Laporan Prakerin Service Berkala 20.000 KM
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
SERVIS BERKALA 20.000 KM
TATA
SUPER ACE DIESEL DIBENGKEL TATA MOTOR PURWOKERTO
Diajukan
Untuk Memenuhi Syarat
Ujian
Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu
Tahun
Pelajaran 2018/2019


PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Jl. Perintis-Klumprit-NusawunguTelp.
/ fax (0282) 5500450
Email
:smkn_nswg@yahoo.co.id KodePos 53283
2018
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan Pratek Kerja Lapangan ( PKL ) ini telah di syahkan
oleh guru pembimbing dan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada :
Hari :
Tanggal :
|
Ketua Program Keahlian
Teknik Kendaraan Ringan
NANO SETIANA,S.Pd
NIP. 19611122 200701 1 002
|
Nusawungu,
.....................2018
Disetujui,
Pembimbing Sekolah
NOVI GRIYA LEGITA
|
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri Nusawungu
NAVY
HARDIATI DIAN MITARSIH,M.Pd
NIP.
19671212 199003 2 006
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI
Laporan PKL ini telah
disetujui oleh pembimbing industri di Bengkel TATA MOTORS Purwokerto pada:
Hari :
Tanggal :
|
Mengetahui,
Kepala Bengkel Tata Motor
Purwokerto
PARLASIN
|
Nusawungu, ......Agustus
2018
Disetujui,
Pembimbing Industri
PARLASIN
|
|
|
HALAMAN PENGUJIAN
Laporan
PKL ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan Penguji Sekolah pada :
Hari,
tanggal :
Tempat :
|
Penguji I
NOVI GRIYA LEGITA
|
Nusawungu,
.... Agustus 2018
Penguji
II
NANO SETIANA S.Pd
|
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
- Setiap Usaha harus di landasi dengan do’a dan pengharapan
- Tekun dan giat dalam melakukan suatu kegiatan
- Jadilah dirimu sendiri karena itu lebih baik bagimu
- Perbaharuilah diri anda dan jadikan hidup lebih berfariasi ke arah yang positip.
- Kedisplinan akan membawa kita ke arah lebih baik.
- Gunakan masa depanmu sebelum datang masa tuamu dengan hal – hal yang berguna bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain.
- Tak ada rahasia tuk menggapai kesuksesan, karena kesuksesan itu dapat di raih jika ada persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan
- Kesuksesan berawal dari kemauan yang kuat
- Janganlah menunda-nunda sesuatu yang semestinya bisa kita kerjakan sekarang
PERSEMBAHAN
1. Kedua orang tua yang telah memberikan do’a dan dorongan semangat serta
telah membiayai kami dalam menuntut ilmu
sehingga dapat berjalan dengan lancar
2. Ibu Navy Hardiati Dian
Mintarsih,S.Pd,M.Pd selaku Kepala SMK Negeri Nusawungu
3. Bapak Nano Setiana,S.Pd
selaku Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.
4.
Bapak Parlasin selaku Pimpinan Bengkel Tata Motor Purwokerto.
5. Bapak, Ibu guru dan Karyawan
SMK Negeri Nusawungu.
6.
Pembaca yang budiman .
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan
karunianya, sehingga dapat menyelesaikan praktek kerja lapangan dan menyelesaikan
laporan. Hasil pratek kerja lapangan dapat berjalan sesuai dengan program yang
telah direncanakan.
Pada penyusunan ini penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar –
besarnya kepada semua pihak yang telah berperan dan membantu dalam terselesainya
penyusunan laporan ini, terutama yang terhormat penulis tunjukan kepada :
1.
Ibu Navy Hardiati Dian Mintarsih (Selaku Kepala SMK
Negeri Nusawungu).
2.
Bapak Parlasin selaku Pimpinan Bengkel Tata Motor
Purwokerto
3.
Bapak Sulasdi, S.Pd selaku Waka Humas DU / DI SMK Negeri Nusawungu
4.
Bapak Nano Setiana, S.Pd. (Selaku Kepala Program
Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri Nusawungu).
5.
Ibu Mutika Istiani, S.Pd. (Selaku Pokja Prakerin).
6.
Bapak Novi Griya Legita, S. Pd selaku guru pembimbing
sekolah
7.
Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri Nusawungu
8.
Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung
maupun tidak langsung dalam pelaksanaan prakerin.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh
karena itu, demi perbaikan dan kesempurnaan laporan ini penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun. Akhirnya penulis do’a dan harapkan
semoga ini memberi manfaat bagi para pembaca dan perbaikan rem tromol.
Nusawungu, Agustus 2018
EKO FEBRIANTO
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................. I
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH............................................. II
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI............................................. III
HALAMAN PENGUJIAN....................................................................... IV
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN..................................... V
KATA PENGANTAR.............................................................................. VI
DAFTAR ISI.............................................................................................. VIII
DAFTAR
GAMBAR................................................................................ IX
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang........................................................................................ 1
B.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan(PKL).................................................... 2
C.
Tujuan Pembuatan Laporan Praktek kerja lapangan............................... 2
D.
Alasan Pemilihan Judul........................................................................... 3
E.
Rumusan Permasalahan........................................................................... 3
BAB II PELAKSANAAN PEKERJAAN
A.
Dasar Teori.............................................................................................. 4
B.
Persiapan Kerja........................................................................................ 8
C.
Keselamatan Kerja.................................................................................. 8
D.
Alat dan Bahan....................................................................................... 9
E.
Langkah Kerja......................................................................................... 9
F.
Pengujian Dan Pemeriksaan..................................................................... 11
G.
Hasil Kerja.............................................................................................. 22
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................................ 23
B.
Pengembangan Produk............................................................................ 24
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 25
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan zaman pada saat ini sudah berkembang semakin pesat segala
lini atau bidang kehidupan tidak terkecuali bidang otomotif dari tahun ke tahun
semakin menuju kearah kenyamanan dan selalu berkembang ke arah kepuasan
konsumen dari kota sampai pelosok desa sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok
akan kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat sebagai sarana
transpotasi. Hal ini di tengarai dengan semakin banyaknya pembangunan pabrik
produsen otomotif di tanah air, dan semakin banyaknya pengguna kendaraan roda
empat dengan berbagai jenis dan Merk. Kendaraan tersebut ada yang bersifat
pribadi dan umumnya di gunakan untuk mengangkut barang dan penumpang. Mengingat
fenomena tersebut, maka jasa perawatan, pemeliharaan dan perbaikan pada kendaraan terutama produk tata super ace
menjadi prospek yang sangat menjanjikan di masa depan.
Untuk itu siswa SMK Negeri Nusawungu
diwajibkan untuk mengikuti program pemerintah tentang pelaksanaan kegiatan
praktek kerja lapangan ( PKL ) yang
dilakukan oleh semua siswa SMK Negeri Nusawungu atau pun selurus sekolah SMK
yang ada. PKL merupakan
latihan kerja yang langsung terjun ketempat kerja, sehingga penulis dapat
melaporkan pengalaman yang sudah penulis dapatkan.
Servis
berkala merupakanhal yang harus dilakukan secra rutin untuk menjaga kesetabilan kendaraan atau kenyamanan
kendaraan. Servis dilakukan
disetiap 10.000km,20.000km,30.000km,40.000km,50.000km dan seterusnya untuk menjaga kenyamanan kendaraan. Oleh
karna itu penyusun memilih
judul laporan PKL ''PERAWATAN DAN PERBAIKAN
SERVIS 20.000KM' MOBIL TATA SUPER ACE'' Dibengkel
Tata Motor Purwokerto.
B.
Tujuan
Penyusunan laporan
1. Tujuan
bagi siswa
a. Meluaskan
pandangan terhadap jenis-jenis kerja yang ada di bidang yang bersangkutan.
b. Untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan imajinasi serta dapat
berorientasi dalam dunia kerja.
c. Untuk
memotifasi siswa agar berjiwa wirausaha.
d. Sebagai
bukti tertulis bahwa penyusun telah
melaksanakan pratek kerja lapangan.
e. Sebagai
pedoman dalam perawatan dan perbaikan engine diesel tata super ace.
f. Untuk
Meningkatkan ketrampilan yang dimiliki siswa guna menghadapi dunia kerja.
2. Tujuan
bagi sekolah
a. Memenuhi
Program kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
b. Untuk
menjalin hubungan kerja sama antara sekolah dengan dunia industry.
C.
Alasan
Pemilihan judul
Adapun alasan penyusun dalam memilih
judul pada laporan prakerin ialah sebagai berikut :
1. Penyusun
ingin menambah pengalaman serta pengetahuan dalam bidang perawtan engine diesel.
2. Perawatan
Berkala 20.000 km sering dijumpai di tempat pratek kerja lapangan
3. Penyusun
ingin mendalam tentang engine diesel tata super ace baik komponen - komponennya maupun fungsinya.
D.
Faktor
Pendukung dan Penghambat
Dalam
menyusun laporan prakerin banyak mengalami berbagai macam factor dan pendukung
dan penghambat, antara lain :
1. Faktor
pendukung
a. Tersedianya
sarana dan prasarana yang cukup
b. Suasana
bengkel dan lingkungan yang kondusif
c. Adanya
pembimbing industri yang profesional.
2. Faktor
penghambat
a. Kurangnya
pengetahuan si penyusun tentang system perbengkelan
b. Kurangnya
alat – alat yang mendukung dalam pekerjaan sehingga hasilnya kurang maksimal.
c. Waktu
pelaksanaan pratek kerja lapangan yang
terlalu sempit.
d. Kurangnya
buku refrensi tentang perawatan engine diesel tata super ace.
E.
Rumusan
Permasalahan
Berdasarkan persoalan yang terdapat pada
factor-faktor penghambat dan pendukung tadi dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Apa
Tujuan Perawatan berkala 20.000 km ?
2. Apa
saja yang dilakukan dalam perawatan berkala 20.000 km ?
3. Bagaimana
cara dalam perawatan berkala 20.000 km ?
BAB
II
PELAKSAAN
PEKERJAAN
A. DASAR TEORI
Pekerjaan dibengkel khususnya di bengkel
resmi pastinya sama yaitu ingin memecahkan suatu masalah yang ada dan bisa
diselesaikan dengan baik dan benar. Suatu masalah yang ada pada penggunaan
mobilnya agar tetap terjaga perfoma mesinnya dan berfungsi dengan selayaknya.
Sebenamya sangat mudah dalam menjaga performa mesin pengguna mobil cukup
membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk melakukan Perawatan berkala secara
rutin.
Pada umumnya komponen mobil ada masa
pakainya misalnya oli harus diganti secara teratur. Pada mobil terdapat banyak
sekali komponen komponen yang sangat penting dan membutuhkan perawatan dan penggantian
komponen. Umumnya mobil sering mengalami kerusakan yang fatal akibat tidak
teratumya dalam melakukan perawatan berkala. Karena pentingnya perawatan
berkala pada mobil untuk menjaga performa mesin. Tujuan dari perawatan berkala
adalah:
a. Performa
mesin lebih baik dari sebelum dilakukanya service berkala
b. Kendaraan
lebih nyaman dan aman pada saat digunakan
c. Mengurangi
terjadinya masalah yang besar dikemudian hari
d. Umur
kendaraan bertambah
e. Mengurangi
resiko kendaraan tiba-tiba mogok dipeljalanan
f. Bagi
kendaraan baru merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan claim warranty
Dalam melakukan perawatan berkala tentunnya
harus mengetahui apa saja yang haru dilakukan perawatan dan pergantian. Adapun
urutan perawatan berkala pada mobil TATA Super ACE dapat dilihat pada tabel 1:
|
No
|
Jadwal Perawatan
|
Frekuensi (km)
|
5.000
|
10.000
|
15.000
|
20.000
|
25.000
|
30.000
|
35.000
|
40.000
|
45.000
|
50.000
|
55.000
|
60.000
|
|
1
|
Kuras air pada
mangkuk fuel filter
|
Setiap service
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Periksa & tambah
cairan jika diperlukan : oli mesin, transmisi, coolant, brake/clutch fluid,
battery electrolyte, power steering oil
|
Setiap service
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ganti oli mesin dan
oil filter (10.000km/1 tahun, mana
yang tercapai lebih dalu) SAE 15W-40
|
10.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ganti fuel filter
|
10.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Periksa timing belt,
setel jika perlu, ganti jika menemukan kerusakan
|
20.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ganti air filter
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ganti air pendingin
di sistem pendingin (40.000/2 tahun,
mana yang tercapai lebih dulu)
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ganti timing belt
|
100.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Ganti oli transmisi
SAE 80W-90 API GL 4
|
80.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Ganti oli gardan SAE
85W-140 API GL 5
|
80.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
GANTI MINYAK POWE
STEERING DAN ELEMEN OIL FILTER
|
75.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ganti minyak rem (40.000km/2 tahun yang mana tercapailebih
dulu)
|
40.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Rotasi Ban
|
10.000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel 1.1 jadwal
perawatan berkala
B.
PERSIAPAN PEKERJAAN
Sebelum kita akan melakukan pekeljaan
sebaiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan agar
pekerjaan berjalan dengan lancar
dan
menambahkan hasil yang maksimal. Adapun persiapan kerja diantaranya sebagai
berikut :
1. Datang
tepat waktu
2. Siapkan
bahan dan peralatan sebelum melakukan perawatan berkala 20.000 km
3. Lakukan
perawatan berkala secara baik dan benar
4. Bersihkan
alat dan bahan kexja, serta kembalikan alat pada tempatnya semua
C.
KESELAMATAN KERJA
Keselarnatan adalah salah satu hal yang
paling penting dalam melakukan pekerjaan. Keselamatan kenja yang perlu diperhatikan
dalam perawatan berkala
20.000
km adalah sebagai berikut :
1. l.
Berdo’alah sebelum melakukan pekerjaan
2. Memakai
seragam kerja bersih dan rapi sesuai standar keselamatan
3. Menggunakan
alat dan bahan sesuai dengan fungsinya
4. Perhatika
prosedur yang benar saat melakukan pekeljaan
5. Meletakkan
kembali peralatan kelja pada tempatnya masing-masing
6. Bertanya
kepada pembimbing jika mengalami kesulitan dalam melakukan
7. pekedaan
8. Konsentrasi
dengan pekeljaan yang dilakukan
D.
ALAT DAN BAHAN
Alat dan Bahan yang dibutuhkan dalam
perawatan berkala 20.000km adalah :
l.
Alat.
|
No
|
Nama
Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
|
1
|
Kunci shock
|
General
|
1
|
Set
|
|
2
|
Tracker
|
General
|
1
|
Buah
|
|
3
|
Car lift
|
-
|
1
|
Unit
|
|
4
|
Kunci kombinasi
|
General
|
1
|
Set
|
|
5
|
SST pengetop
|
SST
|
3
|
Buah
|
|
6
|
Penahan pelepas poros
nok
|
-
|
1
|
Buah
|
|
7
|
Penampung oli
|
-
|
1
|
Buah
|
|
8
|
Penampung solar
|
-
|
1
|
Buah
|
|
9
|
Kuas
|
-
|
1
|
Buah
|
|
10
|
Air gun
|
-
|
1
|
Buah
|
Tabel 2.1 alat
2.
Bahan
|
No
|
Nama
Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
|
1
|
Oli mesin
|
15W-40
|
5
|
Liter
|
|
2
|
Fuel filter
|
-
|
2
|
Buah
|
|
3
|
Oil filter
|
-
|
1
|
Buah
|
|
4
|
Majun
|
25X25 cm
|
1
|
Lembar
|
|
5
|
Grease
|
-
|
Secukupnya
|
Buah
|
|
6
|
Amplas kasar
|
-
|
1
|
Lembar
|
Tabel 2.2 bahan
E.
LANGKAH KERJA
l.
Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu
sebelum melakukan pekenjaan.
Letakan alat dan bahan di nampan

Gambar l.l Peralatan Service Berkala
2.
Buka penutup baterai dan lepaskan kabel massa
Lepaskan kabel massa baterai untuk
menghindari konsleting saat
melakukan pekerjaan.

Gambar 1.2 Pelepasan kabel massa
3.
Pemeriksaan dan Penambahan Cairan
a. Periksa air coolant
Periksa air coolant yang berada di pojok
depan bak,apakah berada ditengah tengah batas min dan max, periksa pula body
radiator yang berada di de'pan bumper
apakah ada kerusakan kebocoran atau tidak, jika
terdapat kebocoran terdapat
rembesan air yang berada disekitar body
bawah radiator.

Gambar 2.1 Pemeriksaan air coolant
b.
Periksa brake fluid

Gambar 2.2 Pemeriksaan brake fluid
1. Periksalah
apakah minyak rem kotor atau tidak, jika kotor ganti
dengan minyak rem yang
baru
2. Periksa
volume minyak rem. Jika volume kurang, tambahkan minyak
rem sampai berada di
batas min dan max
c.
Periksa Baterai
1. Periksa
kondisi kotak casing baterai apakah ada keretakan atau tidak
2. Periksa
apakah tutup baierai tersumbat atau tidak. Jika ada tersumbat
karena kotoran, siram
tutup dengaan air panas lalu sikat pelan pelan
dengan sikat baja
3. Periksa
terminal baterai dari korosi, jika berkorosi bersihkan dengan
sikat baja
4. Periksa
ketinggian elektrolit baterai, apabila berada digaris min
tambahkan air suling
sehingga tingginya sampai digaris max

Gambar.2.3 Pemeriksaan ketinggian
elektrolit baterai
5.
Pemeriksaan masa jenis elektrolit, dengan cara:
a) Buka
tutup baterai
b) Masukan
hydrometer pada kedalam setiap sel baterai, lalu pencet
ujung kepala hydrometer
c) Lihat
skala hydrometer
d) Berat
jenis standar adalah 1,26 — 1,29 kg /cm3

Gambar.2.4 Pemeriksaan berat jenis
baterai
d.
Pemeriksaan volume oli power steering
Periksa dan pastikan pula oli power steering apakah berada di batas min dan
max.

Gambar 2.5 Pemeriksaan volume oli power
steering
4.
Ganti oli dan filter oli
a. Ganti oli mesin
1) Dongkrak
mobil
2) Bukajok
sebelah kanan dan kiri dan kaitkan dengan tali
3) Siapkan
kunci ringl6mm dan penampung oli bekas
4) Buka
baut 16 dan tampung oli kedalam penampung oli bekas sampai
Habis

Gambar.3.1 pengatapan oli
5) Bersihkan baut terutama bagian yang ada
magnetnya dari kotoran
menggunakan majun
6) Pasang
kembali baut 16mm sampai kencang
b.
Menggantian Oil Filter
l) Siapkan traker dan buka filter oli

Gambar 3.2 pelepasan filter oli
2) Siapkan
filter oli baru, olesi bagian karet dengan oli bekas untuk
membasahinya
3) Pasang
filter oli baru dengan tangan dan kencangkan dengan amplas
kasar
4) Turunkan
mobil dan siapkan oli mesin Sliter
5) Buka
saluran pengisian dan isi oli sampai 5 liter
6) Tutup
kembali dan periksa stik oli pastikan berada ditengah tengah
fuel-empty

Gambar 3.3 pemeriksaan stik oli
5. Ganti Fuel Filter
a. Naikkan
mobil sampai ljengkal dari kepala
b. Siapkan
penampung solar kunci kombinasi 19,10,8mm
c. Lepaskan
baut selang bahan bakar l9rnm dan temaptkan lebih tinggi dari tanki bahan bakar
agar tidak kelur. (gambar no. 01)
d. Lepaskan
baut 10mm, mangkuk solar dan filter s0lar.(kedua mangkuk dan filter dilepas). (gambamo.02)
e. Bersihkan
mangkuk solar dengan solar lalu dengan air bersih
f. Semprot
tengan air gun sampai kering
g. Lepaskan
4 karet yang terpasang pada mangkuk dan baut
h. Siapkan
filter solar baru dan pasang karet pada mangkuk dan baut
i.
Pasang baut 10mm filter
solar dan mangkuk. (gambarn0.02)
j.
Pasang kembali baut selang
bahan bakar 19mm. (gambar n0.01)
k. Siapkan
kunci kombinasi 8mm
l.
Kendorkan baut 8mm
jangan sampai lepas.(gambar no. 03)

Gambar 4.1 bagian fuel filter
m. Bliding
fuel filter sampai keluar solar tidak berbentuk busa

Gambar 4.2 blidingan fuel filter
n. Semprot
daerah filter solar untuk mengeringkan dari sisa solar
6.
Pemeriksaan Timing Belt
a. Pastikan
terminal negatif baterai terlepas
b. Buka
cover timing belt
c. Lepaskan
belt altemator dsn belt AC
d. Pasang
pengunci fly wheel (SST) di silinder blok sbeleah kiri.putar crank
shaft searah’ jarum jam
Lmtuk mendapatkan top 1 sambil menekan pengunci hingga masuk
e. Pasang
pengunci sprocket (SST)
f. Pasang
pengunci washer (SST) kemudian kendorkan baut baut sprocket
camshaft
g. Lepaskan
tutup silinder head, kemudian pasang pengunci camshaft (SST).
h. Periksa
timing belt apakah teijadi retakan jika terjadi retakan ganti dengan yang baru
i.
Pasang kembali timing
belt
j.
Pasang tensioner
kemudian setel tensioner dalam kondisi baut camshaft
masih kendor
k. Setelah
mendapatkan ketegangan timing belt yang tepat kencangkan baut
tensioner 4.5 kg.m
l.
Lepaskan pengunci
camshafi kemudian kencangkan baut sprocket camshaft 8kg.m lepaskan semua
pengunci kemudian putar crankshaft 2x
putaran hingga pengunci
flywheel, pengunci sprocket FIP dan camshafi terpasang dengan baik =
m. Jika
ada pengunci yang tidak masuk, ulangi dari awal
n. Pasang
kembali cover timing belt
7.
Rotasi Ban
Akibat pemakaian mobil itu sendiri dan yang kedua karena disebabkan
oleh usia ban yang sudah melampaui
masa pakai ban. Disamping itu usia ban
juga
semakin pendek jika sering menerima pancaran langsung sinar matahari dalam
keadaan diam. Rotasi ban sebaiknya dilakukan rotasi ban meskipun sudah
dilakukan balanching dan spooring. Karena pengikisan/pengurangan kembang dan
tetap terjadi dan tidak sama rata. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan yang
tidak rata antara sebelah kanan atau kiri. Langkah untuk melakukan rotasi ban adalah:
a. Rotasi
sebaris antara ban depan kanan dengan ban depan kiri dan ban
depan kiri dan ban
belakang kanan dengan ban belakang kiri
b. Rotasi
diagonal antara ban depan kanan dengan ban belakang kiri dan ban depan kiri
dengan ban belakang kanan
c. Rottasi
sebaris antara ban depan kanan dengan bandepan kiri dan ban
belakang kanan dengan
ban belakang kiri
Dengan tiga kali rotasi
maka semua ban kendaraan sudsh pemah
menepati semua posisi
baik posisi depan maupun belakang.
8. Pemeriksaan rem
a. Pemeriksaan
dan perawatan rem
Pada mobil TATA Super ACE menggunakan 2 jenis
rem yaitu rem cakram pada roda depan
dan rem tromol tipe leading and trailing pada roda belakang. Untuk perawatan
rem dilakukan dengan cara berikut :
1)
Perawatan rem cakram
Pemeriksaan dilakukan dengan cara sebagai
berikut :
a) Kendorkan
baut roda dengan kunci roda 18mm atau air impact
b) Naikkan
carlifi setinggi satu jengkal tangan
c) Lepaskan
semua baut roda yang telah dikendorkan tadi
d) Lepaskan
roda
e) Lepas
baut 12mm pengikat caliper rem dengan menggunakan
kunci ring
f) Angkat
caliper dan Lepas pad rem
g) Periksa
ketebalan kampas rem. Gantilah kampas rem bila
ketebalan kurang am lmm
h) Jika
kampas masih tebal, bersihkan kampas dengan amplas kasar
i)
Bersihkan piringan
dengan amplas kasar
j)
Setelah diamplas, lalu
semprot dengan air gun pada kampas rem
cakram untuk membersihkan
rem dari kotoran dan debu
k) Oleskan
grease pada ujung dan begian belakang kampas rem
l)
Periksa sleading apakah
dapat bekeija dengan baik atau tidak. J ika
macet oleskan baut
sleding dengan grease
m) Pasang
kembali kampas rem pada caliper lalu pasang baut
pengikat caliper
n) Pasang
kembali ban dan pasang kembali baut dan kencangkan
2) Perawatan
rem tromol
a) Kendorkan
baut roda dengan kunci roda 18mm atau air impact
b) Naikkan
carlifl setinggi satu jengkal tangan
c) Lepaskan
semua baut roda yang telah dikendorkan tadi
d) Lepaskan
roda
e) Turunkan
tuas rem tangan
f) Lepaskan
tromol dengan cara digoyang goyangkan sambil ditarik
sampai keluar. Apabila
tromol susah dilepaskan, masukan baut
ukuran 12mm kelubang
berulir yang terdapat ditromol. Putar baut
dengan kunci ring 12mm
searah jarum jam sambil dipukul dengan
palu sampai sehingga
tromol tertarik keluar

Gambar 5.1 pelepasan tromol
g) Periksa
kebocoran minyak rem pada silinder roda
h) Periksa
ketebalan kampas rem
i)
Bersihkan kampas rem
dan bagian dalam tromol dengan amplas
kasar
j)
Semprotkan air gun pada
rem tromol
k) Oleskan
grease pada bagian backing plat yang bersinggungan
dengan sepatu rem
l)
Pasang tromol kembali
m) Lalu
pasang kembali roda dan Akencangkan
3)
Penyetelan rem tangan
a) Lepaskan
tromol
b) Ambil
obeng minus putar kearah atas gigi penyetel. Biasanya
akan ada bunyi
klik,hitung kira kira 3 sampai 5 bunyi klik.
c) Pasang
kembali tromol. Pastikan tromol mudah dipasang.
Apabila tromol susah
dipasang , kurangi putaran gigi penyetel
dengan memutar
berlawanan arah atau putar kebawah sampai
tromol mudah dipasang.
d) Pasang
ban kembali
e) Masuk
ke kabin dan cek berapa bunyi klik pada tuas rem tangan. Biasanya berbunyi 6
sampai 7 klik
f) Kencangkan
baut roda dengan kunci momen ukuran 8 kg
9.
Pembersihan Filter Udara
a.
Lepaskan saringan udara
dari air filter box
b.
Bersihkan elemen
saringan udara dari kotoran dengan udara bertekanan
(Compresor)
c. Bersihkan
air filter box dengan silicone lalu ratakan dengan majun
d. Penggantian
saringan udara dilakukan setiap 40.000km

Gambar 6.l filter udara
l0.
Pemeriksaan sistem kelistrikan
Periksa seluruh rangkaian kelistrikan yang berada pada mobil. Pemeriksaan
diantaranya adalah pemeriksaan lampu kepala, lampu kota,
lampu
tanda belok, lampu hazard dan juga lampu dim. Adapun rangkaian
kelistrikan
lainnya diantarannya wiper dan washer periksa apakah semua
berfungsi
dengan baik atau tidak. Jika ditemui terdapat lampu atau komponen lainnya tidak
berfungsi lakukan perbaikan ataupun penggantian.
F.
PEMERIKSAAN DAN PENGUJIAN .
Periksa semua komponen mobil apakah sudah
terpasang semua atau belum. Jika sudah terpasang lalu lakukan pengujian.
Pengujian dilakukan dengan test drive
kendaraan. Lakukan dijalan raya dan pastikan jalan dan lalu lintas yang
digunakan bebas dari hambatan.
G.
HASIL KERJA
Berikut
hasil kerja setelah melakukan service 20.000 km pada TATA Super ACE :
1. Setelah
dilakukan service 20.000 km maka mobil terasa nyaman dan
bertenaga
2. Performa
mobil lebih aik dari sebelum dilakukan perawatan berkala
3. Mobil
akan terasa mudah digunakan
4. Umur
komponen mobil bertambah
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan isi laporan Praktek Kerja Lapangan
(PKL) di atas penyusun menyimpulkan bahwa setelah melaksanakan PKL siswa merasa
praktek kerja dilapangan sebagai sebuah pengalaman yang bermanfaat untuk terjun
ke masyarakat dan di dunia kerja, selain itu penyusun juga menyimpulkan diantaranya:
1. Praktek
kerja industri sangatlah bermanfaat sebagai pengenalan perserta didik dalam
dunia usaha/industri
2. Selama
Praktek Kerja Lapangan (PKL) penyusun mendapatkan pengalaman dan pengetahuan
yang belum didapatkan disekolah
3. Kondisi
mesin kendaraan sangat ditentukan oleh adanya perawatan berkala
4. Performa
mesin akan lebih baik setelah dilakukannya perawatan berkala
5. Perbedaan
yang signifikan antara perawatan berkala mesin diesel dan bensin
6. Komponen
yang harus mendapatkan serius diantaranya:
a.
Perawatan filter udara
b.
Perawatan filtter oli
c.
Oli mesin
d.
Dan, filter bahan bakar
7. Hal
yang perlu dilakukan dalam perawatan berkala 20.000 km TATA Super ACE, antara
lain:
a.
Pemeriksaan dan penambahan cairan:
1.)
Periksa air coolant
2.)
Periksa brake fluid
3.)
Periksa baterai
4.)
Periksa volume power steering
b. Ganti
oli dan filter oli
c. Memeriksa
timing belt
d. Rotasi
ban
e. Pemeriksaan
baterai
f. Pembersihan
filter udara
g. Pemeriksaan
sistem kelistrikan
B.
PENGEMBANGAN
PRODUK
Menurut pandangan penyusun dalam
mengembangkan jasa ataupun produk dalam suatu badan usaha itu perlu dilakukan
demi kemajuan usaha tersebut. Adapun saran pengembangan produk dari penyusun
diantamnya adalah pelayanan cepat dan maksimal agar konsumen merasa puas dan
nyaman dalam berkendara.
C.
SARAN-SARAN
Dalam penyusunan laporan PKL ini
penyusun memberikan beberapa saran kepada pihak-pihak yang telah membantu PKL
antara lain sebagai berikut :
1.
Untuk
Industri
a. Penyusun
berharap agar pembimbing industri lebih memperhatikan dengan baik siswa-siswi
yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)sehingga menambah pengalaman serta
pengetahuan dan juga tidak segan untuk menegur jika peserta Praktek Kelja
Lapangan (PKL) mengalami kesalahan
b. Lebih
ditingkatkan pelayanan yang ramah, baik, sopan dan lebih maksimal kepada
konsumen yang memperbaiki kendaraannya.
c. Penyusun
berharap agar industri/bengkel bisa memberikan kepercayaanya kepada siswa untuk
melakukan pekerjaan di bawah bimbingan pembimbing industri
d. Tetap
berkerjasama dengan baik antara sekolah dan bengkel.
2.
Untuk
Sekolah
a. Penyusun
berharap agar pihak sekolah selalu menjaga hubunan baik dengan industri yang
telah bersedia memberikan tempat dan kesempatan kepada sis'wa-siswi SMK Negeri Nusawungu
untuk melaksanakan pkl dan juga sebagai modal penting agar program Praktek
Kerja Lapangan (PKL) dapat berjalan sesuai harapan dan saling menguntungkan
satu sama lain.
b. Dalam
pembefian tugas selama pkl sebaiknya lebih tertata lagi agar siswa- siswi yang
sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapngan (PKL) dapat menyelesaikan tugas dari
sekolah dengan maksimal.
c. Penyusun
berharap agar pembimbing dari sekolah sering memonitoring kegiatan Praktek
Kerja Lapangan (PKL).
3.
Untuk
Siswa
a. Menerapkan
sikap bertanggung jawab dan disiplin.
b. Siswa
menjaga nama baik sekolah ketika di industri maupun saat bersosialisasi
sehari-hari dengan masyarakat sekitar.
c. Siswa
hendaknya bersikap aktif dalam industri guna menambah wawasan dan pengetahuan
pada saat PKL berlangsung
d. Siswa
diharapkan lebih inisiatif dalam menyelesaikan suatu masalah
e. Selalu
mematuhi peraturan yang berlaku.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar