LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PERAWATAN BERKALA 10.000 KM ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN BERKALA 10.000 KM
ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE
DI BENGKEL TATA MOTOR PURWOKERTO
Diajukan
Untuk Memenuhi Syarat
Ujian
Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu
Tahun
Pelajaran 2018/2019


PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Jalan Perintis, Klumprit, Nusawungu, Cilacap Kode
pos 53283 Telp. 085101500450
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan Pratek Kerja Lapangan ( PKL ) ini telah di syahkan
oleh guru pembimbing dan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada :
Hari :
Tanggal :
|
Ketua Program Keahlian
Teknik Kendaraan Ringan
NANO SETIANA,S.Pd
NIP.
19611122 200701 1 002
|
Nusawungu, .....................2018
Disetujui,
Pembimbing Sekolah
NOVI GRIYA LEGITA, S. Pd
NIP. -
|
|
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri Nusawungu
NAVY HARDIATI DIAN MINTARSIH S.Pd, M.Pd
NIP. 19671212 199003 2 006
|
|
|
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI
Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah disetujui oleh pembimbing industri di Bengkel TATA
MOTOR PURWOKERTO pada:
Hari :
Tanggal :
|
Mengetahui,
Kepala Bengkel
PARLASIN
|
Nusawungu, .....September 2018
Disetujui,
Pembimbing
PARLASIN
|
|
|
HALAMAN PENGUJIAN
Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah
diuji dan dipertahankan dihadapan Penguji Sekolah pada :
Hari,
tanggal : Selasa, Rabu 18-19 September 2018
Tempat : SMK Negeri Nusawungu
|
Penguji I
NANO SETIANA.S.Pd
NIP.196111222007011002
|
Nusawungu, .... September 2018
Penguji II
NOVI GRIYA LEGITA.S.P.d
NIP. -
|
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.
Kejujuran adalah kebijaksanaan yang baik
2.
Keberhasilan adalah tolak ukur untuk menjadi yang
terbaik
3.
Waktu adalah Ilmu
4.
Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda
5.
Dimana ada kemauan di situ ada jalan
PERSEMBAHAN
1. Kedua orang tua yang telah memberikan do’a dan dorongan semangat serta
telah membiayai kami dalam menuntut ilmu
sehingga dapat berjalan dengan lancar
2. Ibu Kepala SMK Negeri Nusawungu
3. Bapak Nano Setiana,S.Pd
selaku Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.
4.
Bapak Parlasin selaku Pimpinan Bengkel Tata Motor Purwokerto.
5. Bapak, Ibu guru dan Karyawan
SMK Negeri Nusawungu.
6.
Pembaca yang budiman .
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan
karunianya, sehingga dapat menyelesaikan praktek kerja lapangan dan
menyelesaikan laporan. Hasil pratek kerja lapangan dapat berjalan sesuai dengan
program yang telah direncanakan.
Pada penyusunan ini penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar –
besarnya kepada semua pihak yang telah berperan dan membantu dalam
terselesainya penyusunan laporan ini, terutama yang terhormat penulis tunjukan
kepada :
1.
Ibu Navy
Hardiati Dian Mintarsih SPd, M.Pd (Selaku Kepala SMK Negeri Nusawungu).
2.
Bapak Parlasin selaku Pimpinan Bengkel Tata Motor
Purwokerto
3.
Bapak Sulasdi, S. Pd selaku Waka Humas DU / DI SMK Negeri Nusawungu
4.
Bapak Nano Setiana, S.Pd. (Selaku Kepala Program
Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri Nusawungu).
5.
Bapak, Novi
Griya Legita, S. Pd selaku guru pembimbing sekolah
6.
Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri Nusawungu
7.
Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung
maupun tidak langsung dalam pelaksanaan prakerin.
8.
Pembaca yang
budiman
Penyusun
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, demi
perbaikan dan kesempurnaan laporan ini penulis mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun. Akhirnya penulis do’a dan harapkan semoga ini memberi
manfaat bagi para pembaca dan perbaikan rem tromol.
Nusawungu, 11 September 2018
RAGIL SAPUTRO
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH.................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI.................................................... iii
LEMBAR PENGUJI....................................................................................... iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN............................................ v
KATA PENGANTAR..................................................................................... vi
DAFTAR ISI..................................................................................................... vii
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... viii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ix
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang................................................................................. 1
B.
Tujuan
Penyusunan Laporan............................................................ 1
C.
Alasan
Pemilihan Judul.................................................................... 2
D.
Faktor
Pendukung dan Penghambat................................................ 2
E.
Perumusan
Permasalah..................................................................... 3
BAB
II PELAKSANAAN PEKERJAAN
A.
Dasar
Teori....................................................................................... 4
B.
Persiapan
Kerja................................................................................ 6
C.
Keselamatan
Kerja .......................................................................... 6
D.
Peralatan
dan Bahan........................................................................ 7
E.
Langkah
Kerja.................................................................................. 8
F.
Pemeriksaan
dan Pengujian.............................................................. 21
G.
Hasil
Kerja....................................................................................... 21
BAB III ............................................................................................... PENUTUP
A.
Kesimpulan...................................................................................... 22
B.
Pengembangan
Produk.................................................................... 23
C.
Saran-Saran...................................................................................... 23
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 25
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Peralatan Service Berkala............................................................... 8
Gambar 2.2.. Pelepasan Kabel Masa .................................................................. 9
Gambar 2.3.. Pemeriksaan
Air Coolent............................................................... 9
Gambar 2.4.. Pemeriksaan
Brake Fluid............................................................... 10
Gambar 2.5.. Pemeriksaan
Ketinggian Elektrolit Baterai ................................... 11
Gambar 2.6.. Pemeriksaan
Berat Jenis Baterai ................................................... 12
Gambar 2.7.. Pemeriksaan
Volume Oli Power Steering ..................................... 12
Gambar 2.8.. Pengetapan
Oli .............................................................................. 13
Gambar 2.9.. Pelepasan
Filter Oli ....................................................................... 14
Gambar2.10. Pemeriksaan
Stik Oli ..................................................................... 15
Gambar2.11 Bagian Fuel Filter.......................................................................... 16
Gambar2.12 Blidingan Fuel Filter...................................................................... 16
Gambar2.13 Pelepasan Tromol........................................................................... 19
Gambar2.14. Filter
Udara ................................................................................... 20
....................
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1
Tabel Perawatan Berkala .................................................................... 5
Tabel 2.2
Tabel Alat ........................................................................................... 7
Tabel
2.3 Tabel Bahan......................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan zaman pada saat ini sudah
berkembang semakin pesat segala lini atau bidang kehidupan tidak terkecuali
bidang otomotif dari tahun ke tahun semakin menuju kearah kenyamanan dan selalu
berkembang ke arah kepuasan konsumen dari kota sampai pelosok desa sekarang sudah
menjadi kebutuhan pokok akan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat
sebagai sarana transpotasi. Hal ini di tengarai dengan semakin banyaknya
pembangunan pabrik produsen otomotif di tanah air, dan semakin banyaknya
pengguna kendaraan roda empat dengan berbagai jenis dan Merk. Kendaraan
tersebut ada yang bersifat pribadi dan umumnya di gunakan untuk mengangkut
barang dan penumpang. Mengingat fenomena tersebut, maka jasa perawatan,
pemeliharaan dan perbaikan pada
kendaraan terutama produk tata super ace menjadi prospek yang sangat
menjanjikan di masa depan.
Untuk itu siswa SMK Negeri Nusawungu diwajibkan untuk
mengikuti program pemerintah tentang pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang dilakukan oleh semua siswa SMK
Negeri Nusawungu atau pun selurus sekolah SMK yang ada. Praktek Kerja Lapangan (PKL)
merupakan latihan kerja yang langsung terjun ketempat kerja, sehingga
penulis dapat melaporkan pengalaman yang sudah penulis dapatkan.
B. Tujuan Penyusunan laporan
1.
Tujuan bagi siswa
a.
Meluaskan pandangan terhadap jenis-jenis kerja yang ada
di bidang yang bersangkutan.
b.
Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan
imajinasi serta dapat berorientasi dalam dunia kerja.
c.
Untuk memotifasi siswa agar berjiwa wirausaha.
d.
Sebagai bukti tertulis bahwa penyusun telah melaksanakan Pratek Kerja Lapangan (PKL).
e.
Sebagai pedoman dalam perawatan dan perbaikan engine
diesel tata super ace.
f.
Untuk Meningkatkan ketrampilan yang dimiliki siswa guna
menghadapi dunia kerja.
2.
Tujuan bagi sekolah
a.
Memenuhi Program kurikulum yang telah ditetapkan oleh
pemerintah.
b.
Untuk menjalin hubungan kerja sama antara sekolah
dengan dunia industri.
C. Alasan Pemilihan judul
Adapun alasan penyusun dalam memilih judul pada laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ialah sebagai berikut :
1.
Penyusun ingin menambah pengalaman serta pengetahuan
dalam bidang perawtan engine diesel.
2.
Perawatan Berkala 10.000 km sering dijumpai di tempat
pratek kerja lapangan
3.
Penyusun ingin mendalam tentang engine diesel tata
super ace baik komponen - komponennya
maupun fungsinya.
D. Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam
menyusun laporan prakerin banyak mengalami berbagai macam factor dan pendukung
dan penghambat, antara lain :
1.
Faktor pendukung
a.
Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup
b.
Suasana bengkel dan lingkungan yang kondusif
c.
Adanya pembimbing industri yang profesional.
2.
Faktor penghambat
a.
Kurangnya pengetahuan si penyusun tentang system
perbengkelan
b.
Kurangnya alat – alat yang mendukung dalam pekerjaan
sehingga hasilnya kurang maksimal.
c.
Waktu pelaksanaan pratek kerja lapangan yang terlalu sempit.
d.
Kurangnya buku refrensi tentang perawatan engine diesel
tata super ace.
E. Rumusan Permasalahan
Berdasarkan persoalan yang terdapat pada factor-faktor
penghambat dan pendukung tadi dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.
Apa Tujuan Perawatan berkala 10.000 km?
2.
Apa saja yang dilakukan dalam perawatan berkala 10.000
km ?
3.
Bagaimana cara dalam perawatan berkala 10.000 km ?
BAB II
PELAKSAAN PEKERJAAN
A. DASAR TEORI
Pekerjaan dibengkel khususnya di bengkel resmi
pastinya sama yaitu ingin memecahkan suatu masalah yang ada dan bisa
diselesaikan dengan baik dan benar. Suatu masalah yang ada pada penggunaan
mobilnya agar tetap terjaga perfoma mesinnya dan berfungsi dengan selayaknya.
Sebenamya sangat mudah dalam menjaga performa mesin pengguna mobil cukup
membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk melakukan Perawatan berkala secara
rutin.
Pada umumnya komponen mobil
ada masa pakainya misalnya oli harus diganti secara teratur. Pada mobil
terdapat banyak sekali komponen komponen yang sangat penting dan membutuhkan
perawatan dan penggantian komponen. Umumnya mobil sering mengalami kerusakan
yang fatal akibat tidak teratumya dalam melakukan perawatan berkala. Karena
pentingnya perawatan berkala pada mobil untuk menjaga performa mesin. Tujuan
dari perawatan berkala adalah:
a.
Performa mesin lebih baik dari sebelum dilakukanya service berkala
b.
Kendaraan lebih nyaman dan aman pada saat digunakan
c.
Mengurangi terjadinya masalah yang besar dikemudian
hari
d.
Umur kendaraan bertambah
e.
Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok
dipeljalanan
f.
Bagi kendaraan baru merupakan syarat mutlak untuk
mendapatkan claim warranty
Dalam melakukan perawatan berkala tentunnya harus
mengetahui apa saja yang haru dilakukan perawatan dan pergantian. Adapun urutan
perawatan berkala pada mobil TATA SUPER
ACE dapat dilihat pada tabel 2.1 :
|
No
|
Jadwal Perawatan
|
Frekuensi (km)
|
5.000
|
10.000
|
15.000
|
20.000
|
25.000
|
30.000
|
35.000
|
40.000
|
45.000
|
50.000
|
55.000
|
60.000
|
|
1
|
Kuras air pada mangkuk fuel filter
|
Setiap service
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Periksa & tambah cairan jika diperlukan : oli mesin, transmisi,
coolant, brake/clutch fluid, battery electrolyte, power steering oil
|
Setiap service
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ganti oli mesin dan oil filter (10.000km/1
tahun, mana yang tercapai lebih dalu) SAE 15W-40
|
10.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ganti fuel filter
|
10.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Periksa timing belt, setel jika perlu, ganti jika menemukan kerusakan
|
20.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ganti air filter
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ganti air pendingin di sistem pendingin (40.000/2 tahun, mana yang tercapai lebih dulu)
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ganti timing belt
|
100.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Ganti oli transmisi SAE 80W-90 API GL 4
|
80.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Ganti oli gardan SAE 85W-140 API GL 5
|
80.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
GANTI MINYAK POWE STEERING DAN ELEMEN OIL FILTER
|
75.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ganti minyak rem (40.000km/2 tahun
yang mana tercapailebih dulu)
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Rotasi Ban
|
10.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel
2.1 jadwal perawatan berkala
B. PERSIAPAN PEKERJAAN
Sebelum kita akan melakukan pekerjaan sebaiknya kita mempersiapkan terlebih
dahulu apa saja yang dibutuhkan agar pekerjaan berjalan dengan lancar
dan menambahkan hasil yang maksimal. Adapun persiapan kerja diantaranya
sebagai berikut :
1.
Datang tepat waktu
2.
Siapkan bahan dan peralatan sebelum melakukan perawatan
berkala 10.000 km
3.
Lakukan perawatan berkala secara baik dan benar
4.
Bersihkan alat dan bahan kerja, serta kembalikan alat pada tempatnya
semua
C. KESELAMATAN KERJA
Keselamatan
adalah salah satu hal yang paling penting dalam melakukan pekerjaan.
Keselamatan kerja yang perlu
diperhatikan dalam perawatan berkala
10.000 km adalah sebagai berikut :
1.
Berdo’a lah sebelum melakukan pekerjaan
2.
Memakai seragam kerja bersih dan rapi sesuai standar
keselamatan
3.
Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya
4.
Perhatikan
prosedur yang benar saat melakukan pekerjaan
5.
Meletakkan kembali peralatan kerja pada tempatnya masing-masing
6.
Bertanya kepada pembimbing jika mengalami kesulitan
dalam melakukan pekerjaan
7.
Konsentrasi dengan pekerjaan yang dilakukan
D. ALAT DAN BAHAN
Alat dan Bahan yang dibutuhkan dalam perawatan dan
perbaikan sistem
kopling hidrolik adalah :
l. Peralatan-peralatan yang di gunakan atau di butuhkhan ketika melakukan
perawatan Berkala 10.000 km terdapat pada Tabel 2. alat.
|
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
|
1
|
Kunci shock
|
General
|
1
|
Set
|
|
2
|
Tracker
|
General
|
1
|
Buah
|
|
3
|
Car lift
|
-
|
1
|
Unit
|
|
4
|
Kunci kombinasi
|
General
|
1
|
Set
|
|
5
|
SST pengetop
|
SST
|
3
|
Buah
|
|
6
|
Penahan pelepas poros nok
|
-
|
1
|
Buah
|
|
7
|
Penampung oli
|
-
|
1
|
Buah
|
|
8
|
Penampung solar
|
-
|
1
|
Buah
|
|
9
|
Kuas
|
-
|
1
|
Buah
|
|
10
|
Kompresor
|
-
|
1
|
Buah
|
Tabel 2.2 alat
2. Bahan – bahan
yang diperlukan pada saat perawatan berkala 10.000 km
yaitu terdapat pada tabel 2. Bahan
|
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
|
1
|
Oli mesin
|
15W-40
|
5
|
Liter
|
|
2
|
Fuel filter
|
-
|
2
|
Buah
|
|
3
|
Oil filter
|
-
|
1
|
Buah
|
|
4
|
Majun
|
25X25 cm
|
1
|
Lembar
|
|
5
|
Grease
|
-
|
Secukupnya
|
Buah
|
|
6
|
Amplas kasar
|
-
|
1
|
Lembar
|
Tabel 2.3 bahan
E. LANGKAH KERJA
l. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu sebelum
melakukan pekerjaan.
Letakan alat dan bahan di
nampan

Gambar 2.l Peralatan Service Berkala
2. Buka penutup baterai dan lepaskan kabel massa
Lepaskan kabel massa baterai untuk menghindari
konsleting saat
melakukan pekerjaan.

Gambar 2.2 Pelepasan kabel massa
3. Pemeriksaan dan Penambahan Cairan
a. Periksa air coolant
Periksa air coolant yang berada di pojok depan
bak,apakah berada ditengah tengah batas min dan max, periksa pula body radiator
yang berada di de'pan bumper apakah ada
kerusakan kebocoran atau tidak, jika
terdapat kebocoran terdapat
rembesan air yang berada disekitar body
bawah radiator.

Gambar 2.3 Pemeriksaan air coolant
b. Periksa brake
fluid

Gambar 2.4 Pemeriksaan brake fluid
1.
Periksalah apakah minyak rem kotor atau tidak, jika
kotor ganti
dengan minyak rem yang baru
2.
Periksa volume minyak rem. Jika volume kurang,
tambahkan minyak
rem sampai berada di batas min dan
max
c. Periksa Baterai
1.
Periksa kondisi kotak casing baterai apakah ada
keretakan atau tidak
2.
Periksa apakah tutup baierai tersumbat atau tidak. Jika
ada tersumbat
karena kotoran, siram tutup dengaan
air panas lalu sikat pelan pelan
dengan sikat baja.
3.
Periksa terminal baterai dari korosi, jika berkorosi
bersihkan dengan
sikat baja
4.
Periksa ketinggian elektrolit baterai, apabila berada
digaris min
tambahkan air suling sehingga tingginya
sampai digaris max

Gambar.2.5 Pemeriksaan ketinggian elektrolit baterai
5. Pemeriksaan masa jenis elektrolit, dengan cara:
a)
Buka tutup baterai
b)
Masukan hydrometer pada kedalam setiap sel baterai,
lalu pencet
ujung kepala hydrometer
c)
Lihat skala hydrometer
d)
Berat jenis standar adalah 1,26 — 1,29 kg /cm3

Gambar.2.6 Pemeriksaan berat jenis baterai
d. Pemeriksaan volume oli power steering
Periksa dan
pastikan pula oli power steering apakah berada di batas min dan max.

Gambar 2.7 Pemeriksaan volume oli power steering
4. Ganti oli dan filter oli
a. Ganti oli mesin
1)
Dongkrak mobil
2)
Bukajok sebelah kanan dan kiri dan kaitkan dengan tali
3)
Siapkan kunci ringl6mm dan penampung oli bekas
4)
Buka baut 16 dan tampung oli kedalam penampung oli
bekas sampai
Habis

Gambar.2.8 pengetapan oli
5)
Bersihkan baut
terutama bagian yang ada magnetnya dari kotoran
menggunakan majun
6)
Pasang kembali baut 16mm sampai kencang
b. Menggantian Oil Filter
l) Siapkan traker dan buka
filter oli

Gambar 2.9 pelepasan filter oli
2)
Siapkan filter oli baru, olesi bagian karet dengan oli
bekas untuk
membasahinya
3)
Pasang filter oli baru dengan tangan dan kencangkan
dengan amplas
kasar
4)
Turunkan mobil dan siapkan oli mesin Sliter
5)
Buka saluran pengisian dan isi oli sampai 5 liter
6)
Tutup kembali dan periksa stik oli pastikan berada
ditengah tengah
fuel-empty

Gambar 2.10 pemeriksaan stik oli
5. Ganti Fuel Filter
a.
Naikkan mobil sampai l jengkal dari kepala
b.
Siapkan penampung solar kunci kombinasi 19,10,8mm
c.
Lepaskan baut selang bahan bakar l9rnm dan temaptkan
lebih tinggi dari tanki bahan bakar agar tidak kelur. (gambar no. 01)
d.
Lepaskan baut 10mm, mangkuk solar dan filter solar.(kedua
mangkuk dan filter dilepas). (gambar no.02)
e.
Bersihkan mangkuk solar dengan solar lalu dengan air
bersih
f.
Semprot tengan air gun sampai kering
g.
Lepaskan 4 karet yang terpasang pada mangkuk dan baut
h.
Siapkan filter solar baru dan pasang karet pada mangkuk
dan baut
i.
Pasang baut 10mm filter solar dan mangkuk. (gambarn0.02)
j.
Pasang kembali baut selang bahan bakar 19mm. (gambar
n0.01)
k.
Siapkan kunci kombinasi 8mm
l.
Kendorkan baut 8mm jangan sampai lepas.(gambar no. 03)

Gambar 2.11 bagian fuel filter
m.
Bliding fuel filter sampai keluar solar tidak berbentuk
busa

Gambar 2.12 blidingan fuel filter
n.
Semprot daerah filter solar untuk mengeringkan dari sisa
solar
6. Rotasi Ban
Akibat
pemakaian mobil itu sendiri dan yang kedua karena disebabkan
oleh usia ban yang sudah melampaui
masa pakai ban. Disamping itu usia
ban juga
semakin pendek jika sering menerima pancaran langsung sinar matahari dalam
keadaan diam. Rotasi ban sebaiknya dilakukan rotasi ban meskipun sudah
dilakukan balanching dan spooring. Karena pengikisan/pengurangan kembang dan
tetap terjadi dan tidak sama rata. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan yang
tidak rata antara sebelah kanan atau kiri. Langkah untuk melakukan rotasi ban adalah:
a.
Rotasi sebaris antara ban depan kanan dengan ban depan
kiri dan ban
depan kiri dan ban belakang kanan
dengan ban belakang kiri
b.
Rotasi diagonal antara ban depan kanan dengan ban
belakang kiri dan ban depan kiri dengan ban belakang kanan
c.
Rottasi sebaris antara ban depan kanan dengan bandepan
kiri dan ban
belakang kanan dengan ban belakang
kiri
Dengan tiga kali rotasi maka semua
ban kendaraan sudsh pemah
menepati semua posisi baik posisi
depan maupun belakang.
7. Pemeriksaan rem
a.
Pemeriksaan dan perawatan rem
Pada mobil TATA Super ACE menggunakan 2 jenis rem yaitu
rem cakram pada roda depan dan rem
tromol tipe leading and trailing pada roda belakang. Untuk perawatan rem
dilakukan dengan cara berikut :
1) Perawatan rem cakram
Pemeriksaan dilakukan dengan
cara sebagai berikut :
a)
Kendorkan baut roda dengan kunci roda 18mm atau air
impact
b)
Naikkan carlifi setinggi satu jengkal tangan
c)
Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi
d)
Lepaskan roda
e)
Lepas baut 12mm pengikat caliper rem dengan menggunakan
kunci ring
f)
Angkat caliper dan Lepas pad rem
g)
Periksa ketebalan kampas rem. Gantilah kampas rem bila
ketebalan kurang am lmm
h)
Jika kampas masih tebal, bersihkan kampas dengan amplas
kasar
i)
Bersihkan piringan dengan amplas kasar
j)
Setelah diamplas, lalu semprot dengan air gun pada
kampas rem
cakram untuk membersihkan rem dari
kotoran dan debu
k)
Oleskan grease pada ujung dan begian belakang kampas
rem
l)
Periksa sleading apakah dapat bekerja dengan baik atau
tidak. J ika macet oleskan baut sleding dengan grease
m)
Pasang kembali kampas rem pada caliper lalu pasang baut
pengikat caliper
n)
Pasang kembali ban dan pasang kembali baut dan
kencangkan
2) Perawatan rem tromol
a)
Kendorkan baut roda dengan kunci roda 18mm atau air
impact
b)
Naikkan carlifl setinggi satu jengkal tangan
c)
Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi
d)
Lepaskan roda
e)
Turunkan tuas rem tangan
f)
Lepaskan tromol dengan cara digoyang goyangkan sambil
ditarik sampai keluar. Apabila tromol susah dilepaskan, masukan baut ukuran
12mm kelubang berulir yang terdapat ditromol. Putar baut dengan kunci ring 12mm
searah jarum jam sambil dipukul dengan palu sampai sehingga tromol tertarik
keluar

Gambar 2.13 pelepasan tromol
g)
Periksa kebocoran minyak rem pada silinder roda
h)
Periksa ketebalan kampas rem
i)
Bersihkan kampas rem dan bagian dalam tromol dengan
amplas
kasar
j)
Semprotkan air gun pada rem tromol
k)
Oleskan grease pada bagian backing plat yang
bersinggungan
dengan sepatu rem
l)
Pasang tromol kembali
m)
Lalu pasang kembali roda dan Akencangkan
3) Penyetelan rem tangan
a)
Lepaskan tromol
b)
Ambil obeng minus putar kearah atas gigi penyetel.
Biasanya
akan ada bunyi klik,hitung kira kira
3 sampai 5 bunyi klik.
c)
Pasang kembali tromol. Pastikan tromol mudah dipasang.
Apabila tromol susah dipasang ,
kurangi putaran gigi penyetel
dengan memutar berlawanan arah atau
putar kebawah sampai
tromol mudah dipasang.
d)
Pasang ban kembali
e)
Masuk ke kabin dan cek berapa bunyi klik pada tuas rem
tangan. Biasanya berbunyi 6 sampai 7 klik
f)
Kencangkan baut roda dengan kunci momen ukuran 8 kg
8. Pembersihan Filter
Udara
a.
Lepaskan saringan udara dari air filter box
b.
Bersihkan elemen saringan udara dari kotoran dengan
udara bertekanan
(Compresor)
c.
Bersihkan air filter box dengan silicone lalu ratakan
dengan majun
d.
Penggantian saringan udara dilakukan setiap 40.000km

Gambar 2.l4 filter udara
9. Pemeriksaan sistem kelistrikan
Periksa
seluruh rangkaian kelistrikan yang berada pada mobil. Pemeriksaan diantaranya
adalah pemeriksaan lampu kepala, lampu kota,
lampu tanda belok, lampu hazard dan juga lampu dim. Adapun rangkaian
kelistrikan lainnya diantarannya wiper dan washer periksa apakah semua
berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ditemui terdapat lampu atau
komponen lainnya tidak berfungsi lakukan perbaikan ataupun penggantian.
F. PEMERIKSAAN
DAN PENGUJIAN .
Periksa semua komponen mobil apakah sudah terpasang
semua atau belum. Jika sudah terpasang lalu lakukan pengujian.
Pengujian dilakukan dengan test drive kendaraan.
Lakukan dijalan raya dan pastikan jalan dan lalu lintas yang digunakan bebas
dari hambatan.
G. HASIL
KERJA
Berikut hasil kerja setelah melakukan service 10.000 km pada TATA SUPER ACE :
1.
Setelah dilakukan service 10.000 km maka mobil terasa nyaman dan
bertenaga
2.
Performa mobil lebih baik dari sebelum dilakukan perawatan berkala
3.
Mobil akan terasa mudah digunakan
4.
Umur komponen mobil bertambah
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan isi laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di atas penyusun menyimpulkan
bahwa setelah melaksanakan Praktek
Kerja Lapangan (PKL),
siswa merasa praktek kerja dilapangan sebagai sebuah pengalaman yang bermanfaat
untuk terjun ke masyarakat dan di dunia kerja, selain itu penyusun juga
menyimpulkan diantaranya:
1.
Praktek kerja industri sangatlah bermanfaat sebagai
pengenalan perserta didik dalam dunia usaha/industri
2.
Selama Praktek Kerja Lapangan (PKL) penyusun mendapatkan pengalaman dan
pengetahuan yang belum didapatkan disekolah
3.
Kondisi mesin kendaraan sangat ditentukan oleh adanya
perawatan berkala
4.
Performa mesin akan lebih baik setelah dilakukannya
perawatan berkala
5.
Perbedaan yang signifikan antara perawatan berkala mesin
diesel dan bensin
6.
Komponen yang harus mendapatkan serius diantaranya:
a. Perawatan filter udara
b. Perawatan filtter oli
c. Oli mesin
d. Dan, filter bahan bakar
7.
Hal yang perlu dilakukan dalam perawatan berkala 10.000 km TATA SUPER ACE, antara lain:
a. Pemeriksaan dan penambahan
cairan:
1.) Periksa air coolant
2.) Periksa brake fluid
3.) Periksa baterai
4.) Periksa volume power steering
b.
Ganti oli dan filter oli
c.
Rotasi ban
d.
Pemeriksaan baterai
e.
Pembersihan filter udara
f.
Pemeriksaan sistem kelistrikan
b.
Hasil pemeriksaan
Setelah dilakukan
pemeriksaan service berkala 10.000 Km. Masih sedikit komponen-komponen yang
perlu penggantian dan hanya beberapa yang perlu penggantian yaitu: filter oli,
filter solar, oli mesin. Dan yang perlu dibersihkan yaitu: filter udara, kampas
rem,terminal baterai. Dan ada juga komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan
yaitu: pemeriksaan kelistrikan,pemeriksaan baterai,pemeriksaan air
coolent,pemeriksaan volume pewer steering,pemeriksaan brake fluid. Itulah hasil
pemeriksaan service berkala 10.000 Km mobil TATA SUPER ACE.
B. PENGEMBANGAN PRODUK
Menurut pandangan penyusun dalam mengembangkan jasa
ataupun produk dalam suatu badan usaha itu perlu dilakukan demi kemajuan usaha
tersebut. Adapun saran pengembangan produk dari penyusun diantamnya adalah
pelayanan cepat dan maksimal agar konsumen merasa puas dan nyaman dalam
berkendara.
C. SARAN-SARAN
Dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini penyusun memberikan beberapa saran kepada
pihak-pihak yang telah membantu Praktek
Kerja Lapangan (PKL)
antara lain sebagai berikut :
1.
Untuk
Industri
a.
Penyusun berharap agar pembimbing industri lebih
memperhatikan dengan baik siswa-siswi yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan
(PKL)sehingga menambah pengalaman serta pengetahuan dan juga tidak segan untuk
menegur jika peserta Praktek Kelja Lapangan (PKL) mengalami kesalahan
b.
Lebih ditingkatkan pelayanan yang ramah, baik, sopan
dan lebih maksimal kepada konsumen yang memperbaiki kendaraannya.
c.
Penyusun berharap agar industri/bengkel bisa memberikan
kepercayaanya kepada siswa untuk melakukan pekerjaan di bawah bimbingan
pembimbing industri
d.
Tetap berkerjasama dengan baik antara sekolah dan
bengkel.
2. Untuk Sekolah
a.
Penyusun berharap agar pihak sekolah selalu menjaga
hubunan baik dengan industri yang telah bersedia memberikan tempat dan
kesempatan kepada sis'wa-siswi SMK Negeri Nusawungu untuk melaksanakan pkl dan
juga sebagai modal penting agar program Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat
berjalan sesuai harapan dan saling menguntungkan satu sama lain.
b.
Dalam pembefian tugas selama pkl sebaiknya lebih tertata
lagi agar siswa- siswi yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapngan (PKL)
dapat menyelesaikan tugas dari sekolah dengan maksimal.
c.
Penyusun berharap agar pembimbing dari sekolah sering
memonitoring kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
3. Untuk Siswa
a.
Menerapkan sikap bertanggung jawab dan disiplin.
b.
Siswa menjaga nama baik sekolah ketika di industri
maupun saat bersosialisasi sehari-hari dengan masyarakat sekitar.
c.
Siswa hendaknya bersikap aktif dalam industri guna
menambah wawasan dan pengetahuan pada saat PKL berlangsung
d.
Siswa diharapkan lebih inisiatif dalam menyelesaikan
suatu masalah
e.
Selalu mematuhi peraturan yang berlaku.
DAFTAR PUSTAKA
Manual book TATA SUPER ACE
http://yamatoikwan.blogspot.com diakses tanggal 02 September 2018
fachri, Service Berkala 20.000 KM , Laporan PKL 2017/2018
SMK N Nusawungu
Komentar
Posting Komentar