LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PERAWATAN BERKALA 10.000 KM ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE




LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN BERKALA 10.000 KM
ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE
DI BENGKEL TATA MOTOR PURWOKERTO
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu
Tahun Pelajaran 2018/2019
                                                                                             
Description: http://bursakerja-intikarya.com/images/130xNxpreview_html_1a120802.png.pagespeed.ic.CwpGPl2R35.jpg
Text Box: Disusun Oleh :
Nama     : RAGIL SAPUTRO
Tingkat    : XII TKR 3
NIS     : 3350
Program  Study Keahlian  : Teknik Otomotif 
Kompetensi  Keahlian   : Teknik Kendaraan Ringan

 
Description: Hasil gambar untuk LOGO JAWA TENGAH
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Jalan Perintis, Klumprit, Nusawungu, Cilacap Kode pos 53283 Telp. 085101500450
Surat Elektronik smkn_nswg@yahoo.co.id


HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH

          Laporan Pratek  Kerja Lapangan ( PKL ) ini telah di syahkan oleh guru pembimbing dan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada :

            Hari                 :
            Tanggal           :





Ketua Program Keahlian
Teknik Kendaraan Ringan




NANO SETIANA,S.Pd
NIP. 19611122 200701 1 002


Nusawungu, .....................2018
Disetujui,

Pembimbing Sekolah




            NOVI GRIYA LEGITA,  S. Pd
           NIP. -
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri Nusawungu


NAVY HARDIATI DIAN MINTARSIH S.Pd, M.Pd
  NIP. 19671212 199003 2 006



                                         



HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI
Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah disetujui oleh pembimbing industri di Bengkel TATA MOTOR PURWOKERTO pada:

            Hari                 :
            Tanggal           :







Mengetahui,
Kepala Bengkel




                 PARLASIN
Nusawungu, .....September 2018

Disetujui,
Pembimbing




PARLASIN


                                           





HALAMAN PENGUJIAN

            Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan Penguji Sekolah pada :
            Hari, tanggal   : Selasa, Rabu 18-19 September 2018
            Tempat            : SMK Negeri Nusawungu









Penguji I



NANO SETIANA.S.Pd
     NIP.196111222007011002
Nusawungu, .... September 2018

Penguji II



NOVI GRIYA LEGITA.S.P.d
      NIP. -






                                  

MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.      Kejujuran adalah kebijaksanaan yang baik
2.      Keberhasilan adalah tolak ukur untuk menjadi yang terbaik
3.      Waktu adalah Ilmu
4.      Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda
5.      Dimana ada kemauan di situ ada jalan

PERSEMBAHAN

1.      Kedua orang tua  yang  telah memberikan do’a dan dorongan semangat serta telah membiayai kami dalam menuntut  ilmu sehingga dapat berjalan dengan lancar
2.      Ibu Kepala SMK Negeri Nusawungu
3.      Bapak Nano Setiana,S.Pd selaku Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.
4.      Bapak Parlasin  selaku Pimpinan Bengkel Tata Motor Purwokerto.
5.      Bapak, Ibu guru dan Karyawan SMK Negeri Nusawungu.
6.      Pembaca yang budiman .









KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan karunianya, sehingga dapat menyelesaikan praktek kerja lapangan dan menyelesaikan laporan. Hasil pratek kerja lapangan dapat berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan.
Pada penyusunan ini penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah berperan dan membantu dalam terselesainya penyusunan laporan ini, terutama yang terhormat penulis tunjukan kepada :
1.      Ibu Navy Hardiati Dian Mintarsih SPd, M.Pd (Selaku Kepala SMK Negeri Nusawungu).
2.      Bapak Parlasin selaku Pimpinan Bengkel Tata Motor Purwokerto
3.      Bapak Sulasdi, S. Pd selaku Waka Humas DU  / DI SMK Negeri Nusawungu
4.      Bapak Nano Setiana, S.Pd. (Selaku Kepala Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri Nusawungu).
5.      Bapak, Novi Griya Legita, S. Pd selaku guru pembimbing sekolah
6.      Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri Nusawungu
7.      Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan prakerin.
8.      Pembaca yang budiman
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, demi perbaikan dan kesempurnaan laporan ini penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Akhirnya penulis do’a dan harapkan semoga ini memberi manfaat bagi para pembaca dan perbaikan rem tromol.

Nusawungu, 11 September  2018


      RAGIL SAPUTRO
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH....................................................      ii
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI....................................................     iii
LEMBAR PENGUJI.......................................................................................     iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN............................................      v
KATA PENGANTAR.....................................................................................     vi
DAFTAR ISI.....................................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................   viii
DAFTAR TABEL ...........................................................................................     ix

BAB  I    PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang.................................................................................      1
B.            Tujuan Penyusunan Laporan............................................................      1
C.            Alasan Pemilihan Judul....................................................................      2
D.           Faktor Pendukung dan Penghambat................................................      2
E.            Perumusan Permasalah.....................................................................      3
BAB  II PELAKSANAAN PEKERJAAN
A.           Dasar Teori.......................................................................................      4
B.            Persiapan Kerja................................................................................      6
C.            Keselamatan Kerja ..........................................................................      6
D.           Peralatan dan Bahan........................................................................      7
E.            Langkah Kerja..................................................................................      8
F.             Pemeriksaan dan Pengujian..............................................................    21
G.           Hasil Kerja.......................................................................................    21
BAB III ............................................................................................... PENUTUP
A.           Kesimpulan......................................................................................    22
B.            Pengembangan Produk....................................................................    23
C.            Saran-Saran......................................................................................    23
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................    25
DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1  Peralatan Service Berkala...............................................................      8
Gambar 2.2.. Pelepasan Kabel Masa ..................................................................      9
Gambar 2.3.. Pemeriksaan Air Coolent...............................................................      9
Gambar 2.4.. Pemeriksaan Brake Fluid...............................................................    10
Gambar 2.5.. Pemeriksaan Ketinggian Elektrolit Baterai ...................................    11
Gambar 2.6.. Pemeriksaan Berat Jenis Baterai ...................................................    12
Gambar 2.7.. Pemeriksaan Volume Oli Power Steering .....................................    12
Gambar 2.8.. Pengetapan Oli ..............................................................................    13
Gambar 2.9.. Pelepasan Filter Oli .......................................................................    14
Gambar2.10. Pemeriksaan Stik Oli .....................................................................    15
Gambar2.11 Bagian Fuel Filter..........................................................................    16
Gambar2.12 Blidingan Fuel Filter......................................................................    16
Gambar2.13 Pelepasan Tromol...........................................................................    19
Gambar2.14. Filter Udara ...................................................................................    20












....................


DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Tabel Perawatan Berkala ....................................................................      5
Tabel 2.2 Tabel Alat ...........................................................................................      7
Tabel 2.3 Tabel Bahan.........................................................................................      8

























BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Perkembangan zaman pada saat ini sudah berkembang semakin pesat segala lini atau bidang kehidupan tidak terkecuali bidang otomotif dari tahun ke tahun semakin menuju kearah kenyamanan dan selalu berkembang ke arah kepuasan konsumen dari kota sampai pelosok desa sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok akan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat sebagai sarana transpotasi. Hal ini di tengarai dengan semakin banyaknya pembangunan pabrik produsen otomotif di tanah air, dan semakin banyaknya pengguna kendaraan roda empat dengan berbagai jenis dan Merk. Kendaraan tersebut ada yang bersifat pribadi dan umumnya di gunakan untuk mengangkut barang dan penumpang. Mengingat fenomena tersebut, maka jasa perawatan, pemeliharaan dan perbaikan  pada kendaraan terutama produk tata super ace menjadi prospek yang sangat menjanjikan di masa depan.
Untuk itu siswa SMK Negeri Nusawungu diwajibkan untuk mengikuti program pemerintah tentang pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan  ( PKL ) yang dilakukan oleh semua siswa SMK Negeri Nusawungu atau pun selurus sekolah SMK yang ada. Praktek Kerja Lapangan (PKL)  merupakan latihan kerja yang langsung terjun ketempat kerja, sehingga penulis dapat melaporkan pengalaman yang sudah penulis dapatkan.

B.     Tujuan Penyusunan laporan
1.      Tujuan bagi siswa
a.       Meluaskan pandangan terhadap jenis-jenis kerja yang ada di bidang yang bersangkutan.
b.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan imajinasi serta dapat berorientasi dalam dunia kerja.
c.       Untuk memotifasi siswa agar berjiwa wirausaha.
d.      Sebagai bukti tertulis bahwa penyusun  telah melaksanakan Pratek Kerja Lapangan (PKL).
e.       Sebagai pedoman dalam perawatan dan perbaikan engine diesel tata super ace.
f.       Untuk Meningkatkan ketrampilan yang dimiliki siswa guna menghadapi dunia kerja.

2.      Tujuan bagi sekolah
a.       Memenuhi Program kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
b.      Untuk menjalin hubungan kerja sama antara sekolah dengan dunia industri.

C.    Alasan Pemilihan judul
Adapun alasan penyusun dalam memilih judul pada laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ialah sebagai berikut :
1.      Penyusun ingin menambah pengalaman serta pengetahuan dalam bidang perawtan engine diesel.
2.      Perawatan Berkala 10.000 km sering dijumpai di tempat pratek kerja lapangan
3.      Penyusun ingin mendalam tentang engine diesel tata super ace baik komponen -  komponennya maupun fungsinya.

D.    Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam menyusun laporan prakerin banyak mengalami berbagai macam factor dan pendukung dan penghambat, antara lain :
1.      Faktor pendukung
a.       Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup
b.      Suasana bengkel dan lingkungan yang kondusif 
c.       Adanya pembimbing industri yang profesional.
2.      Faktor penghambat
a.       Kurangnya pengetahuan si penyusun tentang system perbengkelan
b.      Kurangnya alat – alat yang mendukung dalam pekerjaan sehingga hasilnya kurang maksimal.
c.       Waktu pelaksanaan pratek kerja lapangan  yang terlalu sempit.
d.      Kurangnya buku refrensi tentang perawatan engine diesel tata super ace.

E.     Rumusan Permasalahan
Berdasarkan persoalan yang terdapat pada factor-faktor penghambat dan pendukung tadi dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apa Tujuan Perawatan berkala 10.000 km?
2.      Apa saja yang dilakukan dalam perawatan berkala 10.000 km ?
3.      Bagaimana cara dalam perawatan berkala 10.000 km ?

















BAB II
PELAKSAAN PEKERJAAN

A. DASAR TEORI
Pekerjaan dibengkel khususnya di bengkel resmi pastinya sama yaitu ingin memecahkan suatu masalah yang ada dan bisa diselesaikan dengan baik dan benar. Suatu masalah yang ada pada penggunaan mobilnya agar tetap terjaga perfoma mesinnya dan berfungsi dengan selayaknya. Sebenamya sangat mudah dalam menjaga performa mesin pengguna mobil cukup membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk melakukan Perawatan berkala secara rutin.
       Pada umumnya komponen mobil ada masa pakainya misalnya oli harus diganti secara teratur. Pada mobil terdapat banyak sekali komponen komponen yang sangat penting dan membutuhkan perawatan dan penggantian komponen. Umumnya mobil sering mengalami kerusakan yang fatal akibat tidak teratumya dalam melakukan perawatan berkala. Karena pentingnya perawatan berkala pada mobil untuk menjaga performa mesin. Tujuan dari perawatan berkala adalah:
a.       Performa mesin lebih baik dari sebelum dilakukanya service berkala
b.      Kendaraan lebih nyaman dan aman pada saat digunakan
c.       Mengurangi terjadinya masalah yang besar dikemudian hari
d.      Umur kendaraan bertambah
e.       Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok dipeljalanan
f.       Bagi kendaraan baru merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan claim warranty
Dalam melakukan perawatan berkala tentunnya harus mengetahui apa saja yang haru dilakukan perawatan dan pergantian. Adapun urutan perawatan berkala pada mobil TATA SUPER ACE dapat dilihat pada tabel 2.1 :




No
Jadwal Perawatan
Frekuensi (km)
5.000
10.000
15.000
20.000
25.000
30.000
35.000
40.000
45.000
50.000
55.000
60.000
1
Kuras air pada mangkuk fuel filter
Setiap service
2
Periksa & tambah cairan jika diperlukan : oli mesin, transmisi, coolant, brake/clutch fluid, battery electrolyte, power steering oil 
Setiap service
3
Ganti oli mesin dan oil filter (10.000km/1 tahun, mana yang tercapai lebih dalu) SAE 15W-40
10.000

4
Ganti fuel filter
10.000

5
Periksa timing belt, setel jika perlu, ganti jika menemukan kerusakan
20.000









6
Ganti air filter
40.000











7
Ganti air pendingin di sistem pendingin (40.000/2 tahun, mana yang tercapai lebih dulu)
40.000











8
Ganti timing belt
100.000












9
Ganti oli transmisi SAE 80W-90 API GL 4
80.000












10
Ganti oli gardan SAE 85W-140 API GL 5
80.000












11
GANTI MINYAK POWE STEERING DAN ELEMEN OIL FILTER
75.000












12
Ganti minyak rem (40.000km/2 tahun yang mana tercapailebih dulu)
40.000











13
Rotasi Ban
10.000



Tabel 2.1 jadwal perawatan berkala



B. PERSIAPAN PEKERJAAN
Sebelum kita akan melakukan pekerjaan sebaiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan agar pekerjaan berjalan dengan lancar
dan menambahkan hasil yang maksimal. Adapun persiapan kerja diantaranya sebagai berikut :
1.      Datang tepat waktu
2.      Siapkan bahan dan peralatan sebelum melakukan perawatan berkala 10.000 km
3.      Lakukan perawatan berkala secara baik dan benar
4.      Bersihkan alat dan bahan kerja, serta kembalikan alat pada tempatnya semua

C. KESELAMATAN KERJA
Keselamatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam melakukan pekerjaan. Keselamatan kerja yang perlu diperhatikan dalam perawatan berkala
10.000 km adalah sebagai berikut :
1.       Berdo’a lah sebelum melakukan pekerjaan
2.      Memakai seragam kerja bersih dan rapi sesuai standar keselamatan
3.      Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya
4.      Perhatikan prosedur yang benar saat melakukan pekerjaan
5.      Meletakkan kembali peralatan kerja pada tempatnya masing-masing
6.      Bertanya kepada pembimbing jika mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan
7.      Konsentrasi dengan pekerjaan yang dilakukan







D. ALAT DAN BAHAN
Alat dan Bahan yang dibutuhkan dalam perawatan dan perbaikan sistem
kopling hidrolik adalah :

l. Peralatan-peralatan yang di gunakan atau di butuhkhan ketika melakukan
perawatan Berkala 10.000 km terdapat pada Tabel 2. alat.
No
Nama Alat
Spesifikasi
Jumlah
Satuan
1
Kunci shock
General
1
Set
2
Tracker
General
1
Buah
3
Car lift
-
1
Unit
4
Kunci kombinasi
General
1
Set
5
SST pengetop
SST
3
Buah
6
Penahan pelepas poros nok
-
1
Buah
7
Penampung oli
-
1
Buah
8
Penampung solar
-
1
Buah
9
Kuas
-
1
Buah
10
Kompresor
-
1
Buah

Tabel 2.2 alat

2. Bahan – bahan yang diperlukan pada saat perawatan berkala 10.000 km
    yaitu terdapat pada tabel 2. Bahan
No
Nama Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Satuan
1
Oli mesin
15W-40
5
Liter
2
Fuel filter
-
2
Buah
3
Oil filter
-
1
Buah
4
Majun
25X25 cm
1
Lembar
5
Grease
-
Secukupnya
Buah
6
Amplas kasar
-
1
Lembar

Tabel 2.3 bahan

E. LANGKAH KERJA
l. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaan.
    Letakan alat dan bahan di nampan

Description: Hasil gambar untuk peralatan servis berkala mobil diesel
Gambar 2.l Peralatan Service Berkala
2. Buka penutup baterai dan lepaskan kabel massa
Lepaskan kabel massa baterai untuk menghindari konsleting saat
     melakukan pekerjaan.
Description: Gambar terkait

Gambar 2.2 Pelepasan kabel massa

3. Pemeriksaan dan Penambahan Cairan
    a. Periksa air coolant
Periksa air coolant yang berada di pojok depan bak,apakah berada ditengah tengah batas min dan max, periksa pula body radiator yang  berada di de'pan bumper apakah ada kerusakan kebocoran atau tidak, jika
                terdapat kebocoran terdapat rembesan air yang berada disekitar body
                bawah radiator.
Description: Hasil gambar untuk Pemeriksaan air coolant mesin diesel
Gambar 2.3 Pemeriksaan air coolant

b. Periksa brake fluid
Description: Hasil gambar untuk Pemeriksaan brake fluid
Gambar 2.4 Pemeriksaan brake fluid

1.      Periksalah apakah minyak rem kotor atau tidak, jika kotor ganti
dengan minyak rem yang baru
2.      Periksa volume minyak rem. Jika volume kurang, tambahkan minyak
rem sampai berada di batas min dan max

c. Periksa Baterai
1.      Periksa kondisi kotak casing baterai apakah ada keretakan atau tidak
2.      Periksa apakah tutup baierai tersumbat atau tidak. Jika ada tersumbat
karena kotoran, siram tutup dengaan air panas lalu sikat pelan pelan
dengan sikat baja.
3.      Periksa terminal baterai dari korosi, jika berkorosi bersihkan dengan
sikat baja
4.      Periksa ketinggian elektrolit baterai, apabila berada digaris min
tambahkan air suling sehingga tingginya sampai digaris max

Description: Gambar terkait

Gambar.2.5 Pemeriksaan ketinggian elektrolit baterai
5. Pemeriksaan masa jenis elektrolit, dengan cara:
a)      Buka tutup baterai
b)      Masukan hydrometer pada kedalam setiap sel baterai, lalu pencet
ujung kepala hydrometer
c)      Lihat skala hydrometer
d)     Berat jenis standar adalah 1,26 — 1,29 kg /cm3

Description: Hasil gambar untuk Pemeriksaan ketinggian elektrolit baterai

Gambar.2.6 Pemeriksaan berat jenis baterai

d. Pemeriksaan volume oli power steering
   Periksa dan pastikan pula oli power steering apakah berada di batas min dan max.

Description: Hasil gambar untuk Pemeriksaan volume oli power steering

Gambar 2.7 Pemeriksaan volume oli power steering
4. Ganti oli dan filter oli
    a. Ganti oli mesin
1)      Dongkrak mobil
2)      Bukajok sebelah kanan dan kiri dan kaitkan dengan tali
3)      Siapkan kunci ringl6mm dan penampung oli bekas
4)      Buka baut 16 dan tampung oli kedalam penampung oli bekas sampai
Habis
Description: Hasil gambar untuk pengetapan oli mobil

Gambar.2.8 pengetapan oli

5)       Bersihkan baut terutama bagian yang ada magnetnya dari kotoran
menggunakan majun
6)      Pasang kembali baut 16mm sampai kencang

b. Menggantian Oil Filter
     l) Siapkan traker dan buka filter oli
Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\20180828_093214.jpg

Gambar 2.9 pelepasan filter oli

2)      Siapkan filter oli baru, olesi bagian karet dengan oli bekas untuk
membasahinya
3)      Pasang filter oli baru dengan tangan dan kencangkan dengan amplas
kasar
4)      Turunkan mobil dan siapkan oli mesin Sliter
5)      Buka saluran pengisian dan isi oli sampai 5 liter
6)      Tutup kembali dan periksa stik oli pastikan berada ditengah tengah
fuel-empty

Description: Hasil gambar untuk pemeriksaan stik oli mesin diesel

Gambar 2.10 pemeriksaan stik oli

      5. Ganti Fuel Filter
a.       Naikkan mobil sampai l jengkal dari kepala
b.      Siapkan penampung solar kunci kombinasi 19,10,8mm
c.       Lepaskan baut selang bahan bakar l9rnm dan temaptkan lebih tinggi dari tanki bahan bakar agar tidak kelur. (gambar no. 01)
d.      Lepaskan baut 10mm, mangkuk solar dan filter solar.(kedua mangkuk dan filter dilepas). (gambar no.02)
e.       Bersihkan mangkuk solar dengan solar lalu dengan air bersih
f.       Semprot tengan air gun sampai kering
g.      Lepaskan 4 karet yang terpasang pada mangkuk dan baut
h.      Siapkan filter solar baru dan pasang karet pada mangkuk dan baut
i.        Pasang baut 10mm filter solar dan mangkuk. (gambarn0.02)
j.        Pasang kembali baut selang bahan bakar 19mm. (gambar n0.01)
k.      Siapkan kunci kombinasi 8mm
l.        Kendorkan baut 8mm jangan sampai lepas.(gambar no. 03)
Description: Hasil gambar untuk bagian fuel filter pada diesel
Gambar 2.11 bagian fuel filter

m.    Bliding fuel filter sampai keluar solar tidak berbentuk busa
Description: Hasil gambar untuk bleeding fuel filter

Gambar 2.12 blidingan fuel filter
n.      Semprot daerah filter solar untuk mengeringkan dari sisa solar


6.  Rotasi Ban
    Akibat pemakaian mobil itu sendiri dan yang kedua karena disebabkan   
         oleh usia ban yang sudah melampaui masa pakai ban. Disamping itu usia   
         ban juga semakin pendek jika sering menerima pancaran langsung sinar matahari dalam keadaan diam. Rotasi ban sebaiknya dilakukan rotasi ban meskipun sudah dilakukan balanching dan spooring. Karena pengikisan/pengurangan kembang dan tetap terjadi dan tidak sama rata. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan yang tidak rata antara sebelah kanan atau kiri. Langkah untuk melakukan rotasi ban adalah:
a.       Rotasi sebaris antara ban depan kanan dengan ban depan kiri dan ban
depan kiri dan ban belakang kanan dengan ban belakang kiri
b.      Rotasi diagonal antara ban depan kanan dengan ban belakang kiri dan ban depan kiri dengan ban belakang kanan
c.       Rottasi sebaris antara ban depan kanan dengan bandepan kiri dan ban
belakang kanan dengan ban belakang kiri
Dengan tiga kali rotasi maka semua ban kendaraan sudsh pemah
menepati semua posisi baik posisi depan maupun belakang.

     7. Pemeriksaan rem
a.       Pemeriksaan dan perawatan rem
Pada mobil TATA Super ACE menggunakan 2 jenis rem yaitu rem   cakram pada roda depan dan rem tromol tipe leading and trailing pada roda belakang. Untuk perawatan rem dilakukan dengan cara berikut :
1) Perawatan rem cakram
     Pemeriksaan dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a)      Kendorkan baut roda dengan kunci roda 18mm atau air impact
b)      Naikkan carlifi setinggi satu jengkal tangan
c)      Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi
d)     Lepaskan roda
e)      Lepas baut 12mm pengikat caliper rem dengan menggunakan
kunci ring
f)       Angkat caliper dan Lepas pad rem
g)      Periksa ketebalan kampas rem. Gantilah kampas rem bila
ketebalan kurang am lmm
h)      Jika kampas masih tebal, bersihkan kampas dengan amplas kasar
i)        Bersihkan piringan dengan amplas kasar
j)        Setelah diamplas, lalu semprot dengan air gun pada kampas rem
cakram untuk membersihkan rem dari kotoran dan debu
k)      Oleskan grease pada ujung dan begian belakang kampas rem
l)        Periksa sleading apakah dapat bekerja dengan baik atau tidak. J ika macet oleskan baut sleding dengan grease
m)    Pasang kembali kampas rem pada caliper lalu pasang baut
pengikat caliper
n)      Pasang kembali ban dan pasang kembali baut dan kencangkan
     2)  Perawatan rem tromol
a)      Kendorkan baut roda dengan kunci roda 18mm atau air impact
b)      Naikkan carlifl setinggi satu jengkal tangan
c)      Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi
d)     Lepaskan roda
e)      Turunkan tuas rem tangan
f)       Lepaskan tromol dengan cara digoyang goyangkan sambil ditarik sampai keluar. Apabila tromol susah dilepaskan, masukan baut ukuran 12mm kelubang berulir yang terdapat ditromol. Putar baut dengan kunci ring 12mm searah jarum jam sambil dipukul dengan palu sampai sehingga tromol tertarik keluar

Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\20180828_093351.jpg

Gambar 2.13 pelepasan tromol

g)      Periksa kebocoran minyak rem pada silinder roda
h)      Periksa ketebalan kampas rem
i)        Bersihkan kampas rem dan bagian dalam tromol dengan amplas
kasar
j)        Semprotkan air gun pada rem tromol
k)      Oleskan grease pada bagian backing plat yang bersinggungan
dengan sepatu rem
l)        Pasang tromol kembali
m)    Lalu pasang kembali roda dan Akencangkan

3) Penyetelan rem tangan
a)      Lepaskan tromol
b)      Ambil obeng minus putar kearah atas gigi penyetel. Biasanya
akan ada bunyi klik,hitung kira kira 3 sampai 5 bunyi klik.
c)      Pasang kembali tromol. Pastikan tromol mudah dipasang.
Apabila tromol susah dipasang , kurangi putaran gigi penyetel
dengan memutar berlawanan arah atau putar kebawah sampai
tromol mudah dipasang.
d)     Pasang ban kembali
e)      Masuk ke kabin dan cek berapa bunyi klik pada tuas rem tangan. Biasanya berbunyi 6 sampai 7 klik
f)       Kencangkan baut roda dengan kunci momen ukuran 8 kg

8. Pembersihan Filter Udara
a.         Lepaskan saringan udara dari air filter box
b.        Bersihkan elemen saringan udara dari kotoran dengan udara bertekanan
(Compresor)
c.       Bersihkan air filter box dengan silicone lalu ratakan dengan majun
d.      Penggantian saringan udara dilakukan setiap 40.000km
Description: C:\Users\ACER\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\20180828_093537.jpg

Gambar 2.l4 filter udara

9.   Pemeriksaan sistem kelistrikan
     Periksa seluruh rangkaian kelistrikan yang berada pada mobil. Pemeriksaan diantaranya adalah pemeriksaan lampu kepala, lampu kota,
lampu tanda belok, lampu hazard dan juga lampu dim. Adapun rangkaian
kelistrikan lainnya diantarannya wiper dan washer periksa apakah semua
berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ditemui terdapat lampu atau komponen lainnya tidak berfungsi lakukan perbaikan ataupun penggantian.


F.  PEMERIKSAAN DAN PENGUJIAN .
Periksa semua komponen mobil apakah sudah terpasang semua atau belum. Jika sudah terpasang lalu lakukan pengujian.
Pengujian dilakukan dengan test drive kendaraan. Lakukan dijalan raya dan pastikan jalan dan lalu lintas yang digunakan bebas dari hambatan.

G.  HASIL KERJA
Berikut hasil kerja setelah melakukan service 10.000 km pada TATA SUPER ACE :
1.      Setelah dilakukan service 10.000 km maka mobil terasa nyaman dan
bertenaga
2.      Performa mobil lebih baik dari sebelum dilakukan perawatan berkala
3.      Mobil akan terasa mudah digunakan
4.      Umur komponen mobil bertambah












BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Berdasarkan isi laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di atas penyusun menyimpulkan bahwa setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), siswa merasa praktek kerja dilapangan sebagai sebuah pengalaman yang bermanfaat untuk terjun ke masyarakat dan di dunia kerja, selain itu penyusun juga menyimpulkan diantaranya:
1.      Praktek kerja industri sangatlah bermanfaat sebagai pengenalan perserta didik dalam dunia usaha/industri
2.      Selama Praktek Kerja Lapangan (PKL) penyusun mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang belum didapatkan disekolah
3.      Kondisi mesin kendaraan sangat ditentukan oleh adanya perawatan berkala
4.      Performa mesin akan lebih baik setelah dilakukannya perawatan berkala
5.      Perbedaan yang signifikan antara perawatan berkala mesin diesel dan bensin
6.      Komponen yang harus mendapatkan serius diantaranya:
a. Perawatan filter udara
b. Perawatan filtter oli
c. Oli mesin
d. Dan, filter bahan bakar
7.      Hal yang perlu dilakukan dalam perawatan berkala 10.000 km TATA SUPER ACE, antara lain:
a.  Pemeriksaan dan penambahan cairan:
1.) Periksa air coolant
2.) Periksa brake fluid
3.) Periksa baterai
4.) Periksa volume power steering


b.    Ganti oli dan filter oli
c.    Rotasi ban
d.   Pemeriksaan baterai
e.    Pembersihan filter udara
f.     Pemeriksaan sistem kelistrikan
b.      Hasil pemeriksaan
Setelah dilakukan pemeriksaan service berkala 10.000 Km. Masih sedikit komponen-komponen yang perlu penggantian dan hanya beberapa yang perlu penggantian yaitu: filter oli, filter solar, oli mesin. Dan yang perlu dibersihkan yaitu: filter udara, kampas rem,terminal baterai. Dan ada juga komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan yaitu: pemeriksaan kelistrikan,pemeriksaan baterai,pemeriksaan air coolent,pemeriksaan volume pewer steering,pemeriksaan brake fluid. Itulah hasil pemeriksaan service berkala 10.000 Km mobil TATA SUPER ACE.
B.       PENGEMBANGAN PRODUK
Menurut pandangan penyusun dalam mengembangkan jasa ataupun produk dalam suatu badan usaha itu perlu dilakukan demi kemajuan usaha tersebut. Adapun saran pengembangan produk dari penyusun diantamnya adalah pelayanan cepat dan maksimal agar konsumen merasa puas dan nyaman dalam berkendara.

C.      SARAN-SARAN
Dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini penyusun memberikan beberapa saran kepada pihak-pihak yang telah membantu Praktek Kerja Lapangan (PKL) antara lain sebagai berikut :
1.         Untuk Industri
a.       Penyusun berharap agar pembimbing industri lebih memperhatikan dengan baik siswa-siswi yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)sehingga menambah pengalaman serta pengetahuan dan juga tidak segan untuk menegur jika peserta Praktek Kelja Lapangan (PKL) mengalami kesalahan
b.      Lebih ditingkatkan pelayanan yang ramah, baik, sopan dan lebih maksimal kepada konsumen yang memperbaiki kendaraannya.
c.       Penyusun berharap agar industri/bengkel bisa memberikan kepercayaanya kepada siswa untuk melakukan pekerjaan di bawah bimbingan pembimbing industri
d.      Tetap berkerjasama dengan baik antara sekolah dan bengkel.


2.      Untuk Sekolah
a.       Penyusun berharap agar pihak sekolah selalu menjaga hubunan baik dengan industri yang telah bersedia memberikan tempat dan kesempatan kepada sis'wa-siswi SMK Negeri Nusawungu untuk melaksanakan pkl dan juga sebagai modal penting agar program Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat berjalan sesuai harapan dan saling menguntungkan satu sama lain.
b.      Dalam pembefian tugas selama pkl sebaiknya lebih tertata lagi agar siswa- siswi yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapngan (PKL) dapat menyelesaikan tugas dari sekolah dengan maksimal.
c.       Penyusun berharap agar pembimbing dari sekolah sering memonitoring kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

3.      Untuk Siswa
a.       Menerapkan sikap bertanggung jawab dan disiplin.
b.      Siswa menjaga nama baik sekolah ketika di industri maupun saat bersosialisasi sehari-hari dengan masyarakat sekitar.
c.       Siswa hendaknya bersikap aktif dalam industri guna menambah wawasan dan pengetahuan pada saat PKL berlangsung
d.      Siswa diharapkan lebih inisiatif dalam menyelesaikan suatu masalah
e.       Selalu mematuhi peraturan yang berlaku.
DAFTAR PUSTAKA

Manual book TATA SUPER ACE
http://yamatoikwan.blogspot.com diakses tanggal 02 September 2018
fachri,  Service Berkala 20.000 KM , Laporan PKL 2017/2018 SMK N Nusawungu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Prakerin Service Berkala 20.000 KM

LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K