Laporan Prakerin PERAWATAN BERKALA 30.000 KM PADA MOBIL XENIA Xi 1.3 TAHUN 2011



LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN  BERKALA 30.000 KM PADA MOBIL XENIA Xi 1.3 TAHUN 2011 DI BENGKEL PT. ARMADA INTERNATIONAL MOTOR DAIHATSU CILACAP

Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu
Tahun Pelajaran 2018/2019
                                                                                             



Text Box: Disusun Oleh :
NAMA    : RIJAL MAULANA B.
KELAS    : XII ( DUA BELAS ) TKR 1
NIS     : 3288
PROGRAM  STUDI KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF 
KOMPETENSI  KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN








index
 
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI NUSAWUNGU
Jl. Perintis-Klumprit-Nusawungu Telp. / fax (0282) 5500450
Email : smkn_nswg@yahoo.co.id Cilacap Kode Pos 53283
LEMBAR  PENGESAHAN SEKOLAH

          Laporan PKL ini telah disetujui oleh pembimbing sekolah dan disahkan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada:

            Hari                 :……………………………………
            Tanggal           :……………………………………



Ketua Kompetensi Keahlian
Teknik Kendaraan Ringan



Nano Setiana, S.Pd
NIP. 1961122 200701 1 002          
Nusawungu,    September 2018
Disetujui,

Pembimbing Sekolah



Nano Setiana, S.Pd                                                                                              NIP. 1961122 200701 1 002


Mengetahui,
Kepala SMK Negeri Nusawungu



Navy Hardiati Dian Mintasih, S.Pd,M.Pd
NIP. 19671212 199003 2 006


LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI

          Laporan Praktek kerja lapangan ini telah disetujui oleh pembimbing industri PT Armada International Motor Daihatsu Cilacap pada:

            Hari                 :……………………………………
            Tanggal           :……………………………………







Mengetahui,
Kepala Bengkel
 PT. Armada International Motor





ALFIN F. PANGEMANAN

Cilacap,     September 2018



Pembimbing Industri





              YATNO



LEMBAR  PENGUJIAN
Laporan  PKL ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan Penguji Sekolah pada:
           
Hari, tanggal   : …………………………………
            Tempat            : …………………………………






Penguji II




Nano Setiana, S.Pd
NIP. 1961122 200701 1 002          

Nusawungu, .... September 2018

Penguji I




Noviy Griya Legita
NIP.-




MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1.    Kadang masalah adalah sahabat terbaikmu. Mereka buatmu jadi lebih kuat, dan buatmu menempatkan Tuhan di sisimu yang paling dekat.  
2.    Jangan selalu katakan "masih ada waktu" atau "nanti saja". Lakukan segera, gunakan waktumu dengan bijak.
3.    Jangan putus asa sebelum melakukan sesuatu.
4.    Kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan.
5.    Pengalaman adalah guru terbaik.
PERSEMBAHAN
  Persembahan ini kami tujukan kepada :
1.   Kedua orang tua kami yang telah membiayai, mendoakan saya sehingga bisa menuntut ilmu dengan tawadhu.
2.   Kepala SMK Negeri Nusawungu dan Pembina Praktik kerja lapangan.
3. Bapak Waka DU/DI SMK Negeri Nusawungu.
4.   Bapak Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.
5.   Bapak Pembimbing Praktik kerja lapangan SMK Negeri Nusawungu.
6.   Bapak Kepala Bengkel Daiatsu cilacap.
7.   Bapak, Ibu guru dan Karyawan SMK Negeri Nusawungu.
8.   Pembaca yang budiman .













KATA PENGANTAR


            Dengan mengucap puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala puji dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan tentang Perawatan berkala 30.000 km mobil xenia 1.3 tahun 2011 ini dengan baik. Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan  laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIND) SMK Negeri Nusawungu.
            Rasa syukur dan terima kasih sedalam-dalamnya penulis sampaikan kepada orang yang berjasa dalam kehidupan ini, yaitu Ayah dan Ibu tercinta yang telah memberikan bekal material dan spiritual demi kemajuan penulis. Hanya cinta dan ucapan terima kasih yang dapat penulis persembahkan. Semoga kita semua mendapatkan ridho dan petunjuk-Nya.
Penulis mohon maaf atas segala kekurangan serta mohon petunjuk, kritik dan saran dari pembaca. Penulis menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna karena banyak kelemahan dan kekurangan yang disebabkan keterbatasan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan penulis.
 Pada kesempatan ini penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan maupun membantu dalam menyusun laporan ini kepada :
1.      Allah Subhanahu Wata’ala.
2.       Ibu Navy Hardiati Dian Mintarsih,S.Pd, M.Pd selaku kepala SMK Negeri Nusawungu.
3.      Bapak Alfin F. Pangemanan selaku pimpinan PT.Armada International Motor.
4.      Bapak Sulasdi,S.Pd selaku Waka. Humas DU/DI SMK Negeri Nusawungu otomotif SMK Negri Nusawungu.
5.      Ibu Mustika Istiani, S.Pd ,selaku pokja prakerind.
6.      Bapak Nano Setiana, S.Pd selaku guru pembimbing prakerind.
7.      Bapak Nano Setiana, S.Pd selaku Kepala Program keahlian Teknik Mekanik Otomotif.
8.       Bapak Yatno selaku pembimbing industri PT. Armada International Motor Daihatsu Cilacap.
9.      Bapak dan Ibu guru SMK Negeri Nusawungu.
10.  Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanan praktik kerja lapangan.
Namun demikian penulis tetap berharap agar laporan ini memberikan manfaat bagi pembaca, dapat menjadi sumbangan bagi almamater dan menjadi catatan amal kebaiakan bagi penulis.
 Semoga Allah SWT meridhoi usaha dan mendapatkan hasil dari laporan yang penyusun buat. Amin.


    Nusawungu,….September 2018
Penyusun,


RIJAL MAULANA BAEHAQI






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................    i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH..............................................  ii
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI..............................................  iii
HALAMAN PENGUJIAN.......................................................................   iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN......................................  v
KATA PENGANTAR..............................................................................   vi
DAFTAR ISI.............................................................................................   viii
DAFTAR GAMBAR...............................................................................    x
DAFTAR TABEL....................................................................................    xii
BAB I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.................................................................      1
B.     Tujuan Penyusunan Laporan...........................................       2
C.     Alasan Pemilihan Judul...................................................       3
D.    Faktor Pendukung dan Penghambat................................      3
E.     Rumusan Permasalahan...................................................      4
BAB II       PELAKSANAAN KERJA
A.    Dasar Teori......................................................................       5
B.     Persiapan kerja…………….….......................................       5
C.     Keselamatan kerja…………...........................................       6
D.    Alat dan bahan……………………………………........       7
E.     Langkah kerja……………………………….................       8
F.      Pemeriksaan dan pengujian……………………………       25  
G.    Hasil kerja……………………………………………..        26
BAB III     PENUTUP
A.    Kesimpulan.......................................................................     27
B.     Pengembangan Produk......................................................    28
C.     Saran – saran.....................................................................     28
DAFTAR PUSTAKA................................................................................  30


















DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Memposisikan Mobil.............................................................   9
Gambar 2.2 Pemasangan Cover Fender....................................................   9
Gambar 2.Kotak Alat  Berkala.................................................................   10
Gambar 2.4 Pelesapan kabel masa baterai.................................................   10
Gambar 2.5 Pemeriksaan baterai secara visual..........................................   10
Gambar 2.6 Pemeriksaan ketinggian elektrolit..........................................   11
Gambar 2.7 Pemeriksaan masa jenis elektrolit..........................................   11
Gambar 2.8 Pengurasan air radiator..........................................................   13
Gambar 2.9 Pemeriksaa kebocoran radiator..............................................   14
Gambar 2.10Pemeriksaan  tutup radiator..................................................   14
Gambar 2.11 Pembersihan Filter Udara....................................................   15
Gambar 2.12 Pembersihan Throtle Body..................................................   16
Gambar 2.13 Pelepasan coil busi...............................................................   16
Gambar 2.14 Penyetelan celah busi..........................................................   17
Gambar 2.15 Pembersihan ruang bakar.....................................................   17
Gambar 2.16 Pengurasan oli mesin...........................................................   18
Gambar 2.17 Melepas oil filter dengan SST.............................................   19
Gambar 2.18 Pengisian oli mesin..............................................................   19
Gambar 2.19 Pemeriksaan kualitas & kuantitas oli...................................   20
Gambar 2.20 Reservoir minyak rem..........................................................   20
Gambar 2.21 Pemeriksaan pad rem...........................................................   21
Gambar 2.22 Pembersihan piringan..........................................................   22
Gambar 2.23 Melepas tromol....................................................................   23
Gambar 2.24 Membersihkan rem tromol...................................................   23
Gambar 2.25 Penyetelan rem tangan........................................................   24
Gambar 2.26 Lampu indikator pada dashboard.......................................   25
Gambar 2.27 Pemeriksaan lampu kendaraan............................................   25


















DAFTAR TABEL

Gambar 2.1 Alat........................................................................................   7
Gambar 2.2 Bahan....................................................................................   8
Gambar 2.3 Berat  jenis elektrolit batrai ..................................................   12









BAB I
PENDAHULAN
A.    Latar Belakang
Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematis dan sinkron progam pendidikan di sekolah dengan tuntutan keahlian professional tertentu di dunia pendidikan dan dunia kerja melalui kegiatan bekerja secara langsung di industri. Sesuai dengan tujuan dari prakerind yaitu sebagai pemenuhan  persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMK Negeri Nusawungu tahun pelajaran 2018/2019.
Untuk itu siswa SMK Negeri Nusawungu diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang biasa dilakukan di instansi pemerintah atau swasta. PKL merupakan laihan kerja yang sesungguhnya, sehingga penyusun mendapatkan pengalaman yang di perlukan apabila penyusun memasuki lapangan kerja sesungguhnya.
Laporan adalah bentuk tanggung jawab atas semua pekerjaan yang telah dijalani guna mengetahui apa yang dikerjakan dan nantinya sebagai tugas setelah pekerjaan itu selesai. Keberhasilan laporan akan sangat mendukung bagi tanggung jawab pembuat laporan karena laporan yang telah dibuat telah diterima oleh pembimbing atau pimpinan dan disetujuinya, maka selesainya juga dari pembuat laporan itu.
Mengingat akan materi yang ada serta terbatasnya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, maka penulis laporan ini juga sangat sesuai keterangan serta data yang penyusun peroleh dari hasil pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan. Selain itu penyusun juga mencari penjelasan informasi yang lebih lengkap guna kesempurnaan hasil Praktik Kerja Lapangan yang penyusun lakukan.


A.    Tujuan Penyusunan Laporan
Setelah menyelesaikan Prakerind selama 3 bulan, siswa-siswi diwajibkan untuk membuat laporan dengan tujuan:
1.      Tujuan Bagi Siswa
Praktik Kerja Industri yang dilaksanakan siswa-siswi SMKN N NUSAWUNGU mempunyai beberapa tujuan :
a.       Dapat mengembangkan ketrampilan pekerjaan yang meliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap etos kerja, baik untuk pekerja tingkat awal maupun lanjut.
b.      Memperkokoh keterkaitan antara sekolah dan dunia kerja.
c.       Untuk membandingkan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan praktik yang sebenarnya pada dunia kerja nyata.
d.      Bertujuan agar siswa-siswi mampu mengenal lebih jauh profesi yang akan ditekuni kelak.
e.       Memudahkan pengembangan karir dan ketrampilan kehidupan melalui eksplorasi di tempat kerja.
2.      Bagi Instansi
Laporan praktik kerja ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi PT. Armada International Motor Dihatsu Cilacap dalam mengevaluasi instansi untuk waktu yang akan datang maupun waktu yang lalu.
3.      Bagi Sekolah
a)      Memenuhi program kurikulum yang telah diterapkan oleh pemeritah.
b)      Menjalin hubungan kerja sama antara sekolah dengan dunia usaha/dunia industri.



B.                 Alasan Pemilihan Judul
Dalam penyusunan laporan  ini penulis memilih tentang Perawatan Berkala 30.000 KM mobil Xenia 1.3 tahun 2011 , yang telah penyusun lakukan di bengkel Armada International Motor Daihatsu Cilacap dengan alasan sebagai berikut :
1.      Penyusun berkeinginan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang teknologi yang semakin maju.
2.      Praktik yang dilakukan cukup sederhana.
3.      Dengan pengambilan judul ini diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan tentang Perawatan berkala 30.000km.
4.      Penyusun ingin mendalami tentang Perawatan berkala pada kendaraan Daihatsu Xenia.
C.                Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam penyusunan laporan ini penulis mempunyai beberapa faktor baik pendukung maupun penghambat, diantaranya :
1.      Faktor Pendukung
a.       Para Teknisi dan Karyawan yang sangat berpartisipasi dalam membantu baik secara langsung maupun tidak langsung.
b.      Adanya Pembimbing Industri yang mempunyai wawasan tinggi.
c.       Tempat kerja yang memadai.
d.      Suasana lingkungan bankel yang kondusif.
2.      Faktor Penghambat
a.       Kurangnya kreatifitas dalam mencari informasi dan data yang diperlukan.
b.      Kurangnya konsultasi dengan guru pembimbing.
c.       Kurangnya rasa percaya diri pada siswa saat akan bertanya.




D.                Rumusan Permasalahan
Didalam penyusunan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini penyusun merumuskan :
1.      Apa yang dimaksud  perawatan berkala?
2.      Apa tujuan perawatan berkala(Service)?
3.       Pekerjaan apa saja yang dilakukan pada perawatan berkala 30.000 km?

BAB II
PELAKSANAAN PEKERJAAN


A.   Dasar Teori
Perawatan berkala adalah suatu kegiatan service yang dilakukan secara berkala dan sudah terjadwal dalam suatu kurun waktu yang relatif cukup lama.
Dalam melakukan perawatan berkala biasanya diukur dari jumlah jarak tempuh atau kilometer (km) yang sudah dilalui kendaraan. Jumlah jarak tempuh yang diperlukan kendaraan untuk dilakukanya perawatan berkala tidak selalu sama pada setiap kendaraan, hal ini dikarenakan oleh karakter mesin,jenis,dan kualitas komponen yang digunakan seta desain mesin setiap kendaraan yang berbeda beda.
1.         Tujuan Perawatan Berkala
a.       Kendaraan dapat terhindar dari berbagai masalah yang lebih besar dikemudian hari.
b.      Umur kendaraan yang dapat diperpanjang.
c.       Pelanggan dapat menikmati pengalaman pengemudian yang aman dan nyaman.


B.   Persiapan Kerja
Sebelum melaksanakan pekerjan perlu diperlu melakukan pekerjaan hendaknya terlebih dahulu melakukan persiapan kerja. Hal ini bertujuan agar pada saat bekerja tidak terjadi kesulitan karena belum siapnya alat alat dan bahan kerja.
Dibawah ini beberapapersiapan kerja yang harus dilakukan :
1.      Memakai wearpack.
2.      Tidak boleh menggunakan aksesoris seperti jam tangan,gelang,kalung dan perhiasan yang dapat mengganggu pekerjaan.
3.      Siapkan alat dan bahan sebelum bekerja.
4.      Jangan bermain hp saat bekerja.
5.      Lakukan pekerjaan dengan kosentrasi.
6.      Hati-hati dalam bekerja.


C.   Keselamatan Kerja
   Dalam melaksanakan pekerjaan perlu diperhatikan keselamatan pekerja. Beberapa keselamatan kerja yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.      Berdoa sebelum bekerja.
2.      Gunakan wearpack.
3.      Pilihlah tempat yang efisien dan kuat dari bagian bawah mobil pada saat diangkat menggunakan dongkrak/lift.
4.      Gunakan alat sesuia fungsinya.
5.      Jangan bercanda dalam bekerja.
6.      Berhati hati dan konsentrasi dalam bekerja.
7.      Patuhi semua aturan di bengkel.
8.      Rapikan kembali alat setelah digunakan.
9.      Bersihkan tempat setelah selesai bekerja.
10.  Berdoa setelah selesai bekerja.







D.   Alat dan Baha
1.      Alat
                 
No
Nama Alat
Spesifikasi
Jumlah
Satuan
1.       
Compresor
General
1
Unit
2.       
Obeng
(+) dan (-)
2
Buah
3.       
Palu
Besi
1
Buah
4.       
Spray gun
General
1
Buah
5.       
Kunci Shock
General
1
Set
6.       
Kunci Kombinasi
10,12,14,21mm
1
Buah
7.       
Feller gauge
General
1
Buah
8.       
Kunci Busi
16mm
1
Buah
9.       
Sikat Baja
General
1
Buah
10.   
Kunci Momen
General(12kg)
1
Buah
11.   
SST Filter oil
General
1
Buah
12.   
Dongkrak/ Car lift
General
1
Unit
13.   
Cover Vender
General
6
Buah
14.   
Air Impact
General
1
Buah
15.   
Hydrometer
General
1
Buah
16.   
Radiator tester
General
1
Set

Tabel 2.1 Alat
2.Bahan

No
Bahan
1
Mobil Xenia Xi 1.3 Tahun 2011

2
Minyak Rem

3
Vaselin

4
Amplas Kasar dan Halus

5
Brake Cleaner

6
Air Accu

7
Engine Oil

8
Excel Foam


Tabel 2.2 Bahan

E.   Langkah Kerja
1.      Tempatkan mobil pada posisi yang aman dan rata
Hal ini bertujuan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan    pada mobilJangan lupa menarik tuas rem tangan.





20180913_154337

Gambar 2.1
Memposisikan mobil

2.      Pasang Vender Cover, Sit Cover
Sebelum melakukan pekerjaan pasang vender cover dan site cover terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya goresan, menjaga keamanan dan  kebersihan kendaraan.
IMG-20180903-WA0025

Gambar 2.2
Pemasangan Cover Fender pada kendaraan

3.      Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaan. Letakan alat dan bahan di nampan





images(16) 





 Gambar 2.3 Kotak Alat Service Berkala

4.      Buka kap mobil dan lepas terminal (-) baterai
Lepaskan kabel massa baterai untuk menghindari konsleting saat melakukan pekerjaan.
accu3.jpg
 







Gambar 2.4
Pelepasan kabel massa pada baterai

5.      Pemeriksaan Baterai
a.      
vis.jpg

Pemeriksaan baterai secara visual
Gambar 2.5
Pemeriksaan baterai secara visual

1)      Periksa kondisi kotak casing baterai apakah ada keretakan atau tidak. Apabila ada keretakan ganti casing dengan yang baru.
2)      Periksa apakah ventilasi tutup baterai tersumbat atau tidak. Jika ada tersumbat karena kotoran, semprot dengan menggunakan angin bertekanan atau spary gun .
3)      Periksa terminal baterai dari korosi, jika berkorosi bersihkan dengan sikat baja.
4)     
tanda-min-max-aki.jpg

Periksa ketinggian elektrolit baterai, apabila berada digaris lower tambahkan air suling sehingga tingginya sampai digaris upper.

Gambar 2.6
Pemeriksaan ketinggian elektrolit baterai
PEMERIKSAAN+ELEKTROLIT+BATERAI.jpg

b.   Periksa masa jenis elektrolit baterai

Gambar 2.7
Pemeriksaan masa jenis elektrolit

1)      Buka tutup baterai.
2)      Masukan hydrometer pada kedalam setiap sel baterai, lalu ujung kepala hydrometer.
3)      Lihat skala hydrometer.
4)      Berat jenis standar adalah 1,26 – 1,29.
5)      Penanganan.


Berat Jenis
Warna pada Hydrometer
Spesifikasi & Tindakan
Penuh (1,26 – 1,29) kg/cm3
Hijau
Kondisi baterai baik
Sedang (1,22- 1,25) kg/cm3
Putih
Baterai perlu di charger
1)      Kosong(<1,21)kg/cm3
Merah
Baterai perlu diganti

Tabel 2.3 Berat jenis batrai

6.      Pemeriksaan Sistem Pendinginan
a.    Pemeriksaan air pendingin
Apakah air atau Coolant masih bersih atau sudah keruh,kotor,tercampur dengan oli atau karat. Jika keruh maka ganti air atau coolant dengan yang baru.
Cara penggantian air pendingin atau coolant sebagai berikut :
1)      Lepaskan baut sumbat pada bagian bawah radiator.
2)      Tampung air kurasan tadi pada wadah.





cara+menguras+air+radiator.jpg

Gambar 2.8
Pengurasan air radiator

3)      Lalu masukan air kedalam radiator sambil menghidupkan mesin agar air pendingin bersirkulasi dan air yang keruh keluar.
4)      Setelah air yang keluar dari saluran pendinginan bersih, maka pasang kembali baut sumbat.
5)      Lepaskan Reservoir tank, lalu bersihkan dengan sabun setelah itu pasang kembali.
6)      Isi lagi radiator sampai penuh dan reservoir tank sampai batas maksimal.

b.      Pemeriksaan kebocoran radiator
1)   Pasanglah radiator tester ke radiator.
2)   Pompalah radiator tester sampai tekanan menunjukan 1,4 kg/cm3 dan pastikan bahwa tidak ada penurunan tekanan. Apabila tekanan turun, maka radiator bocor.




proxy.jpg



Gambar 2.9
Pemeriksaan kebocoran radiator

c.       Pemeriksaan tutup radiator
1)        Pemeriksaan menggunkan radiator cup tester. Pasang radiator cup tester dengan tutup radiator.
radiator cap 
 Gambar 2.10
Pemeriksaan tutup radiator

2)      Pommpa hingga tekanan udara 1,1kg/cm2. Pada tekanan ini katup pembatas harus terbuka .
3)      Apabila tekanan melebihi 1,1 kg/cm3 maka ganti tutup radiator.

7.     
membersihkan-filter-udara.jpg

Pembersihan Saringan Udara

Gambar 2.11
Pembersihan Filter Udara

a.       Lepaskan saringan udara dari air filter box.
b.      Bersihkan elemen saringan  udara dari kotoran dengan udara bertekanan (Compresor).
c.       Bersihkan air filter box dengan silicone lalu ratakan dengan majun.
d.      Penggantian saringan udara dilakukan setiap 40.000km.

8.      Pembersihan Throtle Body
Bertujuan untuk membersihkan saluran intake dan throtle body dari kerak. Adapun cara pembersihan throtle body sebagai berkut:
a.       Lepaskan Air Filter Box.
b.      Semprotkan axle foam pada throtle body sambil membuka throtlr butterfly dengan cara menekan pedal gas.




images(9) 





Gambar 2.12
Pembersihan throtle body

c.       Lalu ratakan dengan majun.
d.      Pasang kembali Air Filter Box.

9.      Pengecekan dan pembersihan busi/spark plug
a.      
IMG-20170902-WA0018

Lepaskan koil pada tiap tiap busi menggunakan kunci shock 10.

                                                              Gambar 2.13
Pelepasan coil busi
b.      Lepaskan busi menggunakan kunci busi 16mm.
c.       Bersihkan busi menggunakan sikat besi.
d.      Setel celah elektroda busi menggunakan feller gauge dengan ukuran 1,00mm s/,d 1,10mm.
busi-motor-4f86b61c126ba.jpg
Gambar 2.14
Penyetelan celah busi

e.       Lalu pasang busi menggunakan kunci busi 16mm.
f.       Pasang kembali coil busi.

10.   Pembersihan ruang bakar
a.       Lepaskan coil dan busi.
b.     
20120419_MenbersihkanRuangBakar-04.jpg

Semprotkan axle foam keruang bakar melalui lubang busi.

Gambar 2.15
Pembersihan ruang bakar

c.       Tunggu hingga cairan axle foam hingga meresap kedalam ruang bakar.
d.      Pasang kembali coil dan busi.
e.       Hidupkan mesin dan tekan pedal gas sekitar 4000 – 5000 rpm.
f.       Asap putih hasil pembersihan akan keluar melalui knalpot.

11.  Pemeriksaan sistem pelumasan
a.       Penggantian oli mesin
 Dilakukan setiap 10.000 km, menggunakan SAE 10W – 30 dengan oli 3 liter tanpa oil filter, 3,5 liter jika dengan mengganti oil filter. Lakukan penggantian oli dengan cara sebagai berikut :
1)         Siapkan wadah untuk menampung oli.
2)         Lepaskan baut sumbat (tap) oli pada carter menggunakan    kunci shock 14 mm.
membuang-oli-mesin.jpg
Gambar 2.16
Pengurasan oli mesin

3)         Biarkan oli terkuras keluar sampai benar benar habis.
4)         Setelah oli habis, pasang kembali baut sumbat.

b.      Penggantian oil filter
Penggantian oil filter dilakukan setiap 10.000 km bersamaan dengan penggantian oli mesin. Lakukan penggantian oil filter dengan cara sebagai berikut:


cara-mengganti-filter-oli-mobil.jpg

Gambar 2.17
Melepas oil filter dengan SST

  Lepaskan oil filter dengan menggunakan SST Oil Filter. Setelah itu bersihkan dudukan oil filter dengan menggunakan majun. Pasang oil filter yang baru dengan menggunakan tangan sampai kencang
c.     Mengisi oli mesin
1)      Siapkan oli yang baru.
2)      Buka tutup lubang oli pada cylinder cup.
3)      Tuangkan oli yang baru lalu tutup kembali.
images(1)
 








      Gambar 2.18
Mengisi oli mesin

d.      Periksalah kapasitas oli dengan melihat pada stick oli , ketinggian oli harus diantara F dan L.
level-stik-oli-mesin-mobil.jpg

Gambar 2.19
Mengecek ketinggian & kualitas oli

12.  Pemeriksaan dan perawatan rem
Pada mobil Daihatsu Xenia 1.3 menggunakan 2 jenis rem yaitu rem cakram pada roda depan dan rem tromol tipe leading and trailing pada roda belakang. Untuk perawatan rem dilakukan dengan cara berikut :
a.       Periksalah apakah minyak rem kotor atau tidak, jika kotor ganti dengan minyak rem yang baru.
b.      Periksa volume minyak rem. Jika volume kurang, tambahkan minyak rem sampai menunjukan batas full.
tabung minyak rem
 








Gambar 2.20
Reservoir minyak rem

c.       Perawatan rem cakram dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1)      Kendorkan baut roda dengan kunci roda 21mm atau air   impact.
2)      Dongkrak mobil sampai semua roda terangkat keatas lalu beri jackstand pada kolong kendaraan.
3)      Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi.
4)      Lepaskan roda.
5)      Lepas baut  caliper rem menggunakan kunci ring 14mm.
6)      Angkat caliper.
7)      Lepas pad rem.
kampas cakram
 









Gambar 2.21
Pemeriksaan pad rem

8)         Periksa ketebalan kampas rem . Gantilah kampas rem bila ketebalan kurang dari 1mm.
9)         Jika kampas masih tebal, bersihkan kampas dengan amplas kasar.
10)      Bersihkan piringan dengan amplas kasar.
11)     Setelah diamplas, lalu semsprotkan brake cleaner pada kampas rem cakram untuk membersihkan rem dari kotoran dan debu.

 
Gambar 2.22
Pembersihan piringan

12)        Oleskan vaselin pada ujung dan begian belakang kampas rem.
13)        Periksa sleading apakah dapat bekerja dengan baik atau tidak. Jika macet oleskan baut sleding dengan vaselin.
14)      Pasang kembali kampas rem pada caliper lalu pasang baut  pengikat caliper.
15)   Pasang kembali ban.

d.      Perawatan rem tromol
1)      Kendorkan baut roda dengan kunci roda 21mm atau air impact.
2)      Dongkrak mobil sampai semua roda terangkat keatas lalu beri jackstand pada kolong kendaraan.
3)      Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi.
4)      Lepaskan roda.
5)      Turunkan tuas rem tangan.
6)      Lepaskan tromol dengan cara digoyang goyangkan sambil  ditarik keluar. Apabila tromol susah dilepaskan, masukan baut ukuran 12mm kelubang berulir yang terdapat ditromol. Putar baut dengan kunci ring 12mm searah jarum jam sambil dipukul dengan palu sampai sehingga tromol tertarik keluar.
cara-membuka-tromol-mobil.jpg
Gambar 2.23
Melepas tromol

7)        Periksa kebocoran minyak rem pada silinder roda.
8)        Periksa ketebalan kampas rem.
9)        Bersihkan kampas rem dan bagian dalam tromol dengan amplas kasar.
10)     Semprotkan brake cleaner pada rem tromol .


hqdefault

Gambar 2.24
Membersihkan rem tromol

11)   Oleskan vaselin pada bagian backing plat yang bersinggungan dengan sepatu rem.
12)   Pasang tromol kembali.
13)  Lalu pasang kembali roda.

e.       Penyetelan rem tangan
1)      Lepaskan tromol.
2)      Ambil obeng minus putar kearah atas gigi penyetel. Biasanya akan ada bunyi klik,hitung kira kira 3 sampai 5 bunyi klik.
cara-menyetel-rem-tromol-atau-rem-tangan.jpg
 







Gambar 2.25
Penyetelan rem tangan
3)      Pasang kembali tromol. Pastikan tromol mudah dipasang. Apabila tromol susah dipasang , kurangi putaran gigi penyetel dengan memutar berlawanan arah atau putar kebawah sampai tromol mudah dipasang.
4)      Pasang ban kembali
5)      Masuk ke kabin dan cek berapa bunyi klik pada tuas rem tangan. Biasanya berbunyi 6 sampai 7 klik.
6)       Kencangkan baut roda dengan kunci momen ukuran 12kg.

13.  Pemeriksaan sistem kelistrikan
Pemeriksaan dilakukan pada lampu indikator di dashboard yaitu lampu indikator rem, indikator sistem pengisian, indikator malfungsi pada sistem kelistrikan ,indikator tekanan oli,indikator sabuk pengaman,dan lain lain.
Hasil Pemeriksaan : Semua lampu indikator menyala
spedometer-indikator-ertigaGambar 2.26
Lampu indikator pada dashboard

Pemeriksaan lampu tanda belok,lampu kota,lampu mundur, lampu depan dan lampu jarak jauh, lampu rem, lampu hazard serta frog lamp. Apakah lampu menyala semua atau tidak.

Hasil Pemeriksaan : Semua lampu menyala
lamp.jpg


Gambar 2.27
Pemeriksaan lampu kendaraan

14.            PEMERIKSAAN DAN PENGUJIAN     
Periksa semua komponen mobil apakah sudah terpasang semua atau belum. Jika sudah terpasang lalu lakukan pengujian.
Pengujian dilakukan dengan test drive kendaraan. Lakukan dijalan raya dan pastikan jalan dan lalu lintas yang digunakan bebas dari hambatan.

15.   HASIL KERJA
Berikut hasil kerja setelah melakukan service 30.000 km pada Kendaraan xenia 1.3 :
1.      Setelah dilakukan service 30.000 km maka mobil terasa nyaman dan bertenaga.
2.      Mobil akan terasa mudah digunakan dan umur komponen mobil menjadi tambah panjang.
3.      Setelah ruang bakar dibersihkan, suara mesin menjadi halus dan putaran menjadi sempurna.






BAB III
PENUTUP
Alhamdulillah penulis ucapkan atas kehadirat Allah karena laporan hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini telah selesai, penyusun mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang ikut membantu dalam menyelesaikan tugas laporan ini. Keberhasilan pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini sangatlah dibutuhkan oleh para siswa-siswi agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/ UAN. Penulis berharaap laporan praktik kerja industri ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi pelaksanaan praktik kerja ditempat industri.
Karena penyusun masih dalam proses belajar, penulis mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang penulis buat  didalam atau diluar laporan ini. Bila ada saran atau kritik untuk kemajuan penyusun, penyusun akan terima dengan lapang dada. Serta besar harapan penulis agar laporan yang telah penulis buat dapat bermanfaat bagi semua pihak, amin.

A.                Kesimpulan
     Setelah penyusun mengikuti praktik kerja industri,maka penyusun  dapat mengambil bebrapa kesimpulan diantaranya :
1.      Perawatan berkala adalah suatu pekerjaan yang biasa dilakukan secara rutin dan dapat berupa pemeriksaan ,pengukuran,penyetelan,perawan hingga pengantian komponen jika diperlukan.
2.      Tujuan perawatan berkala diantaranya adalah :
a.  Kendaraan dapat terhindar dari bayak problem lebih besar yang munkin    terjadi di kemudian hari.
 b.  Kendaraan dapat terawatt sesuai dengan kondisi peraturan yang belaku.
 c.  Umur kendaraan dapat diperpajang.
 b.Pelang gan dapat menikmati pengalaman mengemudi yang ekonomis dan nyaman.
3.      Pekerjan yang dilakukan dalam perawatan berkala 30.000 KM    diantaranya:
a.       Menyiapkan unit kendaraan.
b.      Memasang seat cover,steering cover dan vender cover.
c.       Memposisikan kendaraan pada lift.
d.      Menyiapkan tool cady.
e.       Mengganti oli mesin.
f.       Memeriksa grease / gemuk pada nepel (bleder plug).
g.      Memeriksa ketinggian dan kebocoran miyak power steering.
h.      Mengganti filter oli.
i.        Memeriksa saringan udara .
j.        Pengecekan dan peyetelan busi.
k.      Memeriksa sistem rem.

    

B.                Pengembangan Produk
            Semakin bertambahnya kendaraan dari tahun ke tahun, maka akan semakinbanyak kerusakan yang dialami  oleh kendaraan itu. Berdasarkan dari permasalah tersebut maka penulis berusaha mengembangkan produk perawatan berkala terutama jasa perawatan dan perbaikan yang hasilnya tidak diragukan lagi, larena ditangani langsung oleh mekanik yang terlatih dan berpengalaman, sehingga kendaraan seperti baru keluar dari pabrik, maka dari itu merupakan suatu peluang usaha yang biasa dikembangkan dan terus akan dibutuhkan lagi para pengguna kendaraan baik didesa maupun dikota.

C.                Saran-saran
1.         Untuk Institut/ Bengkel
·         Penyusun berharap agar institusi bisa lebih memperhatikann dan mengerahkan serta membimbing siswa yang PKL sesuai dengan job yang ada.
·         Perusahaan/ bengkel agar tidak segan-segan menegur para siswa yang tidak mematuhi tata tertib yang berlaku di perusahaan atau bengkel tersebut.
·         Penyusun sangat berharap agar perusahaan selalu meningkatkan kerjasama yang serasi dan harmonis dengan sekolah agar tahun-tahun yang akan datang adik kelas kami tidak mendapatkan kesulitan dalam mencari tempat PKL.



2.      Untuk Sekolah
·         Penyusun berharap kepada pihak sekolah agar bisa menjalin hubungankerjasama yang baik dengan pihak instansi terkait guna mempermudah para siswa mencari tempat PKL.
·         Memberikan peralatan dan lahan bengkel seperti yang ada pada bengkel sebenarnya.
3.      Untuk Siswa
·         Siswa hendaknya bisa menambah pengalaman dan pengetahuan pada waktu PKL.
·         Siswa yang melaksanakan PKL harus mematuhi tata tertib yang ada di bengkel.
·         Siswa harus menjaga nama baik sekolah disekolah maupun di PKL.
·         Mengaplikasikan ketrampilan yang diperoleh di PKL dalam proses pelajaran produktif disekolah.





DAFTAR PUSTAKA

triyono, wahyu/memperbaiki-sistem-rem/Jakarta/2006 ( diakses tanggal 9 agustus 2018 )
htttp://Wikipedia.co.id ( diakses tanggal 2 agustus 2018 )
http://google.com ( diakses tanggal 5 september 2018 )
buku panduan penyusunan laporan tahun pelajaran 2017/2018 smk negeri nusawungu





Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PERAWATAN BERKALA 10.000 KM ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE

Laporan Prakerin Service Berkala 20.000 KM

LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K