAVY HARDIATI DIAN MITARSIH,M.Pd
NIP. 19671212 199003 2 006



LEMBAR PENGUJIAN

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini telah diuji dan dipertahankan di hadapan Penguji Sekolah  pada :


Hari, Tanggal  :  Selasa,Rabu 18-19 September 2018
Tempat            : SMK Negeri Nusawungu


Nusawungu, ……………. 2018

Penguji 1                                                                 Penguji 2
                                                                             

DESI DWI LESTARI, S.Pd                                SULASDI, S.Pd
NIP. -                                                                      NIP.19710817 200604 1 024
                                                                               














MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
1.             Berjuang demi apa yang diinginkan
2.             Jujur adalah suatu proses awal dari kesuksesan
3.             Mengikuti jalan terang untuk membuat orang lain bangga
4.             Menjalani hidup dengan penuh kesabaran dan kesenangan
5.             Kebahagiaan hati akan lebih sempurna bila di dalam hati terdapat cinta sejati

PERSEMBAHAN
Laporan PKL dipersembahkan kepada:
1.           Kedua orang tua kami yang telah meberikan do`a dan dukungan semangat serta membiayai kami dalam menuntut ilmu.
2.           Ibu Kepala SMK Negeri Nusawungu yang telah memberi izin untuk melaksanakan PKL.
3.           Bapak Kepala Bengkel NIKI MOTOR Kroya yang telah memberi kesempatan kepada penyusun untuk melaksanakan PKL.
4.           Para pembimbing dari bengkel NIKI MOTOR yang telah membimbing dan mendidik penyusun selama melaksanakan PKL.
5.           Bapak ketua program keahlian teknik Otomotif yang telah member izin untuk melaksanakan PKL. 
6.           Bapak Pembimbing sekolah yang telah membimbing penyusun dalam menyusun laporan PKL.
7.           Bapak, Ibu guru dan Karyawan SMK N Nusawungu
8.           Pembaca yang budiman


KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun  panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat serta karunia-Nya sehingga dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) dan menyelesaikan penyusunan laporan hasil PKL dapat berajalan sesuai dengan program yang telah direncanakan. Penyusunan laporan ini disusun setelah melaksanakan PKL selama tiga bulan. Penyajian laporan ini ditekankan kearah pendekatan ketrampilan Perawatan dan Perbaikan Sistem Kopling.
Pada kesempatan ini penyusun menyampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanan PKL maupun membantu dalam penyusunan Laporan ini, kepada :
1.             Ibu Navy Hardiati Dian Mitarsih SPd,M.Pd, selaku Kepala SMK Negeri Nusawungu  
2.             Bapak Sulasdi, selaku Waka. Humas DU/DI SMK Negeri Nusawungu
3.             Bapak Zaenal Mustofa, selaku Pimpinan Bengkel NIKI MOTOR KROYA
4.             Bapak Nano Setiana, S.Pd, selaku Ketua Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif  SMK Negeri Nusawungu
5.             Bapak Sulasdi,S.Pd,  selaku guru Pembimbing PKL.
6.             Bapak dan Ibu guru SMK Negeri Nusawungu
7.             Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan PKL.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna,oleh karena itu kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat  diharapkan. Akhirnya semoga laporan ini dapat berguna bagi para pembaca,dalam memperluas wawasan serta khasanah tentang ” Perawatan Dan Perbaikan Sistem  Kopling pada kendaran TOYOTA  Kijang 5K’’
Nusawungu, ..................... 2018       
   Penyusun


TUNJUNG PRASETIO
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI....................................................      ii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH....................................................     iii
LEMBAR PENGUJI.......................................................................................     iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN............................................      v
KATA PENGANTAR.....................................................................................     vi
DAFTAR ISI.....................................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................   viii
DAFTAR TABEL ...........................................................................................     ix
BAB  I    PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang...................................................................................      1
B.      Tujuan Penyusunan Laporan..............................................................      2
C.      Alasan Pemilihan Judul......................................................................      2
D.     Faktor Pendukung dan Penghambat..................................................      3
E.      Perumusan Permasalah.......................................................................      3
BAB  II PELAKSANAAN PEKERJAAN
A.            Sejarah Bengkel..………………………………………………………...     4
B.            Dasar Teori.......................................................................................     4
C.            Persiapan Kerja................................................................................    13
D.           Keselamatan Kerja ..........................................................................    13
E.            Peralatan dan Bahan........................................................................    14
F.             Langkah Kerja..................................................................................    14
G.           Pemeriksaan dan Pengujian..............................................................    19
H.           Hasil Kerja.......................................................................................    25
BAB III ............................................................................................... PENUTUP
A.           Kesimpulan......................................................................................    26
B.            Pengembangan Produk....................................................................    27
C.            Saran-Saran......................................................................................    28
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................    30
DAFTAR GAMBAR

Gambar 1..... Sistem Kopling Mobil Dengan Sistem Hidrolis.............................      4
Gambar 2..... Garpu Pembebas ...........................................................................      5
Gambar 3..... Cover Cluth...................................................................................      6
Gambar 4..... Kampas Kopling............................................................................      7
Gambar 5..... Kopling Mekanik ..........................................................................      8
Gambar 6..... Prinsip Kerja Kopling Mekanik ....................................................      9
Gambar 7..... Bagian-bagian Kopling .................................................................    10
Gambar 8..... Kopling Hidrolik ...........................................................................    11
Gambar 9..... Komponen-komponen Kopling Diafragma ..................................    12
Gambar 10... Kopling Ganda Dengan Bagian-bagiannya ..................................    13
Gambar 11. . Pembongkaran  Unit Kopling........................................................    15
Gambar 12. . Penekan Cluth Cover Unit Kopling...............................................    16
Gambar 13. . MelepasCluthCover Unit Kopling.................................................    16
Gambar 14. . Melepas Cluth Cover Unit Kopling ..............................................    16
Gambar 15. . Pemasangan Unit Kopling.............................................................    18
Gambar 16... Pemasangancenter Clutch..............................................................    18
Gambar 17... Pemasangan Unit Kopling.............................................................    19
Gambar 18... Pengujian Release Bearing.............................................................    19
Gambar 19... Pemeriksaan  Keausan Pegas.........................................................    20
Gambar 20. . Pengukuran  Keausan Pegas..........................................................    21
Gambar 21... Pemeriksaan Kerataan Tinggi Pegas..............................................    21
Gambar 22... Pengukuran Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan.......................    22
Gambar 23... Pengukuran Kerataan Plat Penekan...............................................    22
Gambar 24... Pengukuran  Kedalaman Paku Keling...........................................    23
Gambar 25... Penggantian Kampas Kopling.......................................................    24
Gambar 26... Pemeriksaan Pilot Bearing.............................................................    24
Gambar 27... Melepas Dan Memasang Pilot Bearing..........................................    24
Gambar 28.  Hasil Kerja dari Pemasangan Kampas Kopling.............................    25                       

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Tabel Alat .............................................................................................    13
Tabel 2. Tabel Bahan ..........................................................................................    13






BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
PKL  adalah suatu bentuk penyelenggaran pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan sekolah dengan tuntutan keahlian profesional tertentu dilapangan kerja melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja.Sesuai dengan tujuan praktik kerja lapangan yaitu memahami persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu tahun pelajaran 2018/2019.Oleh karena itu penyusun melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang merupakan praktek kerja langsung siswa di dunia usaha atau dunia industri (DU/DI) selama 3 bulan dan menyusun laporan setelahnya sebagai proses penyempurnaan praktik kerja industri.
Dalam pelaksanaan PKL di BENGKEL MOBIL  NIKI MOTOR  penyusun sering melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan kopling, maka dari itu penyusun mengangkat judul “PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING DIBENGKEL MOBIL NIKI  MOTOR”.
Seluruh kendaraan dituntut bisa dioperasikan atau dijalankan pada berbagai kondisi jalan. Namun demikian, mesin yang berfungsi sebagai penggerak utama pada suatu kendaraan tidak bisa melakukan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan atau tuntutan kondisi jalan tersebut. Misalnya, pada saat jalan mendaki, kendaraan membutuhkan momen punter (torsi) yang besar, namun kecepatan atau laju kendaraan yang dibutuhkan rendah.
Laporan ini adalah suatu bentuk penyempurnaan hasil dari sebuah pekerjaan yang telah dilakukan untuk mengetahui secara menyeluruh mengenai aspek - aspek pekerjaan tersebut.Laporan yang baik memuat secara rinci mengenai proses suatu pekerjaan dan di sertai data-data yang lengkap,sehingga pembaca bisa memahami isi dari laporan ini.Namun,karena keterbatasan waktu,ilmu dan pengetahuan yang dimiliki penyusun,maka penyusun menyajikan laporan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang penyusun peroleh saat penyusun PKL.
Sistem kopling merupakan sistem pemindah tenaga yang terletak di antara mesin dan transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi. Kopling dalam pemakaian di kendaraan harus dapat memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut, harus dapat memindahkan tenaga mesin tanpa slip, harus dapat memutuskan hubungan dengan cepat dan sempurna.
Di dalam judul laporan tersebut berisi tentang cara kerja sistem kopling ,mponen-komponen sistem kopling, cara membongkar kopling pada kendaraan, cara pengecekan komponen sistem kopling, dan cara pemasangan kopling di kendaraan.

B.            Tujuan Penyusunan Laporan
1.             Tujuan bagi sekolah
a.             Merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah maupun Ujian Akhir Nasional.
b.             Untuk memenuhi kurikulum yang telah ditetapkan oleh sekolah.
2.             Tujuan bagi siswa
a.             Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman yang belum pernah di dapat di sekolah.
b.             Memahami, memantapkan dan mengembangkan ilmu yang didapat dari dunia usaha.
c.             Untuk meningkatkan ketrampilan dan kecakapan siswa dalam menghadapi dunia kerja yang semakin selektif.

C.           Alasan Pemilihan Judul
Alasan penyusun memilih prosedur pembongkaran kampas kopling  diBENGKEL MOBIL NIKI  MOTOR antara lain :
1.             Sesuai dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan   Ringan.
2.             Penyusun ingin lebih mendalami tentang cara mengganti kanfas kopling yang benar.
3.             Ingin menambah pengetahuan tentang sisem kopling.

D.           Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam membuat laporan PKL ini, penyusun mengalami berbagai macam faktor diantaranya :
1.             Faktor Pendukung
a.             Pelayanan yang prima kepada pelanggan.
b.             Suasana yang mendukung dan kondusif.
c.             Lingkungan yang ramah dan nyaman.
d.            Adanya pembelajaran tentang sisem kopling.
2.             Faktor penghambat
a.             Masih kurangnya pengetahuan tentang sistem kopling.
b.             Waktu pelaksanaan PKL  yang singkat.
c.             Pembimbing kurang maksimal  dalam memberikan wawasan dan Pembelajaran.
d.            Kurangnya komunikasi dengan pihak industri.
e.             Adanya rasa kurang percaya diri dan takut.

E.            Rumusan Masalah
1.             Apakah pengertian Kopling ?
2.             Bagaimana cara kerja Kopling ?
3.             Komponen apa saja yang terdapat pada Kopling ?
4.             Bagaimana prosedur pembongkaran dan pemasangan sistem kopling pada kendaraan ?
5.          Bagimana pemeriksaan dan pengukuran kopling ?
6.             Bagaimana cara mengganti kampas Kopling ?


BAB II

PELAKSANAAN KERJA
        
A.           Sejarah Bengkel
Bengkel Niki Motor berdiri pada tahun 1994, yang ber alamat di jl.Raya Buntu - sampang Cilacap. Bengkel Niki Motor dulunya bernama Eko Motor, namun setelah bergabung dengan Niki Grup pada tahun 2015 namanya berubah menjadi Niki Motor  yang kemudian beralamat di jl.Raya Mujur- Kroya (depan pku muhamadiyah) sampai sekarang kepala bengkel NIKI MOTOR adalah Bapak ZAENAL MUSTOFA.

B.            Dasar Teori
Pengertian kopling mobil atau fungsi kopling pada mobil adalah sparepart atau komponen untuk menghubungkan tenaga mesin atau putaran mesin ke transmisi dan mengurangi putaran mesin saat akan dilakukan perpindahan gigi transmisi, agar gigi transmisi bisa masuk dengan mudahFungsi komponen-komponen dari sistem kopling mobil Hidrolis
Berikut adalah komponen sistem kopling mobil dengan sistem hidrolis atau kopling dengan minyak kopling
Gambar 1. Sistem Kopling Mobil Dengan Sistem Hidrolis

1.             Pedal kopling
Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling, pedal
kopling biasa terletak di paling kiri dan diinjak menggunakan kaki kiri
2.             Master kopling Atas
Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling, dalam master kopling ini terdapat seal atau perapat karet yang mencegah minyak kopling tidak bocor, serta reservoir atau penampung minyak kopling, reservoir untuk minyak kopling ada yang menjadi satu dengan master kopling dan ada yang terpisah
3.             Release silinder kopling atau master kopling bawah
Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan kedalam garbu pembebas (fork kopling) melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan plat kopling dari himpitan antara matahari kopling dengan roda gila. Sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat atau seal untuk mencegah kebocoran minyak kopling.
4.             Garpu pembebas atau fork kopling
Menerima gaya tekan dari release kopling, garpu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak
Gambar 2. Garpu Pembebas

5.             Release bearing Kopling
Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas (matahari kopling) atau diafragma spring pada tutup kopling (cover clutch).
6.             Cover cluth (tutup kopling)
Cover Clutch juga disebut dekrup atau matahari kopling, Fungsi clutch cover adalah sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin
Gambar 3. Cover Cluth
7.             Plat Kopling atau Kampas kopling
Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate adalah komponen kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi, berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling atau plat kopling mobil harus diganti jika keausan sudah terasa.
Gambar 4. Kampas Kopling
Pada plat kopling terdiri dari facing yang berfungsi sebagai bidang gesek yang dikeling pada cushion plate dan berfungsi untuk memperlembut saat kopling berhubungan dan cushion plate dikeling pada disc plate.
Pada plat kopling juga terdapat torsion damper atau pegas plat kopling yang berfungsi untuk meredam kejutan ketika kopling berhubungan
8.             Fly wheel atau Roda Gila
Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling.
Jenis-jenis Kopling
a)             Kopling Gesek
Dinamakan kopling gesek karena untuk melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan gaya gesek yang terjadi pada bidang gesek. Ditinjau dari bentuk bidang geseknya kopling dibedakan menjadi 2 yaitu
(1)     Kopling piringan (disc clutch)
Kopling piringan adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk piringan atau disc.
(2)     Kopling konis (cone clutch)
Kopling konis adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk konis.
Cara kerja kopling gesek
Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga secara halus dari mesin ke transmisi melalui adanya gesekan antara plat kopling dengan flywheel dan plat penekan. Kekuatan gesekan diatur oleh pegas penekan yang dikontrol oleh pengemudi melalui mekanisme penggerak kopling
Jika pedal kopling ditekan penuh, tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong plat penekan melawan tekanan pegas penekan sehingga plat kopling tidak mendapat tekanan. Gesekan antara plat kopling dengan fly wheel dan plat penekan tidak terjadi sehingga putaran mesin tidak diteruskan.
Jika pedal kopling ditekan sebagian/ setengah, tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong plat penekan melawan sebagain/ setengah tekanan pegas penekan sehingga tekanan plat penekan ke fly wheel berkurang, sehingga plat kopling akan slip. Gesekan antara plat kopling dengan fly wheel dan plat penekan kecil sehingga putaran dan daya mesin diteruskan sebagian
Apabila pedal dilepaskan maka gaya pegas akan kembali mendorong dengan penuh plat penekan. Plat penekan menghimpit plat kopling ke fly wheel dengan kuat sehingga terjadi gesekan kuat dan berputar bersamaan. Dengan demikian putaran dan daya mesin diteruskan sepenuhnya (100%) tanpa slip
b)            Kopling Mekanik
Kopling mekanik yang biasa dan terbanyak digunakan adalah kopling pelat tunggal kering, prinsipnya adalah sebagaimana gambar berikut ini :
Gambar 5. Kopling Mekanik
a.             Bila pedal kopling dalam headaan bebas maka pelat kopling akan merapat atau terhubung diantara roda penerus dan pelat penekan. Sedangkan pegas penekan kopling memberikan tekanan dimana hal ini sangat diperlukan untuk mencegah kopling tidak tergelincir (slip), tenaga mesin dipindahkan dari poros engkol terus ke roda penerus dan pelat kopling langsung ke “input shaft” dari “gear box”.
b.             Bila pedal kopling ditekan maka pelat penekan cenderung untuk menjauh karena jari-jari penekan yang menggerakkan oleh tekanan dari bantalan pelepas kopling sehingga dengan cara ini pelat kopling terangkat bebas, pelat kopling itu dapat berputar bebas diantara pelat penekan dengan roda penerus, dengan demikian hubungan antara poros engkol dengan input shaft jadi purus.
Gambar 6. Prinsip kerja kopling mekanik
Tenaga mesin dapat sangat berhasil baik bila mulai menjalankan kendaraan dengan menslipkan kopling, komponen dari roda penerus dan kopling adalah direncanakan untuk melawan panas yang ditimbulkan oleh adanya hubungan kopling karena tergelincir (slip). Sekitar mendekati 50% penggunaan energi mekanik digunakan untuk memindahkan ke sejumlah energi panas pada setiap waktu/saat. Roda penerus, pelat kopling dan pelat penekan adalah merupakan bagian bagian yang sangat utama.
Ada dua faktor yang menentukan dalam memindahkan tenaga pada sistem maknit, yakni ;
1.             Tenaga gesek di antara pelat kopling, roda penerus dan pelatpenekan, tenaga kopling itu tergantung kepada permukaan dan derajad tekanan pegas yang menekan pelat bersama.
2.             Jari-jari itu adalah dari titik pusat ke titik rengah sebelah luar dari sisi piringan, diduga tenaga gesek adalah 2000 N dan radiusnya 120 mm maka kopling itu dapat memindahkan tenaga sebesar 2000 N . 0,12 m = 240 NM.
Gambar 7. Bagian-bagian kopling
c)             Kopling Hidrolik
Bentuk dan bagian-bagian dari pesawat kopling ini sama dengan pesawat kopling kering tunggal, pesawat kopling ini berputar di dalam bak yang berisi minyak. Perbedaannya hanya pada lapisan-lapisannya. Pada pesawat kopling yang kering lapisannya terbuat dari ferodo sedang kopling basah terbuat dari gabus.
Gabus itu diletakkan pada pelat baja, sifat dari gabus tidak menjadi licin dalam minyak, pegas-pegas yang dilengkapi untuk menekan cincin penekan harus mempunyai tekanan yang lebih besar dari pegas yang terdapat pada pesawat kopling yang kering. Kerjanya lebih lembut dan baik serta tidak mudah aus. Kopling model ini hanya pada kendaraan tertentu karena sulit perawatannya.
Dalam kopling hidrolik tenaga penggeraknya terdiri dari oli dimana tenaganya ditimbulkan oleh gaya sentrifugal, kopling dapat memberikan suatu gerakan yang lembut dan tenaga penggerakan tidak mengejut dan tidak pula memerlukan pedal. Kopling terdiri dari dua buah tabung dimana bagian-bagiannya mempunyai kipas-kipas atau rusuk-rusuk yang mempunyai sudut puncak. Sebagian dari impeller menggerakkan impeller yang lain. Impeller yang satu dihubungkan dengan poros engkol dan yang satu lagi dengan poros transmisi. Tenaga penggerak diberikan dari pompa penggerak kepada turbine penggerak. Impeller dan turbin adalah tertutup rapat satu dengan yang lainnya tanpa ada mekanik penghubungnya. Mereka dihubungkan dengan tutup atau rumah dan bagian itu didalamnya diisi oleh oli, bila bagian impeller sedang berputar, olinya dialirkan maju yang merupakan gaya sentrifugal dan digerakkan oleh bentuk bola (bowl shape) dan rusuk rusuk diatas bagian turbin. Melalui oli tersebut gerakan dipindahkan dari impeller ke turbin dan langsung menggerakkan peti gigi.
Gambar 8. Kopling hidrolik
Oli mengalir di dalam suatu bundaran jalan kecil diantara impeller dan turbin, rel penghantar dalam bagian kopling adalah untuk mencegah keributan dalam arus oli. Hasil guna dari kopling (putaran  diantara gaya input dan output) adalah selalu dihasilkan rendah bila perbedaan diantara bagian kopling kecepatanya besar dan kopling dalam keadaan tergelincir. Daya gunanya (efisiensi) b’ertambah besar, bila perbedaan kecepatannya kecil sebagai contoh seperti kecepatan kendaraan yang diperbesar, kopling bisa juga’dipakai untuk rem mesin dimana arus oli diarahkan mundur. Bagian kopling yang terdapat pada poros engkol bergerak sebagai turbin dan bagian yang lain sebagai pompa. Kopling hidrolik digunakan dalam hubungannya dengan transmisi otomatik.
d)            Kopling Diafragma
Kopling diafragma juga termasuk kopling tunggal kering. Kopling ini tidak mempunyai komponen seperti kopling tipe pegas spiral, dimana mempunyai mekanik pemindah seperti tuas pembebas, pen pemutar, baut mata dan sebagainya tetapi cukup dengan pegas diafragma. Jadi, pegas diafragma dapat menggerakkan pelat penekaq untuk menghubungkan dan rnemutuskan kopling dengan mesinnya. Ditinjau dari konstruksinya tipe ini sangat sederhana dan tekanannya lebih merata dan kuat, meskipun kopling sudah tipis (aus), hanya karena pegas diafragmanya dipasang sedemikian rupa terhadap covernya maka dalampenggantian komponen dilakukan sekaligus.
Gambar 9. Komponen-komponen kopling diafragma
e)             Kopling Ganda
Kopling ganda mempunyai dua buah pelat kopling dan empat bidang gesek yang dapat memungkinkan tenaganya menjadi lebih kuat (besar). Diantara dua pelat kopling terdapat pelat penekan intermediate. Model kopling ganda ini adalah untuk kendaraan yang berkapasitas volume “cc” (centimeter cubic) tinggi, kendaraan sport dan kendaraan berat.
Gambar 10. Kopling ganda dengan bagian-bagiannya
Dari uraian tentang “Jenis Kopling Pada Mobil” diatas kita dapat mengetahui kelebihan dan peruntukan setiap jenis kopling tersebut.

C.           Persiapan  Kerja
Sebelum melaksanakan pekerjaan, peserta PKL harus mempersiapkan diri dengan matang.Agar dapat melaksanakan praktek di dunia kerja tidak merasa canggung, takut dan kurang percaya diri, dan adanya persiapan kerja dapat menghindari hal-hal yang kurang diinginkan.Adapun persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakn pekerjaan antara lain :
1.             Berdo’a kepada Tuhan YME sebelum memulai pekerjaan.
2.             Tenangkan diri untuk mempersiapkan dengan sungguh-sungguh , teliti, tekun, dan serius.
3.             Berpakaian yang rapih.
4.             Mempersiapkan peralatan kerja yang  dibutuhkan.

D.           Keselamatan Kerja
Dalam menjaga keselamatan siswa dalam bekerja siswa PKL harus mengikuti pembi,bing selama bekerja untu menhindari semua hal yang mengakibatkan kecelakaan dalam bekerja.
Siswa PKL diharapkan bertanya dalam melakukan suatu pekerjaan, dan siswa diwajibkan untuk bersedia mangikuti instruksi dari pembimbing dalam melakukan suatu pekerjaan.Selain itu dalam melakukan suatu pekerjaan membutuhkan kedisiplinan.

E.            Peralatan dan Bahan
1.             Alat
No
Nama Alat
Jumlah
1
2
3
4
Kunci ring
Kunci sok
Obeng plus minus
Dongkrak putar
1 set
1set
1
1
Tabel 1. Tabel Alat

2.             Bahan
No
Nama Bahan
Jumlah

1


Mobil kijang 5k

1 unit

Tabel 2. Tabel Bahan

F.            Langkah Kerja
1.             Langkah kerja dalam mengganti kampas kopling yang baik dan benar di BENGKEL MOBIL  NIKI MOTORadalah :
a.             Pembongkaran
Pada kendaraan, sebelum dapat membongkar unit kopling haruslah terlebih dahulu melepas komponen-komponen lain yang terkait/ menghalangi, antara lain:
1.             Release cylinder unit (dengan pipa tetap terpasang)
2.             Propeller unit (kendaraan tipe RWD atau 4WD)
3.             Unit transmisi dan sistem pemindahnya
Pada umumnya jika unit transmisi sudah dilepas, maka unit release bearing dan release fork akan terbawa pada rumah transmisi, sehingga secara mudah dapat dilepaskan dengan melepas pengunci release fork terhadap porosnya, kemudian tarik keluar  porosnya dari rumah transmisi. Release fork dan release bearingakan terlepas
Unit kopling segera dapat dilepas/ dibongkar setelah unit transmisi dilepas. Langkah-langkahnya adalah:
1)             Buatlah tanda pada rumah kopling dan flywheel
2)             Pasangkan centerclutch atau alat bantu yang lain untuk menahan plat kopling pada tempatnya.
3)             Kendorkan baut-baut pengikat rumah kopling ke flywheel dengan urutan menyilang secara bertahap dan merata, sampai tekanan tidak ada tekanan pegas.
4)             Lepaskan baut pengikat satu persatu dan kemudian lepaskan clutch cover dan clutch disc.




Gambar 11. Pembongkaran Unit Kopling
Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah :
1)             Lepaskan clutch cover dengan hati-hati jangan sampai clutch disc terjatuh.
2)             Jagalah kebersihan permukaan clutch disc, pressure plate dan fly wheel. Jangan sampai terkena minyak atau gemuk.
3)             Bersihkanlah kotoran, debu dan beram-beram yang dapat mengganggu kinerja kopling.
Pada kopling dengan pegas spiral unit rumah kopling dan plat penekan dapat dengan mudah dibongkar, dengan langkah-langkah sebagai berikut
1)             Gunakan alat penekan/ press untuk menekan clutch cover menahan tekanan pegas kopling.
Gambar 12. Penekanan Clutch Cover Unit Kopling
2)             Lepaskan baut-baut pengikat rumah kopling ke fly wheel maupun baut penahan penyetel tinggi tuas pembebas
3)             Buatlah tanda pada fly wheel dan clutch cover
4)             Lepaskan secara pelan-pelan penekanan alat penekan.
5)             Lepaskan clutch cover
6)             Lepaskan pegas-pegas penekan
Gambar 13. Melepas Clutch Cover Unit Kopling
7)             Lepaskan pin dan release lever
Gambar 14. Melepas Clutch Cover Unit Kopling
b.             Cara Mengganti dan Pemasangan Kopling
Karena seringnya bergesekan maka bila kendaraan sering dugunakan maka kampas kopling akan aus. Hal ini berdampak pada hilangnya tenaga atau lost power. Karenakan putaran dari mesin tidak sepenuhnya diteruskan ke transmisi karena selip akibat keausan pada kampas kopling.
Jika kampas kopling sudah tipis maka segeralah diganti. Untuk menggantii caranya, ikuti langkah-langkah berikut:
1.      Sebelum semua komponen di pasang lumasilah bantalan pembebas dan poros transmisi terlebih dahulu dengan menggunakan gresse.
2.      Kemudian pasang kampas kopling dan rumah kopling pada roda gila dengan mengunakan center clutch supaya memudahkan nantinya saat memasang poros transmisi.
3.      Setelah rumah kopling terpasang, lalu pasang baut pengikat rumah kopling yang berjumlah 8 dengan menggunakan kunci sok 12 mm secara merata dan bergantian.
4.      Setelah semua baut terpasang lalu kencangkan dengan menggunakan kunci momen.
diawali dengan merakit unit plat penekan dan rumah kopling. Pemasangan adalah dengan urutan sebagai berikut :
1.             Letakkan pressure plate pada dudukan alat penekan.
2.             Pasangkan pegas penekan pada dudukannya di plat penekan.
3.             Pasangkan clutch cover dibelakang pegas penekan dengan posisi yang tepat.
4.             Pasangkan pressure lever pada dudukannya di clutch cover
5.             Lakukan penekanan clutch cover dengan alat penekan sehingga pegas penekan tertekan sehingga baut pemegang/ penyetel pressure lever dapat dipasangkan.
Gambar 15. Pemasangan Unit Kopling
6.             Lepaskan tekanan mesin penekan, dan lakukan penyetelan tinggi pressure lever.
Setelah unit clutch cover terpasang, pemasangan kampas kopling dan unit kopling dapat dilakukan. Prosedur pemasangannya adalah sebagai berikut :
(a)     Berilah sedikit gemuk khusus pada alur plat kopling (clutch hub).
(b)     Masukkan center clutch pada clutch hub dan atur posisi plat kopling.
 





Gambar 16. Pemasangancenter Clutch
(c)     Pasangkan plat kopling pada fly wheel dengan panduan center clutch dan atur posisinya supaya tepat di tengah.
(d)     Pasangkan clutch cover unit dengan memperhatikan tanda yang telah kita buat pada saat pembongkaran dan ketepatan knock pin
(e)     Pasangkan baut-baut pengikat clutch cover
(f)      Lakukan pengerasan baut-baut pengikat secara bertahap. Mulailahpengerasan dari baut yang paling dekat dengan knock pin secara menyilang. Sebelum baut dikeraskan, pastikan lagi posisi plat kopling dengan mengatur posisi center clutch.
(g)     Keraskan baut pengikat sesuai momen spesifikasi pengencangan yaitu berkisar 195 kg cm atau 19 N-m.
Gambar 17. Pemasangan Unit Kopling
Setelah unit kopling terpasang dengan baik, pasangkan release lever shaft, release lever dan release bearing pada dudukannya dengan sebelumnya diberikan sedikit gemuk/ grease khusus pada beberapa bagian yang bergesekan. Pastikan bahwa pengunci release fork terhadap porosnya dan release bearing terhadap release fork terpasang dengan baik.
Setelah semua komponen unit kopling terpasang, rakitlah/ pasang unit transmisi, unit pemindah transmisi, propeller (kendaraan tipe FR dan FWD) dan release cylinder

G.           Pemeriksaan dan Pengujian
1.             Release bearing
Release bearing umumnya merupakan unit bearing tertutup dengan tipe pelumasan permanen, sehingga tidak memerlukan pembersihan pada pelumasannya.Pemeriksaan pertama yang dapat dilakukan adalah secara fisual, adalah dengan melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau retak.Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus.Jika kerusakannya parah, ganti dengan unit yang baru.
Gambar 18. Pengujian Release Bearing
Pemeriksaan release bearing dengan cara pengujian kerja sebagai berikut :
a)             Putar bearing dengan tangan dan berilah tenaga pada arah axial. Jika putaran kasar dan atau terasa ada tahanan sebaiknya ganti.
b)            Tahan hub dan case dengan tangan kemudian gerakkan pada semua arah untuk memastikan self-centering system agar tidak tersangkut.  Hub dab casae harus bergerak kira-kira 1 mm. Jika kekocakan berlebihan atau macet sebaiknya diganti dengan yang baru.
Hasil pemeriksaan    : Terdapat  kotoran pada release bearing
Kesimpulan              : Kotoran pada release bearing  dibersihkan dengan kertas amplas yang halus
2.             Pegas Penekan dan Tuas Pembebas
Pemeriksaan pegas penekan dan tuas pembebas dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu :
a.             Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya parah, sebainya diganti
Gambar 19. Pemeriksaan  Keausan Pegas
b.             Lakukan pengukuran kedalaman dan lebar keausan bekas gesekan release bearing. Kedalaman maksimal adalah 0.6 mm dan lebar maksimal 5.0 mm. Jika keausan melebihi spesifikasi ganti dengan yang baru
Gambar 20. Pengukuran  Keausan Pegas
Kedalaman maksimal : 0.6 mm
Lebar maksimal        : 5.0 mm
Hasil pemeriksaan   : Kedalaman 0.55 mm
Lebar                        : 4.55 mm
Kesimpulan              : Kedalaman dan lebar keausan pegas masih dalam spesifikasi
c.             Pemeriksaan dengan SST dan filler gauge (thickness gauge).
Dengan bantuan SST dan Filler gauge, periksa kerataan permukaanujung pegas diphragm atau ujung tuas pembebas. Selisih pengukuran atau ketidakrataan  maximal 0.5 mm.
 





Gambar 21. Pemeriksaan Kerataan Tinggi Pegas
Hasil pemeriksaan    : Ketidak rataan tinggi pegas 0.45 mm
Kesimpulan              : Tinggi pegas masih rata
d.            Pemeriksaan panjang dan kesikuan pegas penekan
Panjang bebas pegas penekan mempunyai limit yang bervariasi tergantung ukuran kopling unit. Demikian juga dengan ketidaksikuan pegas penekan (lihat buku manual).Semakin besar unit kopling biasanya limit/ tolerensi semakin besar.
Gambar 22. Pengukuran Panjang dan Kesikuan Pegas Penekan
3.             Plat Penekan
Pemeriksaan plat penekan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu :
a.             Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya parah, perbaiki dengan menggunakan mesin bubut atau jika tidak memungkinkan, ganti dengan plat penekan baru.
b.             Lakukan pengukuran kerataan plat kopling dengan straigh edge dan filler gauge. Ketidakrataan max. adalah 0.5 mm.



Gambar 23. Pengukuran Kerataan Plat Penekan
Hasil pemeriksaan    : 0.5 mm
Kesimpulan              : Plat penekan masih rata
c.              Jika ketidakrataannya melebihi spesifikasi, ratakan dengan menggunakan mesin bubut atau ganti dengan plat penekan yang baru.
4.             Plat Kopling
Pemeriksaan plat kopling dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu
a.             Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan melihat apakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya parah, ganti kampas kopling atau ganti dengan plat kopling baru.
b.             Pemeriksaan dan pengukuran kedalaman paku keling dengan jangka sorong. Batas kedalaman paku keling, minimal 0.3 mm. Jika kedalaman sudah melebihi spesifikasi, ganti kampas kopling atau ganti dengan plat kopling baru.
Gambar 24. Pengukuran  Kedalaman Paku Keling
Hasil pemeriksaan    : 0.35 mm
Kesimpulan              : plat penekan tidak perlu diganti
Penggantian kampas kopling dilakukan dengan cara melepas kampas kopling lama dengan merusak paku kelingnya dengan bor, memasang kampas kopling baru dengan paku keling baru dengan urutan menyilang. Lakukan pengetesan kerataan dan keolengan plat kopling dengan bantuan roller instrumen dan dial indikator.
Gambar 25.  Penggantian Kampas Kopling
c.             Pemeriksaan Pilot Bearing. Putarkan bearing dan beri tenaga pada arah axial. Jika putaran kasar dan terdapat kekocakan yang berlebihan, ganti dengan pilot bearing yang baru.
Gambar 26. Pemeriksaan Pilot Bearing
Hasil pemeriksaan    : putaran cukup halus
Kesimpulan              : pilot bearing tidak perlu diganti
Penggantian pilot bearing dilakukan dengan melepas pilot
bearing lama dengan SSt sliding hamer dankemudian
memasangkan pilot bearing baru.
Gambar 27. Melepas Dan Memasang Pilot Bearing


H.           Hasil Kerja
Gambar 28. Hasil kerja dari pemasangan kampas kopling
Setelah selesai pembongkaran dan penyetelan semua komponen.
Periksa apakah hasil pekerjaan yang telah di lakukan sesuai dengan keinginan.
Selain perbaikan dan penyetelan pengapian ,penyusun juga melakukan pekerjaan lain ,antara lain yaitu
1.             Pemasangan komponen sistem kopling dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur .
2.             Penyetelan dan membersihkan sistem kopling dengan baik dan benar.
3.             Pengujian system kopling dengan cara yang benar.


BAB III
PENUTUPAN

A.           Kesimpulan
Melalui pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penyusun dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan PKL merupakan program nasional yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna menyelaraskan pendidikan di lembaga sekolah dan dunia kerja sehingga terdapat tenaga kerja yang kompeten dan profesional. Adapun manfaat yang dapat penyusun simpulkan antara lain :
1.             Sebagai pengenalan awal terhadap dunia kerja.
2.             Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan praktek yang nyata siswa dalam dunia kerja sehingga bermanfaat bagi siswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat dan dunia kerja pada umumnya.
3.             Setelah tiga bulan dalam menyelesaikan PKL, penyusun telah menemukan pengalaman yang belum di dapat di sekolah.
Setelah penyusun melaksanakan PKL di Bengkel Mobil NIKI Motor, penyusun mendapat tambahan pengalaman tentang prosedur mengganti kampas kopling pada mobil kijang.
v   Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis.
v   Cara kerja kopling
Ø   Posisi Terhubung
a.              Pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/ tertekan.
Kanvas kopling terjepit diantara fly wheel dan plat
b.             penekan , putaran mesin dapat diteruskan ke poros input transmisi.
Ø   Kopling Posisi Terlepas
a.              Plat penekan diafragma mengungkit plat penekan sehingga
plat  kopling bebas dari penekanan.
b.             kanvas kopling bebas dari penekanan/jepitan sehingga putaran mesin tidak dapat diteruskan ke poros input transmisi, hanya sampai pada kanvas kopling.
v   Komponen utama kopling dan fungsinya
Clutch release mechanism
Mekanisme Pembebas kopling
(Kabel, hubungan atau hidrolik)
Memungkinkan pengendara mengkopling dengan pedal kaki.
Clutch fork
Tuas/garpu kopling
Adalah tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
Pressure Plate
Plat penekan
Plat yang ditekan dengan spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila (flywheel)
Clutch disc
Pelat kopling
Piringan gesek yang dipasangkan ke poros input transmisi. Memuat permukaan gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan.
Flywheel
Roda gila
Memberikan suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling
Pilot bearing
(ring atau bearing)
Mendukung/menyangga bagian ujung depan dari poros input transmisi
v   Setelah mobil diturunkan dan dilakukan langkah pengujian. Langkah pengujian dilakukan di jalam umum.Setelah pengujian, hasilnya adalah baik dengan bukti, saat terjadi penambahan gas, kecepatan mobil juga bertambah dan pemindahan presnel dapat berjalan mulus dan tidak menimbulkan bunyi

B.            Pengembangan Produk
Pengembangan produk ataupun jasa sangatlah mutlak di perlukan demi kemajuan dan berkembangnya sebuah instasi.Seiring dengan berkembangnya jaman yang sangat modern seperti sekarang ini banyak munculnya produk ataupun jasa yamg semakin berkembang maka para calon nasabah semakin banyak dan luas.
Di bawah ini di sebutkan pengembangan produk:
1.             Tersediamya tempat tunggu yang aman, nyaman dan bersih.
2.             Lingkungan yang bersih.
3.             Tersedianya halaman yang luas dan aman.
4.             Meningkatkan kedisiplinan dalam melakukan suatu pekerjaan agar menghasilkan hasil yang baik.
5.             Pegawai yang ramah, sopan, dan santun.
6.             Penerapan 3S yaitu, Salam, Senyum, dan Sapa.

C.           Saran-saran
1.             Saran-saran untuk pembimbing PKL
a.             Hendaknya Pembimbing lebih membimbing dan mengawasi siswa,sehingga siswa bisa menambah Ilmu pengetahuan tentang perbankan.
b.             Antara Karyawan dan Pegawai perusahaan hendaknya lebih meningkatkan komunikasi dengan siswa PKL.
c.             Pembimbing/Pegawai harus selalu menegur apabila siswa melakukan kesalahan dalam bekerja dan hendaknya mengarahkan agar lebih baik.
2.             Saran untuk sekolah
a.             Hendaknya pelaksanaan PKL dilaksanakan lebih lama lagi.
b.             Hendaknya sekolah memberikan kesempatan lebih banyak kepada pembimbing untuk memonitoring siswanya, agar mereka merasa diperhatikan sekolah.
c.             Hendaknya Sekolah dan Industri meningkatkan kerjasama dengan lebih baik.
3.             Saran untuk Siswa
a.             Siswa hendaknya mempersiapkan mental dan materi,yang telah
diberikan di sekolah terutama dalam bidang teknik kendaraan ringan.
b.             Siswa hendaknya menjaga kesopanan dan nama baik diri sendiri, orangtua, dan sekolah.
c.             Siswa harus memenuhi tata tertib yang ada di dalam industri.
d.            Siswa harus lebih semangat dalam belajar,disiplin ,dan lain-lain.

























DAFTAR PUSTAKA

www.rodadua.web.id/kopling-moto/ (diakses pada tanggal : 2 September 2018)

Wakid, Muhkamad. 2016. Sistem Kopling Kendaraan Ringan. Skripta





































Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PERAWATAN BERKALA 10.000 KM ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE

Laporan Prakerin Service Berkala 20.000 KM