Laporan Prakerin PERAWATAN BERKALA 30.000 KM PADA MOBIL XENIA Xi 1.3 TAHUN 2011
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN BERKALA 30.000 KM PADA MOBIL XENIA Xi 1.3
TAHUN 2011 DI BENGKEL PT. ARMADA INTERNATIONAL MOTOR DAIHATSU CILACAP
Diajukan Untuk
Memenuhi Syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Nusawungu
Tahun
Pelajaran 2018/2019
![]() |
|||
![]() |
|||
PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI
NUSAWUNGU
Jl.
Perintis-Klumprit-Nusawungu Telp. / fax (0282) 5500450
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan
PKL ini telah disetujui oleh pembimbing
sekolah dan disahkan oleh Kepala SMK Negeri Nusawungu pada:
Hari :……………………………………
Tanggal :……………………………………
|
Ketua Kompetensi
Keahlian
Teknik Kendaraan
Ringan
Nano Setiana, S.Pd
NIP. 1961122 200701 1 002
|
Nusawungu, September 2018
Disetujui,
Pembimbing
Sekolah
Nano Setiana, S.Pd NIP. 1961122 200701 1 002
|
|
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri Nusawungu
Navy Hardiati Dian Mintasih, S.Pd,M.Pd
NIP. 19671212 199003 2 006
|
LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI
Laporan
Praktek
kerja lapangan ini telah disetujui oleh pembimbing industri PT Armada International Motor Daihatsu
Cilacap pada:
Hari :……………………………………
Tanggal :……………………………………
|
Mengetahui,
Kepala
Bengkel
PT. Armada International Motor
ALFIN F. PANGEMANAN
|
Cilacap,
September 2018
Pembimbing
Industri
YATNO
|
|
|
LEMBAR PENGUJIAN
Laporan PKL ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan Penguji
Sekolah pada:
Hari, tanggal :
…………………………………
Tempat : …………………………………
|
Penguji II
Nano Setiana, S.Pd
NIP. 1961122 200701 1 002
|
Nusawungu, .... September 2018
Penguji I
Noviy Griya Legita
NIP.-
|
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1. Kadang masalah adalah sahabat terbaikmu. Mereka buatmu jadi lebih
kuat, dan buatmu menempatkan Tuhan di sisimu yang paling dekat.
2. Jangan
selalu katakan "masih ada waktu" atau "nanti saja". Lakukan
segera, gunakan waktumu dengan bijak.
3. Jangan putus asa sebelum melakukan sesuatu.
4. Kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan.
5. Pengalaman adalah guru terbaik.
PERSEMBAHAN
Persembahan
ini kami tujukan kepada :
1.
Kedua orang tua kami yang telah membiayai,
mendoakan saya sehingga bisa menuntut ilmu dengan tawadhu.
2.
Kepala SMK Negeri Nusawungu dan Pembina Praktik
kerja lapangan.
3. Bapak Waka DU/DI SMK Negeri
Nusawungu.
4.
Bapak Ketua Program Studi Keahlian Teknik Otomotif.
5.
Bapak Pembimbing Praktik
kerja lapangan SMK Negeri Nusawungu.
6.
Bapak Kepala Bengkel Daiatsu
cilacap.
7.
Bapak, Ibu guru dan Karyawan SMK Negeri Nusawungu.
8.
Pembaca yang budiman .
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucap puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala puji dan karunianya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan tentang Perawatan
berkala 30.000 km mobil xenia 1.3 tahun 2011 ini dengan baik. Laporan ini disusun
untuk memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIND)
SMK Negeri Nusawungu.
Rasa syukur dan terima
kasih sedalam-dalamnya penulis sampaikan kepada orang yang berjasa dalam
kehidupan ini, yaitu Ayah dan Ibu tercinta yang telah memberikan bekal material
dan spiritual demi kemajuan penulis. Hanya cinta dan ucapan
terima kasih yang dapat penulis persembahkan. Semoga kita semua mendapatkan
ridho dan petunjuk-Nya.
Penulis mohon maaf atas segala kekurangan serta
mohon petunjuk, kritik dan saran dari pembaca. Penulis menyadari bahwa laporan
ini jauh dari sempurna karena banyak kelemahan dan kekurangan yang disebabkan
keterbatasan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan penulis.
Pada kesempatan ini
penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak
yang telah membantu dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan maupun membantu
dalam menyusun laporan ini kepada :
1.
Allah Subhanahu Wata’ala.
2.
Ibu Navy Hardiati Dian Mintarsih,S.Pd,
M.Pd selaku kepala SMK Negeri Nusawungu.
3.
Bapak Alfin F. Pangemanan selaku
pimpinan PT.Armada International Motor.
4.
Bapak Sulasdi,S.Pd selaku Waka.
Humas DU/DI SMK Negeri Nusawungu otomotif SMK Negri Nusawungu.
5.
Ibu Mustika
Istiani, S.Pd ,selaku pokja prakerind.
6.
Bapak Nano Setiana, S.Pd selaku guru pembimbing
prakerind.
7.
Bapak Nano Setiana,
S.Pd selaku Kepala Program keahlian Teknik Mekanik Otomotif.
8.
Bapak Yatno
selaku pembimbing industri PT. Armada International Motor Daihatsu Cilacap.
9.
Bapak dan Ibu guru SMK
Negeri Nusawungu.
10.
Semua pihak yang telah
membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanan praktik
kerja lapangan.
Namun demikian penulis tetap berharap agar laporan ini memberikan
manfaat bagi pembaca, dapat menjadi sumbangan bagi almamater dan menjadi
catatan amal kebaiakan bagi penulis.
Semoga Allah SWT meridhoi usaha dan mendapatkan hasil dari laporan yang
penyusun buat. Amin.
Nusawungu,….September 2018
Penyusun,
RIJAL MAULANA BAEHAQI
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH.............................................. ii
HALAMAN PENGESAHAN
INDUSTRI.............................................. iii
HALAMAN
PENGUJIAN....................................................................... iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN...................................... v
KATA PENGANTAR.............................................................................. vi
DAFTAR ISI............................................................................................. viii
DAFTAR GAMBAR............................................................................... x
DAFTAR TABEL.................................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang................................................................. 1
B. Tujuan Penyusunan
Laporan........................................... 2
C. Alasan Pemilihan
Judul................................................... 3
D. Faktor Pendukung dan
Penghambat................................ 3
E. Rumusan
Permasalahan................................................... 4
BAB II PELAKSANAAN KERJA
A. Dasar
Teori...................................................................... 5
B. Persiapan kerja…………….…....................................... 5
C. Keselamatan kerja…………........................................... 6
D. Alat dan
bahan……………………………………........ 7
E. Langkah kerja………………………………................. 8
F. Pemeriksaan dan
pengujian…………………………… 25
G. Hasil kerja…………………………………………….. 26
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan....................................................................... 27
B. Pengembangan
Produk...................................................... 28
C. Saran – saran..................................................................... 28
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 30
DAFTAR GAMBAR
Gambar
2.1 Memposisikan Mobil............................................................. 9
Gambar
2.2 Pemasangan Cover Fender.................................................... 9
Gambar
2.Kotak Alat Berkala................................................................. 10
Gambar
2.4 Pelesapan kabel masa baterai................................................. 10
Gambar
2.5 Pemeriksaan baterai secara visual.......................................... 10
Gambar
2.6 Pemeriksaan ketinggian elektrolit.......................................... 11
Gambar
2.7 Pemeriksaan masa jenis elektrolit.......................................... 11
Gambar
2.8 Pengurasan air radiator.......................................................... 13
Gambar
2.9 Pemeriksaa kebocoran radiator.............................................. 14
Gambar
2.10Pemeriksaan tutup radiator.................................................. 14
Gambar
2.11 Pembersihan Filter Udara.................................................... 15
Gambar
2.12 Pembersihan Throtle Body.................................................. 16
Gambar
2.13 Pelepasan coil busi............................................................... 16
Gambar
2.14 Penyetelan celah busi.......................................................... 17
Gambar
2.15 Pembersihan ruang bakar..................................................... 17
Gambar
2.16 Pengurasan oli mesin........................................................... 18
Gambar
2.17 Melepas oil filter dengan SST............................................. 19
Gambar
2.18 Pengisian oli mesin.............................................................. 19
Gambar
2.19 Pemeriksaan kualitas & kuantitas oli................................... 20
Gambar
2.20 Reservoir minyak rem.......................................................... 20
Gambar
2.21 Pemeriksaan pad rem........................................................... 21
Gambar
2.22 Pembersihan piringan.......................................................... 22
Gambar
2.23 Melepas tromol.................................................................... 23
Gambar
2.24 Membersihkan rem tromol................................................... 23
Gambar
2.25 Penyetelan rem tangan........................................................ 24
Gambar
2.26 Lampu indikator pada dashboard....................................... 25
Gambar
2.27 Pemeriksaan lampu kendaraan............................................ 25
DAFTAR TABEL
Gambar
2.1 Alat........................................................................................ 7
Gambar
2.2 Bahan.................................................................................... 8
Gambar
2.3 Berat jenis
elektrolit batrai .................................................. 12
BAB I
PENDAHULAN
A. Latar Belakang
Praktik Kerja Lapangan adalah
salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang
memadukan secara sistematis dan sinkron progam pendidikan di sekolah dengan
tuntutan keahlian professional tertentu di dunia pendidikan dan dunia kerja
melalui kegiatan bekerja secara langsung di industri. Sesuai dengan tujuan dari prakerind yaitu sebagai
pemenuhan persyaratan untuk mengikuti
Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMK Negeri Nusawungu tahun pelajaran 2018/2019.
Untuk itu siswa SMK Negeri Nusawungu diwajibkan untuk
mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang biasa dilakukan di instansi pemerintah atau
swasta. PKL merupakan laihan kerja yang sesungguhnya, sehingga
penyusun mendapatkan pengalaman yang di perlukan apabila penyusun memasuki
lapangan kerja sesungguhnya.
Laporan adalah bentuk tanggung jawab atas semua pekerjaan yang telah dijalani guna mengetahui
apa yang dikerjakan dan nantinya sebagai tugas setelah pekerjaan itu selesai.
Keberhasilan laporan akan sangat mendukung bagi tanggung jawab pembuat laporan
karena laporan yang telah dibuat telah diterima oleh pembimbing atau pimpinan
dan disetujuinya, maka selesainya juga dari
pembuat laporan itu.
Mengingat akan materi yang ada serta terbatasnya waktu
yang diperlukan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, maka
penulis laporan ini juga sangat sesuai keterangan serta data yang penyusun
peroleh dari hasil pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan. Selain
itu penyusun juga mencari penjelasan informasi yang lebih lengkap guna
kesempurnaan hasil Praktik Kerja Lapangan yang
penyusun lakukan.
A.
Tujuan Penyusunan Laporan
Setelah menyelesaikan Prakerind selama 3 bulan, siswa-siswi
diwajibkan untuk membuat laporan dengan tujuan:
1. Tujuan Bagi Siswa
Praktik Kerja Industri yang dilaksanakan
siswa-siswi SMKN N NUSAWUNGU mempunyai beberapa tujuan :
a.
Dapat mengembangkan ketrampilan pekerjaan yang
meliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap etos kerja, baik untuk pekerja
tingkat awal maupun lanjut.
b.
Memperkokoh keterkaitan antara sekolah dan dunia
kerja.
c.
Untuk membandingkan antara teori yang diperoleh di
bangku sekolah dengan praktik yang sebenarnya pada dunia kerja nyata.
d.
Bertujuan agar siswa-siswi mampu mengenal lebih
jauh profesi yang akan ditekuni kelak.
e.
Memudahkan pengembangan karir dan ketrampilan
kehidupan melalui eksplorasi di tempat kerja.
2.
Bagi Instansi
Laporan praktik kerja ini dapat digunakan sebagai
bahan pertimbangan dan masukan bagi PT. Armada International
Motor Dihatsu Cilacap dalam mengevaluasi instansi untuk waktu yang akan datang maupun waktu
yang lalu.
3.
Bagi Sekolah
a) Memenuhi program kurikulum yang telah diterapkan
oleh pemeritah.
b) Menjalin hubungan kerja sama antara sekolah dengan
dunia usaha/dunia industri.
B.
Alasan Pemilihan Judul
Dalam penyusunan
laporan ini penulis memilih tentang
Perawatan
Berkala 30.000 KM mobil Xenia 1.3 tahun 2011 , yang telah penyusun lakukan di bengkel Armada International Motor Daihatsu Cilacap dengan alasan sebagai berikut :
1. Penyusun berkeinginan untuk menambah pengalaman dan
pengetahuan tentang teknologi yang semakin maju.
2. Praktik yang dilakukan cukup sederhana.
3. Dengan pengambilan judul ini diharapkan dapat
menjadi sumber pengetahuan tentang Perawatan berkala 30.000km.
4. Penyusun ingin mendalami tentang Perawatan berkala pada kendaraan
Daihatsu Xenia.
C.
Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam penyusunan
laporan ini penulis mempunyai beberapa faktor baik pendukung maupun penghambat,
diantaranya :
1. Faktor Pendukung
a. Para Teknisi dan Karyawan yang sangat
berpartisipasi dalam membantu baik secara langsung maupun tidak langsung.
b. Adanya Pembimbing Industri yang mempunyai wawasan
tinggi.
c. Tempat kerja yang memadai.
d. Suasana lingkungan bankel
yang kondusif.
2. Faktor Penghambat
a. Kurangnya kreatifitas dalam mencari informasi dan
data yang diperlukan.
b. Kurangnya konsultasi dengan guru pembimbing.
c. Kurangnya rasa percaya diri
pada siswa saat akan bertanya.
D.
Rumusan Permasalahan
Didalam penyusunan
laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini penyusun merumuskan :
1. Apa yang dimaksud perawatan berkala?
2. Apa tujuan perawatan berkala(Service)?
3.
Pekerjaan apa saja yang dilakukan pada
perawatan berkala 30.000 km?
BAB II
PELAKSANAAN PEKERJAAN
A.
Dasar Teori
Perawatan
berkala adalah suatu kegiatan service yang dilakukan secara berkala dan sudah terjadwal dalam suatu kurun waktu yang relatif cukup lama.
Dalam melakukan
perawatan berkala biasanya diukur dari jumlah jarak tempuh atau kilometer (km)
yang sudah dilalui kendaraan. Jumlah jarak tempuh yang diperlukan kendaraan
untuk dilakukanya perawatan berkala tidak selalu sama pada
setiap kendaraan, hal ini dikarenakan oleh karakter mesin,jenis,dan kualitas
komponen yang digunakan seta desain mesin setiap kendaraan yang berbeda beda.
1.
Tujuan Perawatan Berkala
a.
Kendaraan dapat terhindar dari berbagai masalah yang lebih besar dikemudian hari.
b.
Umur kendaraan yang dapat diperpanjang.
c.
Pelanggan dapat menikmati pengalaman pengemudian yang aman dan nyaman.
B.
Persiapan Kerja
Sebelum
melaksanakan pekerjan perlu diperlu melakukan pekerjaan hendaknya terlebih
dahulu melakukan persiapan kerja. Hal ini bertujuan agar pada saat bekerja tidak terjadi kesulitan karena belum siapnya
alat alat dan bahan kerja.
Dibawah ini
beberapapersiapan kerja yang harus dilakukan :
1.
Memakai wearpack.
2.
Tidak boleh menggunakan aksesoris seperti jam tangan,gelang,kalung dan perhiasan
yang dapat mengganggu pekerjaan.
3.
Siapkan alat dan bahan sebelum bekerja.
4.
Jangan bermain hp saat bekerja.
5.
Lakukan pekerjaan dengan kosentrasi.
6.
Hati-hati dalam bekerja.
C.
Keselamatan Kerja
Dalam melaksanakan pekerjaan perlu diperhatikan keselamatan pekerja.
Beberapa keselamatan kerja yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.
Berdoa sebelum bekerja.
2.
Gunakan wearpack.
3.
Pilihlah tempat yang efisien dan kuat dari bagian bawah mobil pada saat
diangkat menggunakan dongkrak/lift.
4.
Gunakan alat sesuia fungsinya.
5.
Jangan bercanda dalam bekerja.
6.
Berhati hati dan konsentrasi dalam bekerja.
7.
Patuhi semua aturan di bengkel.
8.
Rapikan kembali alat setelah digunakan.
9.
Bersihkan tempat setelah selesai bekerja.
10. Berdoa setelah selesai bekerja.
D.
Alat dan Baha
1.
Alat
|
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
|
|
1.
|
Compresor
|
General
|
1
|
Unit
|
|
|
2.
|
Obeng
|
(+) dan (-)
|
2
|
Buah
|
|
|
3.
|
Palu
|
Besi
|
1
|
Buah
|
|
|
4.
|
Spray gun
|
General
|
1
|
Buah
|
|
|
5.
|
Kunci Shock
|
General
|
1
|
Set
|
|
|
6.
|
Kunci Kombinasi
|
10,12,14,21mm
|
1
|
Buah
|
|
|
7.
|
Feller gauge
|
General
|
1
|
Buah
|
|
|
8.
|
Kunci Busi
|
16mm
|
1
|
Buah
|
|
|
9.
|
Sikat Baja
|
General
|
1
|
Buah
|
|
|
10.
|
Kunci Momen
|
General(12kg)
|
1
|
Buah
|
|
|
11.
|
SST Filter oil
|
General
|
1
|
Buah
|
|
|
12.
|
Dongkrak/ Car lift
|
General
|
1
|
Unit
|
|
|
13.
|
Cover Vender
|
General
|
6
|
Buah
|
|
|
14.
|
Air Impact
|
General
|
1
|
Buah
|
|
|
15.
|
Hydrometer
|
General
|
1
|
Buah
|
|
|
16.
|
Radiator tester
|
General
|
1
|
Set
|
|
Tabel 2.1 Alat
2.Bahan
|
No
|
Bahan
|
|||
|
1
|
Mobil Xenia Xi 1.3 Tahun 2011
|
|||
|
2
|
Minyak Rem
|
|||
|
3
|
Vaselin
|
|||
|
4
|
Amplas Kasar dan Halus
|
|||
|
5
|
||||
|
6
|
Air Accu
|
|||
|
7
|
Engine Oil
|
|||
|
8
|
Excel Foam
|
|||
Tabel 2.2 Bahan
E.
Langkah Kerja
1. Tempatkan mobil pada posisi yang aman dan rata
Hal ini
bertujuan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan pada mobilJangan lupa menarik tuas rem tangan.
![]() |
Gambar 2.1
Memposisikan mobil
2. Pasang Vender Cover, Sit Cover
Sebelum
melakukan pekerjaan pasang vender cover dan site cover terlebih dahulu untuk
menghindari terjadinya goresan, menjaga keamanan dan kebersihan kendaraan.
![]() |
Gambar 2.2
Pemasangan Cover Fender pada kendaraan
3. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Siapkan alat dan
bahan terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaan. Letakan alat dan bahan di
nampan
Gambar
2.3 Kotak Alat Service Berkala
4. Buka kap mobil dan lepas terminal (-) baterai
Lepaskan kabel
massa baterai untuk menghindari konsleting saat melakukan pekerjaan.
![]() |
Gambar 2.4
Pelepasan kabel massa pada baterai
5. Pemeriksaan Baterai
a.
![]() |
Pemeriksaan baterai secara visual
Gambar 2.5
Pemeriksaan
baterai secara visual
1)
Periksa kondisi kotak casing baterai apakah ada keretakan atau tidak.
Apabila ada keretakan ganti casing dengan yang baru.
2)
Periksa apakah ventilasi tutup baterai
tersumbat atau tidak. Jika ada tersumbat karena kotoran, semprot dengan menggunakan
angin bertekanan atau spary gun .
3)
Periksa terminal baterai dari korosi, jika berkorosi bersihkan dengan sikat
baja.
4)
![]() |
Periksa ketinggian elektrolit baterai, apabila berada digaris lower tambahkan air suling sehingga tingginya sampai digaris upper.
Gambar 2.6
Pemeriksaan ketinggian elektrolit baterai
![]() |
b. Periksa masa jenis elektrolit baterai
Gambar 2.7
Pemeriksaan masa
jenis elektrolit
1)
Buka tutup baterai.
2)
Masukan hydrometer pada kedalam setiap sel baterai, lalu ujung kepala
hydrometer.
3)
Lihat skala hydrometer.
4)
Berat jenis standar adalah 1,26 – 1,29
.
5)
Penanganan.
|
Berat Jenis
|
Warna pada Hydrometer
|
Spesifikasi & Tindakan
|
|
Penuh (1,26 – 1,29) kg/cm3
|
Hijau
|
Kondisi baterai baik
|
|
Sedang (1,22- 1,25) kg/cm3
|
Putih
|
Baterai perlu di charger
|
|
1)
Kosong(<1,21)kg/cm3
|
Merah
|
Baterai perlu diganti
|
Tabel 2.3 Berat jenis batrai
6. Pemeriksaan Sistem Pendinginan
a.
Pemeriksaan air pendingin
Apakah air atau Coolant masih bersih atau sudah keruh,kotor,tercampur dengan oli
atau karat. Jika keruh maka ganti air atau coolant dengan yang baru.
Cara penggantian
air pendingin atau coolant sebagai berikut :
1)
Lepaskan baut sumbat pada bagian bawah radiator.
2)
Tampung air kurasan tadi pada wadah.
![]() |
Gambar 2.8
Pengurasan air radiator
3)
Lalu masukan air kedalam radiator sambil menghidupkan mesin agar air
pendingin bersirkulasi dan air yang keruh keluar.
4)
Setelah air yang keluar dari saluran pendinginan bersih, maka pasang kembali
baut sumbat.
5) Lepaskan Reservoir tank, lalu bersihkan dengan sabun
setelah itu pasang kembali.
6) Isi lagi radiator sampai penuh dan reservoir tank
sampai batas maksimal.
b.
Pemeriksaan kebocoran radiator
1) Pasanglah radiator tester ke radiator.
2)
Pompalah radiator tester sampai tekanan menunjukan 1,4 kg/cm3 dan pastikan bahwa tidak ada penurunan tekanan.
Apabila tekanan turun, maka radiator bocor.
![]() |
Gambar 2.9
Pemeriksaan kebocoran radiator
c.
Pemeriksaan tutup radiator
1)
Pemeriksaan menggunkan radiator cup tester. Pasang radiator cup tester
dengan tutup radiator.
Gambar 2.10
Pemeriksaan
tutup radiator
2)
Pommpa hingga tekanan udara 1,1kg/cm2. Pada tekanan ini katup pembatas
harus terbuka .
3)
Apabila tekanan melebihi 1,1 kg/cm3 maka ganti tutup radiator.
7.
![]() |
Pembersihan Saringan Udara
Gambar 2.11
Pembersihan
Filter Udara
a.
Lepaskan saringan udara dari air filter box.
b.
Bersihkan elemen saringan udara dari
kotoran dengan udara bertekanan (Compresor).
c.
Bersihkan air filter box dengan silicone lalu ratakan dengan majun.
d.
Penggantian saringan udara dilakukan setiap 40.000km.
8. Pembersihan Throtle Body
Bertujuan untuk
membersihkan saluran intake dan throtle body dari kerak. Adapun cara
pembersihan throtle body sebagai berkut:
a.
Lepaskan Air Filter Box.
b.
Semprotkan axle foam pada throtle body sambil membuka throtlr butterfly
dengan cara menekan pedal gas.
Gambar 2.12
Pembersihan
throtle body
c.
Lalu ratakan dengan majun.
d.
Pasang kembali Air Filter Box.
9. Pengecekan dan pembersihan busi/spark plug
a.
![]() |
Lepaskan koil pada tiap tiap busi menggunakan kunci shock 10.
Gambar 2.13
Pelepasan coil
busi
b.
Lepaskan busi menggunakan kunci busi 16mm.
c.
Bersihkan busi menggunakan sikat besi.
d.
Setel celah elektroda busi
menggunakan feller gauge dengan ukuran 1,00mm s/,d 1,10mm.

Gambar 2.14
Penyetelan celah
busi
e.
Lalu pasang busi menggunakan kunci busi 16mm.
f.
Pasang kembali coil busi.
10. Pembersihan ruang bakar
a.
Lepaskan coil dan busi.
b.
![]() |
Semprotkan axle foam keruang bakar melalui lubang busi.
Gambar 2.15
Pembersihan ruang bakar
c.
Tunggu hingga cairan axle foam hingga meresap kedalam ruang bakar.
d.
Pasang kembali coil dan busi.
e.
Hidupkan mesin dan tekan pedal gas sekitar 4000 – 5000 rpm.
f.
Asap putih hasil pembersihan akan keluar melalui knalpot.
11. Pemeriksaan sistem pelumasan
a.
Penggantian oli mesin
Dilakukan setiap 10.000 km, menggunakan SAE 10W – 30 dengan oli 3 liter tanpa
oil filter, 3,5 liter jika dengan mengganti oil filter. Lakukan penggantian oli
dengan cara sebagai berikut :
1)
Siapkan wadah untuk menampung oli.
2)
Lepaskan baut sumbat (tap) oli pada carter menggunakan kunci shock 14 mm.

Gambar 2.16
Pengurasan oli mesin
3)
Biarkan oli terkuras keluar sampai benar benar habis.
4)
Setelah oli habis, pasang kembali baut sumbat.
b.
Penggantian oil filter
Penggantian oil
filter dilakukan setiap 10.000 km bersamaan dengan penggantian oli mesin.
Lakukan penggantian oil filter dengan cara sebagai berikut:
![]() |
Gambar 2.17
Melepas oil filter dengan SST
Lepaskan oil filter dengan menggunakan SST Oil Filter. Setelah itu
bersihkan dudukan oil filter dengan menggunakan majun. Pasang oil filter yang
baru dengan menggunakan tangan sampai kencang
c.
Mengisi oli mesin
1) Siapkan oli yang baru.
2) Buka tutup lubang oli pada cylinder cup.
3) Tuangkan oli yang baru lalu tutup kembali.
![]() |
Gambar 2.18
Mengisi oli mesin
d.
Periksalah kapasitas oli dengan melihat pada stick oli , ketinggian oli
harus diantara F dan L.
![]() |
Gambar 2.19
Mengecek ketinggian & kualitas oli
12. Pemeriksaan dan perawatan rem
Pada mobil Daihatsu Xenia 1.3 menggunakan 2 jenis rem yaitu rem cakram pada roda
depan dan rem tromol tipe leading and trailing pada roda belakang. Untuk
perawatan rem dilakukan dengan cara berikut :
a.
Periksalah apakah minyak rem kotor atau tidak, jika kotor ganti dengan
minyak rem yang baru.
b.
Periksa volume minyak rem. Jika volume kurang, tambahkan minyak rem sampai
menunjukan batas full.
![]() |
Gambar 2.20
Reservoir minyak
rem
c.
Perawatan rem cakram dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1)
Kendorkan baut roda dengan kunci roda 21mm atau air impact.
2) Dongkrak mobil sampai semua roda terangkat keatas lalu
beri jackstand pada kolong kendaraan.
3) Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi.
4) Lepaskan roda.
5)
Lepas baut caliper rem menggunakan kunci ring 14mm.
6) Angkat caliper.
7) Lepas pad rem.
![]() |
Gambar 2.21
Pemeriksaan pad rem
8)
Periksa ketebalan kampas rem . Gantilah kampas rem bila ketebalan kurang
dari 1mm.
9)
Jika kampas masih tebal, bersihkan kampas dengan amplas kasar.
10)
Bersihkan piringan dengan amplas
kasar.
11)
Setelah diamplas, lalu semsprotkan brake cleaner pada kampas rem cakram
untuk membersihkan rem dari kotoran dan debu.

Gambar 2.22
Pembersihan piringan
12)
Oleskan vaselin pada ujung dan begian belakang kampas rem.
13)
Periksa sleading apakah dapat bekerja dengan baik atau tidak. Jika macet
oleskan baut sleding dengan vaselin.
14)
Pasang kembali kampas rem pada
caliper lalu pasang baut pengikat caliper.
15) Pasang kembali
ban.
d.
Perawatan rem tromol
1) Kendorkan baut roda dengan kunci roda 21mm atau air impact.
2) Dongkrak mobil sampai semua roda terangkat keatas lalu
beri jackstand pada kolong kendaraan.
3) Lepaskan semua baut roda yang telah dikendorkan tadi.
4) Lepaskan roda.
5) Turunkan tuas rem tangan.
6)
Lepaskan tromol dengan cara digoyang goyangkan sambil ditarik keluar. Apabila tromol susah dilepaskan, masukan baut ukuran 12mm
kelubang berulir yang terdapat ditromol. Putar baut dengan kunci ring 12mm
searah jarum jam sambil dipukul dengan palu sampai sehingga tromol tertarik
keluar.

Gambar 2.23
Melepas tromol
7)
Periksa kebocoran minyak rem pada silinder roda.
8)
Periksa ketebalan kampas rem.
9)
Bersihkan kampas rem dan bagian dalam tromol dengan amplas kasar.
10)
Semprotkan brake cleaner pada rem
tromol .
![]() |
Gambar 2.24
Membersihkan rem tromol
11) Oleskan vaselin
pada bagian backing plat yang bersinggungan dengan sepatu rem.
12) Pasang tromol
kembali.
13) Lalu pasang kembali roda.
e.
Penyetelan rem tangan
1) Lepaskan tromol.
2)
Ambil obeng minus putar kearah atas gigi penyetel. Biasanya akan ada bunyi
klik,hitung kira kira 3 sampai 5 bunyi klik.
![]() |
Gambar 2.25
Penyetelan rem tangan
3) Pasang kembali tromol. Pastikan tromol mudah dipasang.
Apabila tromol susah dipasang , kurangi putaran gigi penyetel dengan memutar
berlawanan arah atau putar kebawah sampai tromol mudah dipasang.
4) Pasang ban kembali
5) Masuk ke kabin dan cek berapa bunyi klik pada tuas rem
tangan. Biasanya berbunyi 6 sampai 7 klik.
6) Kencangkan baut
roda dengan kunci momen ukuran 12kg.
13. Pemeriksaan sistem kelistrikan
Pemeriksaan
dilakukan pada lampu indikator di dashboard yaitu lampu indikator rem, indikator
sistem pengisian, indikator malfungsi pada sistem kelistrikan ,indikator
tekanan oli,indikator sabuk pengaman,dan lain lain.
Hasil Pemeriksaan : Semua
lampu indikator menyala
Gambar 2.26
Lampu indikator pada
dashboard
Pemeriksaan
lampu tanda belok,lampu kota,lampu mundur, lampu depan dan lampu jarak jauh,
lampu rem, lampu hazard serta frog lamp. Apakah lampu menyala semua atau tidak.
Hasil Pemeriksaan : Semua
lampu menyala
![]() |
Gambar 2.27
Pemeriksaan lampu kendaraan
14.
PEMERIKSAAN DAN PENGUJIAN
Periksa semua
komponen mobil apakah sudah terpasang semua atau belum. Jika sudah terpasang
lalu lakukan pengujian.
Pengujian
dilakukan dengan test drive kendaraan. Lakukan dijalan raya dan pastikan jalan
dan lalu lintas yang digunakan bebas dari hambatan.
15. HASIL KERJA
Berikut hasil
kerja setelah melakukan service 30.000 km pada Kendaraan xenia 1.3 :
1.
Setelah dilakukan service 30.000 km maka mobil terasa
nyaman dan bertenaga.
2.
Mobil akan terasa mudah digunakan dan umur komponen mobil menjadi tambah
panjang.
3.
Setelah ruang bakar dibersihkan, suara mesin menjadi halus dan putaran
menjadi sempurna.
BAB III
PENUTUP
Alhamdulillah penulis ucapkan atas kehadirat Allah
karena laporan hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini telah
selesai, penyusun mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang
ikut membantu dalam menyelesaikan tugas laporan ini. Keberhasilan pelaksanaan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini sangatlah dibutuhkan oleh para siswa-siswi
agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/ UAN. Penulis
berharaap laporan praktik kerja industri ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi
pelaksanaan praktik kerja ditempat industri.
Karena penyusun masih dalam proses
belajar, penulis mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang penulis
buat didalam atau diluar laporan ini.
Bila ada saran atau kritik untuk kemajuan penyusun, penyusun akan terima
dengan lapang dada. Serta besar harapan penulis agar laporan yang telah penulis
buat dapat bermanfaat bagi semua pihak, amin.
A.
Kesimpulan
Setelah penyusun mengikuti
praktik kerja industri,maka penyusun
dapat mengambil bebrapa kesimpulan diantaranya :
1.
Perawatan berkala adalah suatu pekerjaan yang biasa dilakukan secara
rutin dan dapat berupa pemeriksaan ,pengukuran,penyetelan,perawan hingga
pengantian komponen jika diperlukan.
2.
Tujuan perawatan berkala diantaranya adalah :
a. Kendaraan dapat terhindar dari
bayak problem lebih besar yang munkin
terjadi di kemudian hari.
b.
Kendaraan dapat terawatt sesuai dengan kondisi peraturan yang belaku.
c. Umur
kendaraan dapat diperpajang.
b.Pelang gan dapat menikmati pengalaman mengemudi
yang ekonomis dan nyaman.
3.
Pekerjan yang dilakukan dalam perawatan berkala 30.000 KM diantaranya:
a.
Menyiapkan unit kendaraan.
b.
Memasang seat cover,steering cover dan vender cover.
c.
Memposisikan kendaraan pada lift.
d.
Menyiapkan tool cady.
e.
Mengganti oli mesin.
f.
Memeriksa grease / gemuk pada nepel (bleder plug).
g.
Memeriksa ketinggian dan kebocoran miyak power steering.
h.
Mengganti filter oli.
i.
Memeriksa saringan udara .
j.
Pengecekan dan peyetelan busi.
k.
Memeriksa sistem rem.
B.
Pengembangan
Produk
Semakin bertambahnya kendaraan dari tahun ke tahun, maka
akan semakinbanyak kerusakan yang dialami
oleh kendaraan itu. Berdasarkan dari permasalah tersebut maka penulis
berusaha mengembangkan produk perawatan berkala terutama jasa
perawatan dan perbaikan yang hasilnya tidak diragukan lagi, larena ditangani
langsung oleh mekanik yang terlatih dan berpengalaman, sehingga kendaraan seperti baru keluar dari pabrik, maka dari itu merupakan suatu peluang
usaha yang biasa dikembangkan dan terus akan dibutuhkan lagi para
pengguna kendaraan baik didesa maupun dikota.
C.
Saran-saran
1.
Untuk Institut/ Bengkel
·
Penyusun berharap agar institusi bisa lebih memperhatikann
dan mengerahkan serta membimbing siswa yang PKL sesuai dengan job yang
ada.
·
Perusahaan/ bengkel agar tidak segan-segan menegur
para siswa yang tidak mematuhi tata tertib yang berlaku di perusahaan atau
bengkel tersebut.
·
Penyusun sangat berharap agar perusahaan selalu
meningkatkan kerjasama yang serasi dan harmonis dengan sekolah agar tahun-tahun
yang akan datang adik kelas kami tidak mendapatkan kesulitan dalam mencari
tempat PKL.
2. Untuk Sekolah
·
Penyusun berharap kepada pihak sekolah agar bisa menjalin
hubungankerjasama yang baik dengan pihak instansi terkait guna mempermudah para
siswa mencari tempat PKL.
·
Memberikan peralatan dan lahan bengkel seperti yang
ada pada bengkel sebenarnya.
3. Untuk Siswa
·
Siswa hendaknya bisa menambah pengalaman dan pengetahuan
pada waktu PKL.
·
Siswa yang melaksanakan PKL harus
mematuhi tata tertib yang ada di bengkel.
·
Siswa harus menjaga nama baik sekolah disekolah
maupun di PKL.
·
Mengaplikasikan ketrampilan yang diperoleh di PKL
dalam proses pelajaran produktif disekolah.
DAFTAR PUSTAKA
triyono,
wahyu/memperbaiki-sistem-rem/Jakarta/2006 ( diakses tanggal 9 agustus 2018 )
htttp://Wikipedia.co.id ( diakses tanggal 2 agustus 2018 )
buku
panduan penyusunan laporan tahun pelajaran 2017/2018 smk negeri nusawungu




















Komentar
Posting Komentar