LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN AIR PADA MOBIL TIMOR




LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN AIR
PADA MOBIL TIMOR
DI BENGKEL WNS JAYA MOTOR
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Ujian Akhir Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Nusawungu
Tahun Pelajaran 2018/2019
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: G:\ \deni\20160915164740.png
Disusun oleh :
NAMA                 : YOSEP
KELAS                : XII TKR 2
NIS          : 3331
PROGRAM STUDI KEAHLIAN   : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN      : TEKNIK KENDARAAN RINGAN

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI NUSAWUNGU
JlPerintis-Klumprit-Nusawungu Telp. / fax (0282) 5500450
Email : smknnswg@yahoo.co.id  Cilacap Kode Pos 53283

HALAMAN  PENGESAHAN INDUSTRI


Laporan PKL ini telah disetujui dan disahkan oleh pembimbing PKL di BENGKEL WNS JAYA  MOTOR CILACAP  pada :

Hari                    :…………………………

Tanggal              : …………………………



                                                                                Cilacap, ……………2018



Mengetahui
Kepala BENGKEL WNS Jaya Motor                    Pembimbing Industri
Cilacap


SUPADI                                                                 WISNU


HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH



Laporan PKL ini telah disetujui oleh pembimbing sekolah dan disahkan oleh kepala SMK Negeri Nusawungu pada :


Hari                      :………………………………

Tanggal                : ………………………………

                                                                               
                                                                            Nusawungu, ……………..2018


Ketua Kompetensi Keahlian                              Disetujui,
Teknik Otomotif                                                 Pembimbing Sekolah



NANO SETINA, S.Pd                                          PUJI AGUS WIBOWO S.Pd
NIP.19611122 200701 1 002                                  NIP.


Mengetahui
Kepala SMK Negeri Nusawungu


NAVY HARDIATI DIAN MINTARSIH.S.Pd.M.Pd
                     NIP.
HALAMAN PENGUJIAN


Laporan PKL ini telah diuji dan dipertahankan dihadapan penguji sekolah pada :


Hari            :……………………………..

Tanggal      : ……………………………..





                                                                  Nusawungu,   …………. 2018
Penguji I                                                    Penguji II
                                                                               


HERU WIDIANTORO,S.Pd                 PUJI AGUS WIBOWO S.Pd
NIP.19840816 200903 1 006 NIP.                                      
MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
1.      Kunci utama sukses adala jujur dan disiplin
2.      Berangkat dengan penuh keyakinan , Berjalan dengan penuh keiklasan
3.      Ucapkan kata – kata yang baikkarena kata – kata adalah do’a
4.      Belajar dari pengalaman dan jadikan hidup ini lebih berarti
5.      Raih cita – citamu setinggi mungkin
6.      Kegagalan adalah awal dari keberhasilan yang tertunda

PERSEMBAHAN
1.        Kepada Alloh SWT
2.        Kedua orang tua kami yang telah memberikan do’a dan semangat serta membiayai dalam menuntutilmu
3.         Ibu Kepala SMK Negeri Nusawungu
4.        Bapak Kepala Bengkel WNS JAYA  MOTOR
5.        Bapak Pembimbing industry Bengkel WNS JAYA MOTOR
6.        Bapak Ketua program study keahlian Teknik Kendaraan Ringan
7.        BapakPembimbing industri SMK Negeri Nusawungu
8.        Bapak Ibu guru dan karyawan SMK Negeri Nusawungu
9.        Teman – teman seperjuangan
10.    Pembaca yang budiman






KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat serta karunia-Nya sehingga laporan ini telah disusun dengan baik. Laporan ini dibuat setelah melaksanakan praktek kerja lapangan ( PKL ) selama 3 (tiga) bulan dari 02 Februari sampai 30 April 2016. Kegiatan PKL dilaksanakan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir sekolah di SMK Negeri Nusawungu
Pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam semua pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan maupun membantu dalam penyusunan laporan ini, kepada :
1.        Ibu Navy Hardiati Dian Mintarsih,S,Pd.M,Pd selaku kepala SMK  Negeri Nusawungu
2.        Bapak Sulasdi selaku wakahumas DU/DI SMK Negeri Nusawungu
3.        Bapak Supadi selaku pimpinan Bengkel WNS Jaya Motor
4.        Bapak Heru Widiantoro, S.Pd selaku pokja PKL
5.        Bapak Nano Setiana, S.Pd selaku ketua program study keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Nusawungu
6.        Bapak Puji Agus W. S.Pd. selaku pembimbing PKL
7.        Kedua orang tua saya yang telah memberikan bantuan serta moral dan material
8.        Semua pihak yang talah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan PKL.
9.        Semua teman – teman seperjuangan khususnya kelas XII TKR 2
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan apabila ada kesalahan dalam penyusunan laporan ini, penyusun mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Nusawungu,                2018
Penyusun

YOSEP
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.......................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN INDUSTRI....................................................
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH....................................................
HALAMAN PENGUJIAN.............................................................................
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN............................................
KATA PENGANTAR.....................................................................................
DAFTAR ISI...................................................................................................
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................
DAFTAR TABEL............................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang..............................................................................
B.       Tujuan Praktik Kerja Industri........................................................
C.       Tujuan Penyusunan Laporan.........................................................
D.       Alasan Pemilihan Judul.................................................................
E.        Faktor Pendukung dan Penghambat.............................................
F.        Rumusan Masalah...................................................................................
BAB II PEMBAHASAN DAN PELAKSANAAN PEKERJAAN
A.    Dasar Teori....................................................................................
B.     Persiapan Kerja..............................................................................
C.     Keselamatan Kerja..................................................................................
D.    Alat dan Bahan.......................................................................................
E.     Langkah Kerja...............................................................................
F.      Hasil Kerja…………………………………………………………
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan....................................................................................
B.     Pengembangan Produk..................................................................
C.     Saran-saran ...................................................................................
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………….
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
viii
ix

1
2
3
3
3
4

5
10
10
11
12
18

19
20
20
22

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Sistem aliran air pendingin mesin dan komponennya...................
Gambar 2.2 Kontruksi radiator.........................................................................
Gambar 2.3 Tutup radiator.........................................................................................
Gambar 2.4 Resesvoir tank...............................................................................
Gambar 2.5 Upper hose dan lower hose...........................................................
Gambar 2.6 Thermostat....................................................................................
Gambar 2.7 Kipas pendingin............................................................................
Gambar 2.8 Pompa air dan komponennya........................................................
Gambar 2.9 Model thermostat..........................................................................
Gambar 2.10 a Thermostat tertutup .................................................................
Gambar 2.10 b Thermostat terbuka..................................................................
Gambar 2.11 Memeriksa kerja thermostat........................................................
Gambar 2.12 Reservoir tank.............................................................................
Gambar 2.13 Menguras atau mengeluarkan media pendingin..........................
Gambar 2.14 Memeriksa pompa air..................................................................
Gambar 2.15 Komponen pompa air..................................................................
Gambar 2.16 Melepas plat pompa dan dudukan puli.......................................
6
6
7
8
8
9
9
10
12
13
13
13
15
15
16
17
18









DAFTAR TABEL

Tabel 2.1.............................................................................................................. 11
Tabel 2.2.............................................................................................................. 11



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pada era globalisasi ini setiap individu dituntut untuk mengetahui dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi supaya setiap individu dapat bersaing dan berkompetensi dengan kemampuan yang mereka miliki. Untuk itu maka siswa SMK diwajibkan supaya mengikuti pemerintah tentang pelaksanaan kegiatan PKL yang biasa dilakukan oleh instansi pemerintah maupun suatu PKL merupakan salah satu latiahan kerja langsung pada dunia usaha/dunia industri sehingga setiap siswa SMK dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari disekolah dan mereka juga bisa belajar dalam mengatasi masalah yang dihadapi dan belajar berkomunikasi dengan orang lain.
Selain itu siswa SMK juga meningkatkan kemampuan dan keahliannya dalam mengatasi praktik kerja langsung baik didunia usaha ataupun dunia industri. Setelah siswa melaksanakan PKL siswa diwajibkan untuk membuat laporan hasil PKL karena laporan merupakan bentuk tugas dari sebuah pekerjaan yang telah dilaksanakan guna mengatasi apa yang sudah dikuasai dan nanti dikerjakan dan sebagai tugas setelah pekerjaan itu selesai dikerjakan kami melaksanakan praktik kerja industri selama 3 (tiga) bulan di BENGKEL WNS JAYA MOTOR CILACAP.
Text Box: 1Pemilihan tempat PKL merupakan rangkaian dan orientasi dunia kerja karena dalam pemilihan tempat PKL, siswa mencari tempat PKL sendiri hal ini dapat memberikan pelajaran tersendiri pada siswa, Bagaimana cara melamar pekerjaan dengan baikdan sopan. Dan dalam pemilihan tempat PKL tidak semua bengkel menerima adapun yang tidak menerimanya maka dari hal tersebut dapat memberi pelajaran begitu juga dalam hal melamar Prakerind agar siswa dapat sabar.Penyusun diberikan kesempatan dan dapat diterima di WNS JAYA MOTOR yang terletak di CILACAP.
Dalam melaksanakan PKL siswa dapat melakukan hal yang dapat diperinahakan pembimbing dan sebelum melakukan pekerjaan biasanya pembimbing memberikan bimbingan dan memberi cara – cara dalam melakukan PKL .Hal tersebut agar dalam melakukan pekerjaan siswa tidak melakukan kesalahan. Penyusun biasanya melakukan sesuatu pekerjaan yang ringan seperti hal yang tidak beresiko. Pekerjaan di bengkel sangat beragam yaitu seperti perbaikan sistem rem,sistem pendingin,Tune up,Over hole engine,Cek list berkala, perbaikan body mobil,pencuncian engine yang telah dibongkar dan lainnya tergantung dari pelanggan konsumen yang berkeluhan terhadap kerusakan pada kendaraan mobilnya tersebut.
Setelah melakukan PKL selama 3 (bulan) siswa diwajibkan untuk membuat laporan sebagai tanggung jawab masing – masing individu, dalam hal ini penyusun membuat laporan tentang sistem pendingin mobil Menurut penyususn sistem pendingin merupakan hal yang menarik serta penyusun ingin memperdalam pengalaman tentang sistem pendingin mobil.
Sistem pendingin adalah suatu sistim yang berfungsi untuk menjaga supaya temperature mesin dalam kondsisi yang ideal. Prinsip pendingin adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling) tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendingin air. Setelah penyusun memperoleh kesimpulan dari uraian diatas maka penyusun memberi atau memilih judul “Sistem Pendingin pada Kendaraan Timor.
Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Untuk mengembangkan keterampilan dan sikap atas kerja, memudahkan dan pengembangan karier keterampilan, pendewasaan pribadi melalui eksplorasi tempat kerja dan pengalaman kerja bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

B.       Tujuan Penyusunan Laporan
1.      Tujuan bagi siswa
a.       Meluaskan pandangan terhadap jenis- jenis kerja yang ada dibidang yang bersangkutan
b.      Untuk memotivasi siwa agar berjiwa wirausaha
c.       Sebagai buku tertulis bahwa penyusun telah melaksanakan PKL
d.      Untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki siswa guna menghadapi dunia kerja.
2.      Tujuan bagi sekolah
a.       Memenuhi program kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah
b.      Menjalin hubungan kerjasama antar sekolah dengan dunia usaha / dunia industri.

C.      Alasan Pemilihan Judul
1.      Sesuai dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan
2.      Ingin mengetahui dan memahami lebih dalam tentang sistem pendingin pada kendaraan bermotor roda 4 (empat)

D.    Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam menyusun laporan ini beberapa faktor pendukung dan penghambat dari awal pembuatan hingga tersusunnya laporan ini :
1.    Faktor pendukung
a.       Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai
b.      Suasana lingkungan bengkel yang kondusif
c.       Adanya pembimbing insutri yang professional
d.      Adanya referensi yang digunakan dalam menyusun laporan.
2.    Faktor penghambat
a.       Kurangnya pengalaman dalam menyusun laporan PKL
b.      Kurangya sumber untuk dijadikan data







E.     Rumus Permasalahan
Dalam penulisan ini penyusun akan menerapkan masalah mengenai MESIN PENDINGIN
1.      Apakah Pengertian Sistem pendinginan pada kendaraan ?
2.      Apa saja  Komponen dan fungsi sistem pendinginan ?
3.      Bagaimana prinsip kerja sistem pendinginan ?
4.      Bagaimana prosedur pelepasan, pemeriksaan, dan penggantian pompa air 
5.      Bagaimana cara mengatasi tejadinya over heating pada mesin ?











BAB II
PELAKSANAAN KERJA
   
A.    Sejarah Bengkel WNS Jaya Motor
Bengkel WNS Jaya Motor yang beralamatkan di Jl. Dr. Cipto No. 33, Kecamatan Gumilir, Kabupaten Cilacap. Usaha keluarga ini dirintis sejak lama pada Tahun 2001 hingga sekarang masih berdiri kokoh. Pemilik Usaha ini bernama Bapak Supa’adi. Usaha ini memiliki karyawan tetap sebanyak 3 orang, sedangkan bengkel ini memiliki  beberapa karyawan panggilan  atau sementara. Bengkel ini mengerjakan perawatan dan perbaikan System Bahan Bakar, melakukan Tune Up, System Kelistrikan, perawatan berkala 10.000 KM dan  melakukan Over Houl, dan masih banyak yang lain yang dapat kita lakukan di bengkel. Jam kerja pada bengkel ini dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 dan hari kerja dari hari Senin sampai Sabtu.

B.     Struktur Organisasi




































Text Box: 5
 

















C.      Dasar Teori
1.         Fungsi Sistem Pendingin
Pada sistem pendingin air memiliki konstruksi yang lebih  rumit dibanding pendingin udara, akan tetapi memiliki banyak kelebihan dibanding pendingin udara, diantaranya mesin menjadi relative aman karena disekeliling silinder dikelilingi oleh air pendingin, air juga bisa meredam bunyi yang berlebihan dalam mesin.
Selama mesin bekerja akan menimbulkan panas dan panas mesin harus dibatasi jangan sampai terjadi panas yang berlebihan (over heating). Untuk itu mesin membutuhkan pendinginan. Umumnya cara mendinginkan mesin dengan istilah menyerap panas mesin adalah menggunakan fluide cair atau biasa disebut juga dengan coolant. Fluida tersebut dialirkan pada tempat khusus atau mantel mengelilingi silinder.karena air atau fluida cair tersebut menyerap panas dari hasil pembakaran, maka temperature fluida tersebut naik, sehingga perlu didinginkan kembali agar fluida tersebut dapat digunakan kembali.
Jadi, proses ini merupakan siklus tertututp.Fluida cair perlu ditambah bila ketersediaan fluida cair atau air pendingin untuk menjaga kurang.Fluida cair yang telah mengalami kenaikan temperature tersebut didinginkan di radiator.Dengan demikian, radiator dapat juga disebut sebagai alat penukar panas (heat exchanger).
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://tryotomotif.files.wordpress.com/2011/07/pendingin-air1.jpg
Gambar 2.1
Sistem  aliran air pendingin mesin dan komponennya

2.         Cara kerja sistem pendingin
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip – sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.
3.         Komponen sistem pendingin
a.         Radiator
Radiator berfungsi mendinginkan cairan pendingin yang telah             menjadi panas setelah melalui saluran water jacket.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: G:\ \deni\20160915165115.jpg
Gambar 2.2
 Konstruksi Radiator

Perpindahan panas terjadi dalam tiga cara yaitu : konduksi, konveksi, dan radiasi. Pada radiator perpindahan panas lebih didominasi dengan cara konveksi. Fluida/air yang temperaturnya meningkat akan didinginkan diradiator untuk mempercepat pembuangan panas.dibelakang radiator di pasang di kipas (cooling  fan) yang menghisap angin melalui sirip- sirip.
b.        Radiator cup
Radiator cup berfungsi untuk menaikkan dan menstabilkan tekanan air dalam sisitem pendingin (mengatur tekanan air).

Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRtUPhP2l5pHK2qqPeC9i1sjxKIN6T4wlNVpxX_IaO0Ohr3xwVlZg
Gambar 2.3
 Tutup radiator

Tutup radiator model relief valve saat dingin dan panas .Bila tekanan air pendingin mencapai 0,3 - 1,0 kg/cm2 pada 110 – 120 . Maka relief valv terbuka dan membebaskan kelebihan tekanan melalui pipa over flow sehingga air pendingin masuk kedalam tangki cadangan.
Saat temperature air pendingin berkurang setelah mesin berhenti maka dalam radiator akan terjadi kevakuman. Vacum valve akan terbuka secara otomatis.
c.         Reservoir
Reservoir berfungsi sebagai persediaan air dan untuk menyeimbangkan perbedaan volume air pendingin akibat panas.

 
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153611.jpg
Gambar 2.4
Reservoir tank



d.      Hose
Selang karet (upper hose dan lower hose).Berfungsi memindahkan air pendingin dari atau ke water jacket melalui radiator.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153615.jpg
Gambar 2.5
Upper Hose Dan Lower Hose

e.       Thermostat
Thermostat berfungsi sebagai katup yang membuka dan menutup secara otomatis sesuai temperature cairan pendingin.
Thermostat bekerja secara otomatis berdasarkan temperature mesin dan air radiator.Bila temperature mesin dingin thermostat menutup dan jika temperature panas thermostat membuka.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153358.jpg
Gambar 2.6

 
Thermostat





f.       Kipas Pendingin (cooling fan)
Kipas pendingin (fan) berfungsi menambah pendinginan pada radiator untuk membantu mempercepat penyerapan radiasi panas ke udara luar.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: G:\ \deni\20160915165747.jpg
Gambar 2.7 Kipas Pendingin
g.      Water pump
Pompa air (water pump) berfungsi mengirimkan cairan pendingin dengan tekanan yang bersirkulasi dari water jacket ke radiator.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: G:\ \deni\20160915165459.PNG
Gambar 2.8
Pompa Air dan Komponennya

D.      Persiapan Kerja
Sebelum melaksanakan pekerjaan, sebaiknya perlu diperhatikan persiapan – persiapan yang dibutuhkan, adapun persiapan kerja tersebut adalah antara lain :
1.         Berdo’a sebelum bekerja
2.         Menggunakan pakaian kerja atau wearpack
3.         Mempersiapkan alat yang dibutuhkan dan menggunakan alat sesuai dengan fungsinya.
4.         Menempatkan mobil pada tempat kerja.
E.       Keselamatan Kerja
Keselamatan kerja adalah hal yang paling penting dan pokok karena dibutuhkan dalam melakukan suatu pekerjaan dan juga menyangkut keselamatan kerja dan raga jiwa yang  juga dapat mempengaruhi hasil pekerjaan tersebut. Hal – hal yang menyangkut keselamatan kerja antara lain :
1.      Berdo’a sebelum mulai bekerja
2.      Gunakan pakaian kerja
3.      Kerja sesuai dengan prosedur kerja yang baik dan benar
4.      Siapkan alat yang dibutuhkan
5.      Gunakan alat sesuai dengan fungsinya
6.      Bekerja dengan hati – hati
7.      Patuhi dan jalankan semua peraturan yang ada dibengkel.

F.     Alat dan Bahan
Tabel 2.1 Alat
No
Nama alat
Spesifikasi
Jumlah
Satuan
1
Kunci ring
10 mm
1
Buah
2
Kunci kombinasi
10 mm
1
Buah
3
Kunci sok
10 mm
1
Buah
4
Obeng (+)
General
1
Buah
5
Obeng (-)
General
1
Buah
6
Tang
General
1
Buah
7
Kunci kombinasi
12 mm
1
Buah
8
Kunci ring
12 mm
1
Buah
9
Radiator cup tester
General
1
Buah










Tabel 2.2 Bahan

No
Nama Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Satuan
1
Mobil
Timor
1
Unit
2
Air radiator
General
1
Botol
3
Majun
General
1
Lembar
4
Lem auto seller
General
1
Buah

G.      Langkah Kerja
1.         Trooble sooting (analisi kerusakan dan perbaikan)
Kerusakan yang terjadi pada sistem pendingin dan cara mengatasinya proses pendinginan pada mesin terganggu apabila terdapat gangguan pada komponen sistem pendinginan mesin itu sendiri. Hal ini dapat di identifikasikan melalui pemeriksaan yang dilakukan.Apabila pada sistem pendingin sudah terdapat kelainan-kelainan, diikuti penurunan daya dari mesin.
a.    Terjadinya over heating
Terjadinya over heating dapat dilihat pada temperature air pendingin yang selalu tinggi (jauh diatas temperature kerja). Tetapi dengan kenaikan temperature mesin yang diamati pada air pendingin ini selanjutnya akan menyebabkan beberapa komponen mesin mengalami perubahan bentuk yang berlebihan akibat pemuaiannya seperti piston pada silinder .
Akibat lanjutan yang dirasakan adalah adanya kenaikan kerugian akibat gesekan.
Secara prinsip penyebab dari over heating adalah aliran dari air pendingin dan udara pada radiator yang mengalami gangguan.
b.      Penyebab terganggunya sistim pendingin :
1). Thermostat tidak bekerja atau macet
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153358.jpg
Gambar 2.9
Model Thermostat

Thermostat berfungsi mengatur sirkulasi air agar kerja mesin maksimal pada temperature yang sesuai.
Thermostat yang macet pada saat tertutup dapat menyebabkan mesin menjadi over heating dan thermostat yang macet pada saat terbuka dapat menyebabkan mesin menjadi overheating.Penyebabnya karena thermostat sudah lama dan tidak mampu bekerja dengan baik jadi pegas-pegasnya sudah tidak mampu untuk membuka thermostat tersebut.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: http://www.insinyoer.com/wp-content/uploads/2015/02/prinsip-kerja-radiator-4.gif
Gambar 2.10 a.                   Gambar 2.10 b.
Thermostat tertutup                 Thermostat terbuka

Cara mengatasinya
Kedua gejala tersebut dapat merusakkan bagian dari mesin dan tenaga yang dihasilkan menjadi turun.Setelah di uji thermostat tidak dapat bekerja pada waktunya, sudah waktunya tersebut harus diganti.
2)      Pengujian thermostat dilakukan untuk mengetahui kondisinya dengan cara:
Mencelupkan thermostat kedalam air dan panaskan air secara bertahap, kemudian periksa temperature pembukaan katup.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153410.jpg
Gambar 2.11
 Memeriksa Kerja Thermostat

Temperature pembukaan katup : 8 - 90 . jika temperature pembukaan katup tidak sesuai dengan spesifikasi, thermostat perlu diganti.
3)      Memeriksa fungsi kenaikan katup
Jika kenaikan katup tidak sesuai dengan spesifikasi maka thermostat perlu diganti.
Spesifikasi kenaikan katup pada 95 : 8 mm atau lebih.Dan setelah diperiksa thermostat tidak terbuka lagi pada suhu air 82, berarti penyebab terjadinya mesin over heating terjadi pada komponen sistem pendingin yaitu thermostat. Thermostat diganti yang baru.
a.    Prosedur pelepasan thermostat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Mengeluarkan media pendingin mesin
1)      Melepas saluran air keluar (selang karet atas)
2)      Melepas tutup rumah thermostat, kemudian mengeluarkan thermostat dari rumahnya
3)      Lalu ganti thermostat dengan yang baru

4)        Pemeriksaan dan Penggantian Media Pendingin
Pemeriksaan media pendingin meliputi pemeriksaan kapasitas dan kualitas media pendingin.Pemeriksaan kualitas pendingin meliputi : pemeriksaan terhadap endapan karat atau kotoran disekitar tutup radiator atau lubang pengisi radiator.
Adapun pemeriksaan kualitas dan kapasitas media pendingin dapat dilakukan sebagai berikut :
a)    Pemeriksaan kapasitas media pendingin
Pemeriksaan kapasitas air pendingin dapat dilihat pada tangki cadangan (reservoir tank). Permukaan media pendingin harus berada diantara garis low dan full dalam keadaan mesin dingin.
Gambar 2.12
Reservoir tank

b)   Pemeriksaan dan penggantian kualitas media pendingin
Endapan karat atau kotoran disekitar tutup radiator atau lubang pengisi radiator harus sedikit. Apabila media pendingin terlalu kotor atau banyak mengandung karat (berwarna kuning), harus dilakukan penggantian dengan cara berikut :
1)      Melepas tutup radiator
Pada saat melepas tutup radiator,mesin harus dalam keadaan dingin. Apabila dalam keadaan panas, cairan uap yang bertekanan akan menyembur keluar.
2)      Mengeluarkan media pendingin melalui lubang penguras dengan cara mengendorkan atau melepas baut penguras.
Gambar 2.13
Mengeluarkan media pendingin

3)      Menutup lubang penguras, kemudian isilah dengan media pendingin ethylene glsycolbase yang baik dan campurlah sesuai dengan petunjuk dari pabrik pembuatannya.pendingin yang dianjurkan yang mengandung ethylene glycolbase lebih dari 50 % tidak kurang dari 70 %
4)      Memasang tutup radiator
5)      Menghidupkan mesin dan periksa kebocoran
6)      Memeriksa permukaan media pendingin dan tambahkan jika perlu.
5)        Pelepasan, Pemeriksaan Dan Penggantian Pompa Air
Fungsi pompa air adalah untuk menekan air pendingin sehingga dapat bersirkulasi dalam sistem pendingin .gejala yang ditimbulkan apabila pompa air tidak bekerja adalah temperature mesin naik dengan cepat pada saat mesin hidup.Pompa air juga perlu diganti apabila  sudah tidak mampu menahan tekanan air. Apabila terjadi kebocoran  air  akibat seal pompa , maka harus mengganti unit pompa secara keseluruhan.
a.       Prosedur pelepasan pompa air sebagai berikut :
a)      Mengeluarkan media pendingin mesin
b)      Melepas tali kipas , kipas, kopling fluida (jika ada) dan pulli pompa air dengan prosedur berikut :
-          Merentangkan tali kipas dan mengendurkan mur pengikat tali kipas
-          Mengendorkan  pivot dan baut penyetel , alternator kemudian lepas tali kipas
-         

 
Melepas mur pengikat kipas dan pulli
-          Melepas pompa air
b.      Pemeriksaan komponen pompa air
Pemeriksaan pompa air dapat dilakukan dengan cara memutar dudukan puli dan mengganti bahwa bearing pompa air tidak kasar atau brisik.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153523.jpg
Gambar 2.14
 Pemeriksaan Pompa Air

c.       Prosedur pelepasan komponen pompa air :
Komponen pompa air terdiri atas : body pompa, dudukan puli, bearing, satuan seal, rotor, gasket dan plat.
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: G:\ \deni\20160915165459.PNG
Gambar 2.15
  Komponen Pompa Air

Adapun prosedur pelepasan pompa air
1)      Melepas plat pompa dengan cara melepas baut pengikatnya
2)      Melepas dudukan puli dengan menggunakan SST
Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153601.jpgDescription: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: Description: C:\Users\Mr x\Documents\SMK N NUSAWUNGU\laporan depit\gambar\IMG_20150806_153557.jpg
Gambar 2.16
Melepas Plat Pompa dan Dudukan Puli

6)        Hasil Kerja
Pemeriksaan kebocoran sistem pendingin menggunakan cap tester dengan tekanan 0,9 bar sedangkan tutup radiator dengan tekanan 0,6 bar.
Kapasitas dan kualitas air pendingin masih baik, volume air pendingin masih dalam keadaan penuh serta tidak adanya kebocoran sistem. Tali kipas dalam keadaan tidak retak atau aus dengan defleksi sebesar 5 mm.
Setelah kita melakukan langkah kerja diatas maka sistem pendingin pada kendaraan TIMOR yaitu memeriksa dan memperbaiki komponen-komponen pada sistem pendingin, menganalisis terjadinya over heating, mengganti cairan pendingin dan melepas komponen pompa air (water pump).
Pengujian berhasil karena saat melakukan pengujian terhadap kebocoran pada sistem pendingin (bekerja dengan baik). Dalam pengujian cukup hidupkan mesin sampai temperature kerja mesin baik dengan tepat sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian tersebut berhasil atau bekerja dengan baik.
BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
       Setelah penyusun mengikuti praktek kerja industri , maka penyusun dapat mengambil beberapa kesimpulan diataranya :
1.      Praktik kerja lapangan merupakan praktik kerja nyata yang bermanfaat dan sebagai pengalaman siswa untuk terjun di masyarakat dan di dunia kerja pada umumnya.
2.      Penyusun mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang selama di sekolah belum didapatkan.
3.      Tentang perwatan sistem pendingin yang penyususn kemukakan ini adalah mutlak harus sering dilakukan oleh pemilik kendaraan karena dalam masa pemakaian yang cukup lama komponen- komponennya telah banyak mengalami perubahan dari spesifikasinya. Oleh karena itu untuk mengondisikan seperti semula perlu dilakukan perawatan dan perbaikan sehingga kerja sistem pendingin tersebut dapat diandalkan.
4.      Komponen sistem pendinginan Mesin TIMOR terdiri dari radiator, pompa air, kipas pendingin, tutup radiator, tangki reservoir dan katup thermostat. Cara kerja sistem pendinginannya menggunakan sistem tekan yang memanfaatkan pompa air sebagai media pendingin.
5.      Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada sistem pendingin air adalah kebocoran, gangguan dari kotoran yang mengendap, sehingga aliran air tidak maksimal.
6.      Usaha yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerugian akibat kerusakan komponen mesin adalah dengan merawat, memeriksa kondisi mesin secara berkala.





Text Box: 19
 
B.       Pengembangan Produk
Menurut pandangan penyusun dalam pengembangan jasa atau produk bahwa sistem pendingin mesin masih banyak dipakai oleh kalangan – kalangan tertentu. Dengan adanya pendirian usaha bengkel “ Perawatan dan perbaikan sistem pendingin mesin”. Maka kedepannya akan terus berjalan dengan lancer dan makin maju , direncanakan :
1.         Masih banyak produk – produk mobil yang baru sehingga usaha dibidang perbengkelan akan semakin ramai
2.         Suatu saat masyarakat tidak akan sempat memperbaiki mobilnya sendiri, karena kesibukan sehingga akan memasukkan mobilnya ke bengkel
3.         Pentingnya keselamtan bagi pengendara, jadi sistem pendingin mesin perlu diperhatikan.

C.      Saran-saran
1.    Untuk industri atau bengkel
a)      Penyusun berharap agar bengkel tempat PKL bisa membimbing siswanya dengan baik sehingga bisa menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan bagi siswa PKL.
b)      Perusahaan atau bengkel agar tidak segan – segan menegur para siswa yang tidak mematuhi tata  tertib  yang berlaku di perusahaan atau di bengkel tersebut.
c)      Penyusun sangat berharap agar perusahaan selalu meningkatkan kerjasama yang serasi dan harmonis dengan sekolah agar tahun – tahun berikutnya adik kelas kami tidak mendapatkan kesulitan dalam mencari tempat PKL.



 
 
2.    Untuk sekolah
a)      Penyusun berharap kepada pihak sekolah agar memberi tugas kepada guru pembimbing sesering mungkin mengunjungi siswa PKL agar siswa lebih disiplin dan diperhatikan oleh sekolah.
b)      Penyusun juga berharap kepada pihak sekolah bisa menjalin kerjasama yang baik dengan instansi atau bengkel yang terkait guna mempermudah siswa dalam pencarian tempat PKL.

3.    Untuk siswa
a)      Siswa hendaknya bisa menambah pengalaman dan pengetahuan pada waktu PKL
b)      Siswa yang melaksanakan PKL harus mematuhi tata tertib yang ada di bengkel tempat PKL.
 


DAFTAR PUSTAKA

Drs.Daryanto,2003,Teknik Merawat Auto Mobil Lengkap,  Bandung, CV. Karma Widya

New Step 1 Training Manual , 1996 , PT . TIMOR















Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PERAWATAN BERKALA 10.000 KM ENGINE DIESEL TATA SUPER ACE

Laporan Prakerin Service Berkala 20.000 KM

LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING PADA KENDARAAN TOYOTA KIJANG 5K